4 Tempat Mencari Pohon Beringin Di Alam Liar Yang Bagus Untuk Bonsai

Pohon Beringin Di Alam Liar

Pohon beringin adalah salah satu pohon yang kental dengan hal mistis. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki kisahnya masing-masing dengan pohon yang memiliki nama ilmiah Ficus Benjamina ini. Namun bagi pencinta bonsai, pohon beringin yang konon sering disebut angker bisa disulap menjadi pohon kerdil yang sangat indah dan cantik.

Beringin sendiri memiliki banyak sekali jenis, mulai dari beringin korea, beringin kimeng, beringin karet, dan masih banyak lagi lainnya. Hampir seluruh jenis pohon beringin bisa dijadikan bonsai atau dikerdilkan.

Jika kamu bukan orang yang sabar seperti saya, kamu bisa langsung membeli atau mencarinya di tempat-tempat yang banyak tumbuh pohon beringin. Beli atau carilah pohon yang memiliki jenis batang dan akar dengan liuk-liuk yang menarik, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa pohon sudah berusia cukup tua untuk langsung dijadikan bonsai.



Hal ini dilakukan karena pohon beringin juga termasuk pohon yang memiliki umur panjang, dimana pertumbuhannya cukup lambat. Agar mempersingkat waktu, maka kita bisa menggunakan yang sudah tua saja untuk dijadikan bonsai.

Pengalaman pribadi saya saat menelusuri pinggiran sungai hingga hutan kecil disamping pemakaman untuk mencari pohon beringin yang siap untuk dijadikan bonsai, Alhamdulilah, saya menemukan beberapa pohon beringin yang sudah menempel alami diatas batu (On The Rock).


Pohon Beringin Unik Di Batu


Tak pakai basa basi, langsung saya dongkel dengan hati-hati agar seluruh akar bisa tercabut. Dan hasilnya berhasil dengan bantuan beberapa alat pendukung untuk mendongkel.


Bibit Bonsai Pohon Beringin


Meskipun hanya beringin biasa (beringin kampung) namun batang dan akar dari pohon beringin jenis apapun tetap cantik jika bentuknya unik. Maka dari itu, saya tidak memilih-milih jenis pohon beringin untuk di dongkel. Asalkan menarik dan indah dipandang, langsung saya akali hehe.

Kamu yang juga sedang mencari pohon beringin untuk dijadikan bonsai, berikut ini tempat-tempat yang sering ditumbuhi pohon beringin.




1. Tembok Tepi Sungai

Pohon beringin termasuk pohon liar yang gampang tumbuh, asalkan media tanahnya mendukung ia pasti tumbuh dengan cepat. Tembok di tepi sungai adalah tempat yang paling sempurna untuk pohon beringin tumbuh.


Akar Beringin Menggantung


Hampir seluruh pohon beringin yang tumbuh di tepi-tepi tembok pinggiran sungai memiliki bentuk akar yang unik dan menjuntai keluar tembok menuju air sungai, oleh karena itu jikalau kamu menemukannya itu termasuk beruntung sebab bisa langsung dipindahkan ke atas batu yang sudah kamu siapkan sebelumnya atau hanya ke media tanah biasa di dalam pot.


2. TPU (Tempat Pemakaman Umum)

Tak heran jika pohon beringin sering bersangkutan dengan mistik, pasalnya pohon ini seringkali tumbuh dikebun kecil di pinggir-pinggir makam. Apabila beruntung, kamu bisa mendapatkan pohon beringin yang sudah cukup umur untuk dijadikan bonsai.


3. Pinggir Jalan Raya

Selain tepi sungai dan tempat pemakaman umum, pohon beringin juga ditanam oleh Pemkot (Pemerintah Kota) di pinggir-pinggir jalan raya. Biasanya pohon beringin yang ditanam sejak beberapa dekade lalu itu sudah sangat tua dan tidak mungkin untuk di dongkel sendirian. Jadi, kamu bisa mencari buah atau bibit pohon beringin yang kebanyakan ada dibawah pohon beringin yang sudah tua.


4. Bangunan Tua

Tidak jauh berbeda dengan di TPU, mencai pohon beringin memang harus ditempat-tempat yang sakral termasuk di bangunan tua. Pohon beringin sering tumbuh di dinding tembok, halaman, selipan ubin, ataupun di genteng bangunan tua yang sudah lama tak berpenghuni.


Pohon Beringin Di Atap Rumah



INFO : Pohon beringin memang gampang hidup jika media tanahnya cocok dengan kondisi aslinya di alam liar. Namun perlu diingat, pohon ini tidak dapat di stek, cara mengembangbiakannya adalah di cangkok atau di semai dari biji buahnya.

Itulah tempat-tempat yang paling sering ditumbuhi pohon beringin. Jika kamu memiliki referensi lain, jangan sungkan untuk berbagi informasi di kolom komentar ya.

Belum ada Komentar untuk "4 Tempat Mencari Pohon Beringin Di Alam Liar Yang Bagus Untuk Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel