3 Macam Cara Stek Batang Pohon Agar Cepat Tumbuh Tunas

Cara Stek

Tak seperti kebanyakan tanaman lainnya, pohon serut atau dalam bahasa ilmiah disebut Sterbus Asper adalah pohon yang mudah tumbuh meski dengan cara penanaman stek.

Stek sendiri ialah metode pengembangbiakkan tanaman dengan cara memotong batang dari pohon yang sudah berumur (pohon idukan / tua) kemudian menanamnya langsung ke tanah. Stek sendiri merupakan teknik yang paling sederhana dalam pengembangbiakkan tanaman.

Teknik stek terbagi menjadi tiga macam cara yaitu, stek tanah, stek air, dan stek angin.



Stek Tanah adalah cara stek yang paling umum dilakukan, yaitu dengan memotong batang pohon dengan kemiringan 30 derajat dan kemudian menanamnya langsung ke tanah atau metan (media tanam). Maka dalam beberapa minggu kedepan akar dan tunas-tunas baru akan tumbuh.


Stek Tanah


Stek Air sering dipakai untuk jenis tanaman bunga dan buah karena batang bekas luka potongan akan lebih cepat mengeluarkan akar. Sistem stek air hampir sama dengan stek tanah, yaitu dengan merendam setengah dari batang stek-an ke dalam air bersih dan menunggu hingga akar-akar baru  tumbuh. Biasanya dalam waktu 1-2 minggu akar sudah mulai tumbuh. Jika akar sudah lebat dan tanaman terlihat subur, itu pertanda bisa dipindah ke media tanam di dalam pot.


Stek Air


Stek Angin merupakan cara stek pohon yang biasanya dipakai untuk jenis pohon berbatang keras dan berumbi. Untuk stek yang satu ini tergantung dari jenis pohon yang ingin ditanam, misalnya stek pohon serut, membutuhkan waktu 3 hari untuk diangin-anginkan ditempat teduh sebelum ditanam ke tanah atau metan. Sedangkan untuk jenis tanaman adenium biasanya 7-8 hari, lebih lama karena dibutuhkan waktu untuk mengeringkan seluruh getah yang ada pada luka bekas potongan batang. Jika sudah diangin-anginkan, batang stek-an baru bisa ditanam di metan ataupun tanah biasa.

CATAT : Tidak semua tanaman memiliki cara yang sama dalam melakukan pengembangbiakkan stek, maka dari itu, kenali jenis tanaman yang ingin kamu stek dan tentukan teknik stek yang benar sebelum melakukannya.

INFO : Untuk jenis tanaman tertentu membutuhkan perlakukan khusus, seperti pemberian obat perangsang akar dan menyimpannya dengan sungkup (dibungkus menggunakan plastik transparan).



Meski hampir semua teknik stek terlihat mudah, namun penempatan tanaman setelah di stek adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan. Ini demi pertumbuhan dan perkembangan batang stek itu sendiri.

Jangan pernah menempatkan batang stek-an yang sedang dalam pertumbunhan akar dibawah sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan kegagalan. Sebaiknya, letakkan ditempat teduh dan sejuk. Dan jangan lupa juga untuk menyiram metan secukupnya bilamana metan sudah terlihat kering.

Belum ada Komentar untuk "3 Macam Cara Stek Batang Pohon Agar Cepat Tumbuh Tunas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel