Cara Membuat Jebakan Musang dan Garangan Sederhana

Cara Membuat Jebakan Musang dan Garangan Sederhana

Musang dan Grangan adalah dua jenis hewan yang berbeda, namun kebanyakan masyarakat menyamakan penyebutan mereka. Musang atau Paradoxurus Hermaphroditus memiliki bentuk tubuh sedang (lebih kecil sedikit dar kucing dewasa tapi lebih panjang), dengan panjang sekitar 90 cm termasuk ekor. Berwarna abu-abu bercorak hitam dan kadang kecoklatan dengan ekor belang hitam dan abu-abu.

Seangkan Garangan atau Herpestidae ialah bertubuh lebih kecil daripada musang. Ukuran tubuh garangan juga bervariasi, tergantung habitan hidupnya. Garangan yang paling kecil ada di India utara, dan bertambah besar ke arah tenggara, dengan ukuran terbesar didapati di Pulau Jawa. Warna dari garangan sendiri adalah merah kecoklatan dengan bulu sedikit 'jigrak' atau berdiri. Garangan sendiri menjadi musuh peternak karena sering memangsa hewan khususnya anak ayam, anak bebek, dan anak hewan ternak lain yang memiliki tubuh lebih kecil darinya.



Berbeda dengan musang yang tidak begitu suka memakan daging, musang justru lebih santai dan tidak seagresif garangan saat melihat manusia. Kecepatan lari musang dan garangan juga berbeda jauh. Garangan memiliki kecepatan super saat berada diatas tanah atau rumput, sekejap saja kita berkedip, ia akan hilang. Kalau musang lebih lambat dan masih bisa kita ikuti pergerakannya dipepohonan atau atap rumah.

Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan musang / luwak dan garangan bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini.


Perbedaan Musan dan Garangan


Jelas, warna dan bentuk muka dari kedua hewan jenis kucing ini berbeda ya.

Nah bagi kamu yang ingin menangkap atau menjebak salah satu dari kedua hewan liar yang habitatnya didekat manusia ini bisa dengan cara sederhana, yaitu membuat jebakan berbentuk kandang yang dirancang sedemikian rupa.

Gambar dibawah ini akan menjelaskan proses kerja kandang jebakan musang dan garangan sederhana.


Jebakan Musang dan Garangan


Cukup jelas dan merinci ya gambar diatas? Jadi, saya pastikan kamu paham proses kerjanya.




Karena kedua hewan ini bertubuh kecil dan tidak sampai sebesar kucing, kamu bisa membuatnya dari kayu ringan saja namun dengan dinding yang kuat. Mengapa harus kuat? Karena kedua hewan ini memiliki taring dan kuku yang tajam dimana mereka dapat merobek triplek apa lagi sekedar kawat nyamuk dalam sekali sayatan ya hehe.

Agar tidak repot, saya berikan contoh gambar kerangka jebakan musang dan garangan yang belum diberi dinding dan pintu.


Rangka Jebakan Musang dan Garangan


Sangat sederhana bukan?

Kamu bisa memberikan dinding berlapis, yaitu triplek dan kawan ayakan (kawat baja). begitu juga dengan pintu penutup jebakannya nanti yang harus kuat dan tidak mudah disobek dengan kuku dan taring musang atau garangan.



Jangan lupa untuk memberikan umpan yang paling mereka sukai, untuk musang saya anjurkan untuk memberi umpan pisang dan salah satu pisang di potong-potong agar aromanya tercium oleh mereka. Sedangkan untuk garangan, kamu bisa memberikan umpan ukan segar, potongan daging, ataupun telur yang dipecahkan. Intinya, umpan-umpan tersebut dapat mengeluarkan bau yang dapat memancing mereka masuk kedalam.

Tertarik untuk membuat jebakan musang an garangan sederhana ini?

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Jebakan Musang dan Garangan Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel