5 Pohon Bunga Pekarangan Ini Bisa Dijadikan Bonsai Yang Indah

Bunga Pekarangan Rumah

Saat pertama kali terjun ke dunia perbonsaian, tentu kita akan disuguhkan nama-nama pohon langka yang tergolong sulit untuk ditemukan di alam liar. Beberapa diantaranya memang tumbuh di habitat aslinya yang jauh dari pemukiman manusia, contohnya Santigi yang memiliki habibat asli di pesisir pantai dan puncak gunung.

Tapi tahukah kamu bahwa untuk membuat pohon bonsai tidak harus menggunakan pepohonan yang langka dan berumur panjang?



Nah disini saya ingin berbagi informasi mengenai lima pohon bunga yang biasanya tumbuh di pekarangan rumah dan bisa dijadikan bonsai yang indah. Apa-apa saja pohon tersebut, simak dibawah ini.


1. Bougenville (Bougainvillea)


Bougenville adalah salah satu tanaman hias yang paling familiar di dunia perbonsaian. Tumbuhan jenis tanaman bunga hias ini memang memiliki batang yang kokoh dan terlihat tua, meski kenyataannya umurnya baru beberapa tahun saja.

Bonsai Bougenville

Banyak orang diperkampungan menyebut Bougenville dengan sebutan Bunga Kertas. Tanaman ini sangat mudah ditemui, bahkan kamu bisa memintanya ke tetangga yang memiliki tanaman ini. Bougenville juga mudah tumbuh dan tidak sulit untuk merawatnya.


2. Melati (Jasmine)


Siapa sih yang gak kenal Bunga Melati? Bunga yang cocok dicampur dengan daun teh kering ini banyak ditanam dipekarangan rumah-rumah warga. Wanginya yang khas membuat orang mudah mengingat Bunga Melati.

Bonsai Melati

Selain bunga dan wanginya yang khas, ada yang unik lagi dari pohon bunga melati ini, cobalah perhatikan batang yang tumbuh diatas akarnya. Tampak berwarna cream kehitaman dan bertekstur kasar. Hal inilah yang membuat batang pohon melati cocok sekali untuk dijadikan bonsai.




3. Asoka (Saraca Asoca)


Bunga Asoka atau disebut Saraca Asoca dalam bahasa ilmiah adalah tumbuhan bunga hias yang memiliki bentuk bunga yang cantik dengan warna merah cerah. Pohon bunga asoka cukup mudah ditemui, hampir seluruh penjual tanaman hias dipinggir jalan menjual bibitnya dengan harga berkisar 20 ribu sampai 50 ribu rupiah.

Bonsai Asoka

Biasanya, pemilik pohon asoka akan memangkas bahkan mencabut dan membuang pohon bunga asoka jika sudah tumbuh besar. Itu dilakukan karena bunga dari pohon asoka dianggap mengotori halaman jika sudah berguguran. Akan tetapi, pohon asoka yang sudah tua dan memiliki batang bawah berwarna hitam gelap lah yang membuatnya unik dan pantas jika dijadikan tanaman bonsai.


4. Azalea (Rhododendron)


Untuk tanaman bunga hias yang satu ini mungkin tidak sering tumbuh dipekarangan rumah masyarakat, dikarenakan memang tidak begitu banyak yang menjualnya. Meski jarang, bukan berarti toko tanaman hias tidak menjualnya ya, pohon bunga ini justru menjadi buruan para pemilik rumah dengan pekarangan depan yang luas karena dapat ditanami secara masal dan harga dari pohon bunga azalea juga cukup murah.

Bonsai Azalea

Pohon yang biasanya tumbuh berkelompok ini memiliki bentuk bunga yang indah dengan warna merah dan pink. Bunganya juga sudah dikenal dekat di mata masyarakat Indonesia, pasti kamu juga pernah melihatnya bukan? Ya tanaman ini bernama Azalea. Jika pohonnya sudah berumur cukup tua dan rindang, batang dan dedaunan dari pohon ini menawan apabila diubah menjadi bonsai.


5. Adenium (Adenium Obesum)


Yang terakhir adalah Adenium, atau sering disebut dengan nama Kamboja Jepang. Meskipun pohon ini bukan dari negara Jepang, banyak orang yang menyebutnya begitu, walau kenyataannya bernama asli Adenium.

Bonsai Adenium

INFO : Menurut penjelasan dihalaman situs Wikipedia, penyebutan Adenium sebagai Kamboja Jepang dianggap keliru dan salah.

Pohon Adenium bukanlah pohon yang sama dengan pohon kamboja yang biasanya ada di pemakaman. Pohon asli Asia Timur ini mampu tumbuh ditanah yang kering dan jauh dari air, namun tetap bisa memekarkan bunganya.



Tak sulit untuk memiliki pohon Adenium, karena banyak sekali masyarakat yang menanamnya dipekarangan rumah ataupun di dalam pot. Penjual tanaman hias juga biasa memanjang pohon ini dibarisan kedua atau ketiga karena bentuknya alami pohonnya yang lumayan tinggi.


Dari kelima pohon bunga pekarangan diatas, manakah yang menurut kamu paling menarik jika dijadikan bonsai?

Belum ada Komentar untuk "5 Pohon Bunga Pekarangan Ini Bisa Dijadikan Bonsai Yang Indah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel