Cara Stek dan Sambung Batang Pohon Adenium Agar Bisa Tumbuh

Bunga Adenium

Adenium atau sering dinamai Kamboja Jepang oleh kebanyakan masyarakat adalah tumbuhan yang berasal dari daerah kering di Asia Barat dan Afrika. Tumbuhan ini bisa hidup dengan subur meskipun di tanah yang kering dan tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung sepanjang hari.

Karena cuaca panas di Indonesia yang mirip dengan panas dihabitat asli Adenium, maka dari itu tanaman ini bisa tumbuh dengan subur di tanah Indonesia. Masyarakat biasanya menanam Adenium di dalam pot besar diluar rumah, tak sedikit juga yang membiarkannya tumbuh secara liar di pekarangan depan atau belakang rumah.

Ada dua jenis Adenium yang beredar luas, yaitu Adenium Arabicum dan Adenium Obesum. Adenium Arabicum memiliki ciri bentuk bonggol pendek dan besar, dengan banyak batang yang tumbuh dari atas bonggol tersebut. Bunganya berwarna paduan putih dan pink, dengan ukuran diameter kurang dari 5 cm. Sedangkan Adenium Obesum, memiliki ciri khas bonggol besar dan memanjang ke atas, satu batang besar tumbuh di atas bonggol, dan di batang besar tersebut tumbuh cabang / batang-batang kecil. Bunga berwarna merah dan paduan putih dengan ukuran lebih dari 5 cm.



Adenium sendiri dikembangbiakkan melalui sistem stek dan semai melalui biji dari bunganya. Karena menyemai dari biji terlalu lama, maka kebanyakan masyarakat lebih menyukai sistem stek batang.

Tidak banyak yang mengetahui cara stek batang Adenium yang sebenarnya, jika salah dalam melakukan stek, potongan batang stek Adenium yang ditancapkan ketanah bisa membusuk dan mati. Oleh karena itu, disini carauntukmembuat.com akan berbagi cara untuk men-setek batang pohon Adenium yang benar. Simak langkah demi langkah untuk stek pohon Adenium agar bisa tumbuh dibawah ini.

Cara Stek Batang Pohon Adenium


1. Pertama-tama kamu harus memiki pohon Adenium yang sehat dan sudah cukup tua, serta memiliki batang yang besar-besar (minimal seukuran jempol orang dewasa). Jika ada, potong bagian batang tersebut dengan pisau atau gunting steril.


Stek Adenium


PENTING : Adenium adalah pohon yang banyak mengandung air dan getah untuk tetap bertahan hidup meski di tanah yang kering dan cuaca panas. Oleh karenanya, jangan memotong batang Adenium dengan pisau atau gunting yang tidak steril. Karena, jika kamu memakai pisau atau gunting yang kotor, kotoran tersebut bisa langsung menyerap ke pohon Adenium dan bisa mengakibatkan pohon induknya layu atau bisa juga mati jika kotoran mengandung kimia atau bakteri yang bisa mematikan bagi tumbuhan. Sebaiknya rendam pisau atau gunting yang akan digunakan untuk memotong Adenium ke air panas mendidih minimal 10 menit untuk menghilangkan kotoran dan bakteri.




2. Setelah batang Adenium sudah dipotong, letakkan batang ditempat yang teduh dan jangan terkena air maupun sorotan matahari. Diamkan sekitar 3 sampai 5 hari agar getah dari bekas potongan mengering sepenuhnya.


Potongan Batang Adenium


3. Ketika batang potongan Adenium sudah benar-benar kering dari getah, sekarang kamu bisa menanamnya langsung di tanah atau media tanam. Siramlah sekali sehari dipagi atau sore hari itu sudah cukup. Jangan disiram terlalu sering sebab tanaman ini benci dengan air, karena jika tanah lebab apalagi basah bisa membuat bonggolnya membusuk.


4. Setelah 14 hari atau dua minggu dan Adenium terlihat sehat, barulah kamu bisa meletakkannya ditempat panas yang tersorot matahari langsung.


Tunas Adenium


Pohon ini sejatinya memerlukan sinar matahari sepanjang hari, jadi jangan khawatir jika tanah di dalam pot mengering justru tanah seperti itu yang disukai Adenium.


Begitulah cara stek batang Adenium agar tumbuh. Intinya, kita tidak boleh langsung memotong batang dari indukannya dengan alat yang kotor dan, kita juga perlu mengeringkan getah yang ada pada batang bekas luka potongan sebelum ditanam ke tahan.




Cara Sambung Batang Pohon Adenium


1. Untuk melakukan penyambungan batang antara sesama pohon Adenium cukup mudah. Yang kamu perlukan hanyalah pohon Adenium berumur yang memiliki bonggol dan batang besar (pohon Adenium tua) dan beberapa pohon Adenium biasa yang ingin disambungkan ke Adenium tua / indukan.


2. Ketika semua pohon sudah disiapkan, langkah pertama adalah memilih batang yang seukuran telunjuk orang dewasa untuk dipotong dan disambung dengan batang Adenium dari pohon lain.


Stek Sambung Adenium


Potong dengan bentuk "V" female dan male atau "O" female dan male batangnya dengan alat steril seperti yang sudah saya sebutkan diatas.


3. Sesudah batang dipotong dan presisi, langsung sambungkan dan ikat kuat agar kedua getah dapat langsung bersatu.



4. Jika kamu ingin tumbuh tunas lebih cepat, sungkup atau tutupi dengan pelastik bening seperti ini.


Sungkup Stek Sambung Adenium


5. Taruh ditempat yang tedih dan tidak terkena sinar matahari langsung, siram air di dalam pot 2 hari sekali / secukupnya. Maka dalam waktu 7 - 10 hari, tunas baru mulai tumbuh dan itu bertanda kalau kamu berhasil melakukan stek sambung batang Adenium.


Tunas Stek Sambung Adenium


Kedua cara stek batang Adenium diatas bisa kamu coba sendiri dirumah. Saya ingatkan sekali lagi, kamu harus memperhatikan alat-alat yang kamu gunakan saat memotong batang-batnag dari pohon Adenium.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar