Cara Menanam Pohon Bonsai Diatas Batu (Bonsai On The Rock)

Bonsai on the Rock

Salah satu seni untuk menanam pohon bonsai adalah diatas batu atau sering disebut sebagai Bonsai on the Rock. Keunikan pohon berbatang keras memang sangat banyak, selain mudah tumbuh ia juga bisa hidup diberbagai kondisi dan salah satunya adalah membuatnya 'nangkring' dibatu.

Jika kamu mencari gambar pohon bonsai diatas batu, mungkin kamu akan menemukan berbagai macam pohon jenis bonsai yang sudah jadi dan itu pasti sangat cantik. Namun tahukah kamu cara pembuatan pohon bonsai diatas batu?



Sepengalaman saya yang baru seumur jagung mengenal bonsai, menanam pohon diatas batu adalah hal yang tidak biasa. Sebab kita akan mengikat akar pohon tersebut ke batu yang telah disediakan.

INFO : Selain batu asli, bisa juga menggunakan fosil batang pohon tua yang sudah mengeras dan akar dari pohon yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Kalau kamu ingin membuat pohon bisa tumbuh subur diatas batu seperti bonsai-bonsai cantik yang ada di Google, berikut ini cara paling umum yang dilakukan hampir setiap pembuat bonsai.


PERSIAPAN :
Pohon / bakalan bonsai yang masih berakar
Batu, fosil kayu, akar kayu modifikasi (sesuai selera)
Pot besar atau tanah kosong
Pupuk, pasir, tanah, dll (sesuai jenis pohonnya)
Tali rafia & gunting


Membuat Bonsai Diatas Batu


1. Apabila kamu sudah memiliki semua yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk mulai mengikat akar pohon ke batu yang telah disediakan. Ikatlah dengan kencang dan tertata rapih (bentuklah alur akar sesuai dengan seleramu) tapi jangan merusak atau mematahkan akarnya.


2. Setelah akar diikat kencang dan tertata rapih sekarang masukkan kedalam pot besar atau lubang ditanah. Kubur akar dan batunya dengan tanah, pupuk, dan pasir (tergantung jenis pohonnya) hingga tetutup seluruhnya.


3. Siram sehari sekali pagi atau sore hari. Jangan memembuat media tanahnya terlalu basah atau kering karena itu tidak baik untuk pertumbuhan pohon.



4. Tunggu sampai dua atau tiga bulan, semakin lama semakin baik. Lalu gali pohon beserta batunya dengan hati-hati dan setelah bisa diangkat, putuskan ikatannya jika masih ada. Apabila batu dan akar sudah merekat, itu pertanda kalau kamu sudah berhasil membuat Bonsai on the Rock.


Terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memindahkannya ke pot khusus bonsai yang memiliki ciri khas lebar dan cetek lalu membersihkan akar-akarnya yang sudah merekat ke batu agar terlihat bersih dan indah.

Selamat! Sekarang kamu sudah mengetahui cara membuat pohon bonsai tumbuh diatas batu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Pohon Bonsai Diatas Batu (Bonsai On The Rock)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel