5 Tempat Berpotensi Untuk Mencari Bakalan Bonsai Di Alam Liar

Bakalan Bonsai Di Alam Liar

Penggemar bonsai tentu tidak hanya ingin memiliki pohon yang langsung berbentuk bonsai cantik, sejatinya para pencinta bonsai lebih menyukai proses pembuatan dari awal hingga benar-benar menghasilkan bonsai yang indah dan memiliki nilai seni hasil kreatifitas tangan sendiri.

Bebeda dengan kebanyakan orang yang tinggal ditengah kota, mereka akan lebih sering membelinya di internet / toko online. Namun, masyarakat yang tinggal dipelosok desa akan lebih beruntung, karena mudah untuk menemukan bakalan bonsai yang ada di alam liar.



Apabila kamu termasuk tinggal diwilayah yang jauh dari keramaian kota, mungkin beberapa tempat berpotensi untuk mencari bakalan bonsai di alam liar lebih besar peluangnya. Berikut ini adalah tempat-tempat favorit untuk menemukan bakalan bonsai di alam liar.



Gunung / Curug (Air Terjun)


Air Terjun

Sudah pasti setiap pencinta bonsai akan pergi ke gunung, bukan berarti ingin mendaki gunung, melainkan untuk mencari lokasi tempat tumbuhnya pohon yang bisa dijadikan bonsai atau sering disebut dengan nama 'Bakalan Bonsai'.

Di gunung, tentu banyak sekali jenis tanaman bonsai terbaik yang masih tumbuh dihabitat aslinya. Disanalah para pencinta bonsai mulai membidik mana pohon yang akan dibawa pulang untuk diurus menjadi bonsai yang indah.





Pesisir Pantai


Pesisir Pantai

Bukan rahasia lagi, pohon bonsai paling diminati pencinta bonsai di Indonesia, Santigi dan Waru, banyak tumbuh di pesisir pantai. Pohon yang memiliki habitat asli di pinggiran pantai ini sering kali menjadi buruan para pencari bakalan bonsai di seluruh wilayah di Indonesia.



Hutan


Hutan

Berbeda dengan gunung, hutan memiliki area tanah datar dan ditumbuhi pohon-pohon rindang yang berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Di hutan, jenis pohon berbatang keras yang dijumpai lebih sedikit jenisnya karena hanya ada pohon yang tumbuh ditanah datar seperti Serut, Loa, dan Asem Jawa juga Asem Londo. Berbeda dengan gunung dan curug yang memiliki jenis pohon jauh lebih banyak daripada hutan, misalnya saja Cantigi Gunung (Manisrejo) dan beberapa spesies yang berharga untuk bonsai ialah Cemara & Pinus, karena digunung memungkinkan untuk tumbuh bermacam-macam pohon yang hidup di dataran tinggi dan bertanah lembab / tropis.



Savana


Savana

Lain gunung lain hutan, lain pula dengan savana / sabana. Tanah datar yang ditumbuhi banyak ilalang atau padang rumput luas serta pepohonan kecil terkadang ada juga beberapa pohon besar dan tua yang rindang disekitarnya disebut padang savana. Tempat seperti ini cocok untuk berburu pohon bakalan bonsai di alam liar. Sayangnya savana sudah mulai sulit ditemui karena tergusur oleh bangunan-banguan manusia.




Tepi Danau & Sungai


Tepi Sungai

Terakhir adalah tepian danau dan sungai yang menjadi incaran para pencinta bonsai di Tanah Air. Masih cukup banyak danau dan sungai yang memiliki hutan kecil di tepinya dan biasanya disanalah banyak tumbuh pohon bakalan bonsai. Tepi sungai atau danau yang memiliki hutan kecil juga mudah ditemui (misalnya tepi sungai Ciliwung), yang kamu perlukan sebelum berburu bakalan bonsai di alam liar adalah pengetahuan tentang nama-nama tanaman yang bisa di bonsai.


Nah itulah 5 tempat berpotensi untuk mencari bakalan bonsai di alam liar. Apabila kamu memiliki tempat-temat yang mungkin belum tertulis di artikel ini, jangan sungkan untuk berbagi pengealaman.

Selamat berburu dan jangan lupa jaga keselamatan diri dan alam liarnya ya ^.^

Belum ada Komentar untuk "5 Tempat Berpotensi Untuk Mencari Bakalan Bonsai Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel