Ciri Ciri Pohon Asem Londo / Belanda Di Alam Liar

Daun Asem Londo

Asem Londo atau Asem Belanda adalah salah satu varian jenis pohon asem yang memiliki buah tidak asem dan tumbuh subur di tanah Indonesia. Pohon yang memiliki nama ilmiah Pithecellobium Dulce ini sering menjadi pohon perdu yang sengaja di tanam di tepi jalan raya untuk membuat pengendara tak langsung tersorot matahari saat melintasi jalan.

Jika kamu mendengar nama asem londo pasti akan berfikir sebuah pohon yang rindang dan berusia puluhan tahun. Ya, itu memang benar!

Pohon asem londo memang pohon yang berusia panjang (menahun) dan karena umurnya yang panjang itulah maka pohon ini menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan tanaman hias jenis bonsai.



Bonsai asem londo cukup populer dikalangan pecinta bonsai di Indonesia, karena itu lah banyak yang mencarinya untuk dikembangbiakkan melalui stek maupun dongkel untuk dibawa pulang.

Ciri ciri pohon asem londo berbeda dengan ciri ciri pohon asem jawa, pohon asem londo memiliki warna batang yang cenderung lebih cerah dan bersih. Beda dengan asem jawa yang memiliki batang kusam dan terlihat tua.

Oke tidak usah berpanjang lebar lagi, berikut ini adalah ciri ciri pohon asem londo di alam liar.


1. Batang Pohon Asem Londo


Batang Pohon Asem Londo


Seperti yang saya bilang sebelumnya, batang pohon asem londo / asem belanda lebih cerah, dengan warna hitam bercampur putih yang cukup kontras.




2. Daun Asem Londo


Daun Pohon Asem Londo


Daun asem londo sedikit lebih besar dan berwarna lebih muda daripada asem jawa. Selain itu, daun asem londo juga memiliki rusuk berwarna putih yang tampak jelas pada gambar diatas.


3. Buah Asem Londo


Buah Pohon Asem Londo


Meski namanya buah asem londo, tapi buah ini tidak memiliki rasa asam. Buah asem londo memiliki ciri warna hijau saat masih mudah dan berubah merah saat sudah tua. Kalau bentuk buahnya masih agak mirip dengan asem jawa.



Nah itulah ciri ciri pohon asem londo atau asem belanda di alam liar. Jika kamu hendak mencarinya di kebun ataupun hutan, pohon ini sekarang sudah mulai langka. Banyak orang menebang dan mengambil kayunya untuk di jadikan bahan furniture karena corak dari kayu asem londo yang bagus untuk hiasan dinding ataupun dekorasi.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Asem Londo / Belanda Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel