Cara Semai Biji Asem Jawa Agar Cepat Tumbuh

Biji Asem Jawa

Beberapa waktu yang lalu saya sempat memposting artikel tentang cara stek batang pohon asem jawa, nah kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara semai biji asem jawa agar cepat tumbuh.

Melakukan semai atau menanam dari biji adalah cara yang sering dilakukan oleh penjual tanaman hias pada jenis pohon asem jawa. Bukan tak mau menggunakan cara stek ataupun cangkok, sebab pohon asem jawa sangat sensitif, jika ada kesalahan dalam stek ataupun cangkok, kegagalan pasti akan terjadi. Oleh karena itulah menyemai biji asem jawa lebih mudah ketimbang cara yang lain untuk mengembangbiakkannya.

Biji asem jawa sendiri sangat mudah tumbuh diberbagai metan (media tanam) mulai dari tanah merah biasa hingga tanah yang sudah bercampur pupuk siap pakai. Yang perlu diperhatikan hanyalah biji asem jawa dan tempat penyimpanan semainya.



Nah kalau kamu tertarik untuk semai biji asem jawa, disini carauntukmembuat.com akan berbagi caranya.

INFO : Asem jawa adalah pohon yang dapat tumbuh hingga puluhan tahun. Perkembangan pohon ini cukup cepat di alam bebas namun akan sangat lambat jika ditempatkan di dalam pot yang kecil / sempit.



Cara Semai Biji Asem Jawa Agar Cepat Tumbuh



1. Pertama-tama belilah asem jawa diwarung sayur. Jangan menggunakan asem jawa milik istri yang ada di dapur, bukan apa-apa, hanya saja menghindari hal-hal yang tidak diinginkan hehe.

2. Jika sudah memilikinya, buka bungkus asem jawa dan ambil bijinya.


Biji Asem Jawa Belum Kupas


3. Kupas habis kulit di biji asem jawa sampai benar-benar bersih (bisa dicubit dengan kuku sampai kulitnya sobek, lalu sobekan dibesarkan untuk mengeluarkan biji) dan pastikan biji tidak terkena sayatan atau pecah.


Biji Asem Jawa Sudah Kupas


4. Cuci bersih biji asem jawa yang sudah terlepas dari kulitnya, kemudian siapkan metan (media tanam) jenis apapun yang penting bersih dan steril.

5. Timbun 1 biji asem jawa di dalam 1 pot atau plastik semai dengan kedalaman 1 cm saja dan simpan ditempat yang teduh.

6. Siram setiap hari 2 kali dan jangan sampai air siramannya menggenang di pot atau tempat biji asem jawa tersebut ditanam.

7. Jika kamu mengikuti intruksi ini, seharusnya dalam kurun waktu 7-10 hari biji asem jawa akan berkecambah sebesar pohon toge.


Kecambah Asem Jawa


8. Setelah sudah tumbuh menjadi bibit, diamkan sampai menjadi anak pohon dengan ketinggian 20 cm jika kamu ingin memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar atau ke tanah langsung.



PENTING : Seperti yang saya bilang sebelumnya, pohon asem jawa itu sensitif. Jadi jangan membersihkan akarnya dari tanah aslinya saat kamu memindahkannya. Baiknya 1/4 atau 1/2 tanah aslinya dibawa saat memindahkannya.

Hal diatas harus dilakukan agar bibit pohon asem jawa tidak mati karena tanah aslinya dihilangkan. Dari pengalaman saya pribadi, juga seperti yang sering dikatan oleh berbagai artikel di internet, pohon asem jawa 90% akan mati jika tanah aslinya tak ikut dipindahkan atau akarnya dibersihkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Semai Biji Asem Jawa Agar Cepat Tumbuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel