Ciri Ciri Pohon Bungur / Sakura Lokal Di Alam Liar

Pohon Bungur

Salah satu pohon langka saat ini adalah pohon Bungur, atau sering juga disebut Sakura Lokal. Tanaman bunga yang memiliki nama ilmiah Lagerstroemia Indica ini adalah tanaman perdu yang berfungsi sebagai peneduh jalan atau halaman yang dulunya banyak tumbuh liar di kebun mapun di hutan. Namun saat ini, melihatnya di pekarangan rumah orang pun sudah sangat jarang.

Pohon bungur memiliki ciri ciri yang sangat sederhana, kamu pasti bisa langsung mengenalinya dari bentuk batang, daun, buah, dan bunganya.

Saat ini pohon bungur di alam liar sering diburu para penggemar bonsai juga pecinta tanaman hias untuk dibawa pulang kerumah. Karena hal itulah yang membuat pohon bungur sudah jarang terlihat di alam liar.



Bagi kamu yang ingin mencari pohon bungur atau sakura lokal ini, baiknya mengetahui terlebih dulu ciri ciri pohon bungur di alam liar dibawah ini.


1. Batang Pohon Bungur


Batang Pohon Bungur


Batang dari pohon bungur lah yang selalu menjadi incaran para penggemar bonsai di Tanah Air. Terlihat jelas bahwa batang dan dahan pada pohon bungur tampak seperti pohon tua. Dengan kulit batang yang mengelupas, warna cream keputih-putihan, serta lekukan-lekukan alami yang mencerminkan pohon seperti sudah berusia puluhan tahun. Walau aslinya baru berusia beberapa tahun saja.


2. Daun Pohon Bungur


Daun Pohon Bungur


Sekilas daun pohon bungur ini mirip dengan duan pohon yang layu. Lihat saja gambar diatas, bentuk daunnya menekuk kesana kemari tidak beraturan dan warnanya pun hijau agak kusam (tidak terlihat hijau segar). Namun itu adalah ciri khas dari daun pohon bungur atau sakura lokal yang sebenarnya.




3. Bunga dan Buah Pohon Bungur


Bunga Pohon Bungur atau Sakura Lokal


Buah Pohon Bungur atau Sakura Lokal


Buah dan bunga dari pohon bungur adalah ciri yang paling mudah untuk diketahui. Bunga bungur atau sakura lokal ini berwarna pink cerah dan buahnya berwarnya hijau tua kehitaman.

Sangat mudah untuk memperbanyak pohon ini, bisa dengan cara cangkok atau semai. Jika ingin semai, cukup dengan mengambil biji di dalam bunga yang sudah berguguran dan meletakkannya di media tanam / tanah, pasti akan tumbuh dalam waktu 7 sampai 10 hari.



INFO : Pohon bungur adalah pohon yang hidup di daerah panas / kering. Maka dari itu, benih atau biji bungur yang ingin di semai tidak membutuhkan banyak air. Jadi, apabila kamu ingin menyemainya jangan membasahi seluruh media tanamnya, cukup menciprati media tanam dengan air secukupnya 1 hari sekali saja.

Kebnayakan orang awam mengira pohon ini adalah hama saat tidak berbunga, karena melihat dari daun dan batangnya yang seperti pohon tak terawat (hidup segan mati tak mau). Akan tetapi, jika dirawat, dipupuk dan disiram secara teratur maka pohon ini akan berbunga dan berbuah lebat yang membuatnya tampak cantik dan indah.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar