Cara Membuat Lumut Tumbuh Di Dalam Pot Bonsai

Cara Menumbuhkan Lumut Pada Bonsai

Cara menumbuhkan lumut di dalam pot khususnya bonsai adalah hal yang biasa bagi pecinta bonsai. Membiarkan lumut tumbuh subur hingga mengelilingi seluruh MeTan (Media Tanam) akan membuat tanaman bonsai terlihat lebih natural dan memiliki seni tersendiri.

Di negara asal bonsai, Jepang, membiarkan lumut tumbuh di dalam pot sudah bukan hal yang aneh. Tapi di Indonesia ini masih sedikit diketahui, kecuali benar-benar pecinta bonsai sejati.

Untuk bisa membuat lumut tumbuh di dalam pot, tepatnya diatas metan ada dua cara, yaitu dengan menanam bibit lumut dan membuat lumut tumbuh dengan sendirinya.



Cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan pecinta bonsai Indonesia adalah dengan memindahkan bibit lumut dari habitatnya ke dalam pot. Cara ini menjadi pilihan paling praktis karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan untuk cara kedua yaitu menunggu hingga lumut tumbuh dengan sendirinya membutuhkan waktu cukup lama, bahkan berbulan-bulan.

Oke buat kamu yang penasaran bagaimana cara melakukannya, dibawah ini adalah cara membuat lumut tumbuh di dalam pot bonsai.


Memindahkan Bibit Lumut Ke Dalam Pot


Sebelum memindahkan bibit lumut ke metan di dalam pot bonsai, sebaiknya kamu penuhi dahulu kebutuhan hidup si lumut, yaitu tanah merah yang lembab.


Bibit Lumut Bonsai


CATAT : Jika kamu memiliki bonsai yang baru tumbuh / pindah ke pot dan masih menggunakan metan racikan (media tanah siap pakai) sebaiknya jangan lakukan hal ini, kecuali kamu sudah tahu tipe metan yang disukai tanaman bonsai kamu. Jika salah dalam pengaplikasiannya, pohon yang baru naik pot akan mati karena kelembaban dari si lumut.

1. Untuk mulai melakukannya adalah dengan menutupi seluruh metan yang ada di dalam pot bonsai dengan tanah merah setebal 0.5 sampai 1 cm. Diamkan selama 5-7 hari agar tanah merah tersebut merekat seluruhnya, dan pastikan tanah tersebut selalu lembab.

2. Setelah tanah sudah terlihat menyatu seluruhnya dan menutupi metan di dalam pot, sekarang kamu bisa mencari dan memilih bibit lumut untuk dipindahkan ke atas tanah merah tersebut.

Lumut yang bagus untuk bonsai adalah lumut genteng dan lumut batu karena lumut ini hanya memiliki ketinggian 3 sampai 7 milimeter saja.

3. Setelah bibit lumut sudah kamu letakkan di atas tanah merah di dalam pot, selajutnya adalah menunggunya meluas. Hanya dibutuhkan waktu beberapa hari agar lumut berkembang biak dan menutupi seluruh tanah merah di dalam pot.




Membuat Lumut Tumbuh Alami Dengan Serbuk & Kerikil Tanah Merah


Apabila kamu tidak menyukai cara yang instan, masih ada cara lain yang lebih alami untuk menumbuhkan lumut di dalam pot bonsai, yaitu dengan serbuk atau kerikil kecil dari tanah merah.


Membuat Lumut Dengan Bubuk Batu Bata


Darimana serbuk dan kerikil tanah merah didapat?

Tentu dari penggilingan / penghancuran genteng tanah atau bisa juga dari batu bata. Sebaiknya gunakan genteng atau batu bata bekas yang sudah lembab, misalnya yang ada di pinggir sungai atau dari tempat-tempat lembab lainnya. Hal ini dapat membuat lumut lebih cepat tumbuh ketimbang menggunakan genteng tanah atau batu bata yang baru / kering.



1. Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah menghancurkan atau menggiling genteng tanah atau batu bata tersebut. Penghancuran bisa dilakukan dengan menumbuknya dengan palu atau batu koral.

2. Setelah serbuk dari penghancuran genteng tanah dan batu bata sudah banyak, taburkan ke atas metan di dalam pot bonsai hingga seluruhnya tertutup dengan ketebalan sekitar 1 cm.

3. Jika sudah tertutup, siram dengan air sampai seisi pot basah, lalu diamkan beberapa menit hingga air surut dan tidak menggenang.

4. Sungkup / tutup metan dengan plastik transparan dan letakkan di tempat teduh yang tidak terkena sorotan matahari langsung. Lumut akan mulai tumbuh dalam waktu 7 sampai 14 hari, tergantung dari tempat penyimpanannya.

INFO : Hanya metannya saja yang di sungkup, pohon bonsainya tidak perlu.

5. Setelah 14 hari lumut akan mulai tumbuh dan terus bertambah banyak setiap harinya. Jika demikian, kamu sudah berhasil menumbuhkan lumut di dalam pot bonsai.


Kedua cara menumbuhkan lumut di dalam pot bonsai diatas adalah cara yang paling umum digunakan. Selain gratis, media yang digunakan juga mudah didapat dan cara penerapannya yang sederhana.

Tertarik menumbuhkan lumut di dalam pot bonsai kamu?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar