Ciri Ciri Pohon Serut Di Alam Liar

Ciri Ciri Pohon Serut Di Alam Liar

Pohon serut atau dalam bahasa ilmiah disebut Streblus Asper adalah tumbuhan berbatang kayu keras yang sangat digemari pencinta bonsai di Indonesia. Dalam beberapa tahun belakangan, pohon serut semakin sulit untuk ditemui dan jikalau ada itu sudah sangat tua dan memiliki batang yang sangat besar.

Meski demikian, pencinta bonsai mungkin tidak akan menyia-nyiakan pohon serut yang ditemuinya. Ada nafsu yang luar biasa untuk mendongkel (menggali akarnya), mencangkok, hingga men-stek batangnya untuk dibawa pulang.



Di beberapa daerah di Pulau Jawa, pohon serut sering tumbuh di pinggir sungai, danau, maupun hutan yang dekat dengan perairan. Pohon serut memang tergolong pohon yang habitat aslinya ditempat sejuk yang tidak basah namun dekat dengan air.

Buat kamu yang ingin mencari pohon serut untuk dijadikan bonsai atau sekedar ditanam dihalaman rumah, disini saya akan berikan ciri ciri pohon serut di alam liar yang pernah saya temukan secara langsung beberapa waktu lalu. Berikut foto-fotonya.


Pohon Serut Di Alam Liar Dari Kejauhan


Sekilas pohon serut mirip dengan pohon-pohon tua yang biasa ada di pinggiran sungai, tapi jika kamu masih kesulitan untuk membedakan pohon serut dengan pohon lainnya, perhatikanlah batang, daun dan bunganya.


Batang Pohon Serut


Daun Pohon Serut


Bunga Dan Daun Pohon Serut


Bunga dan buah dari pohon serut berwarna hijau dan berbentuk kecil, sedangkan jika buah sudah matang akan berwarna coklat.

Selain mendongkel, mencangkok, dan men-stek batang pohon serut di alam liar kamu juga bisa mengambil bibitnya yang masih kecil dari bawah pohon serut tua. Bibit pohon serut biasanya tumbuh subur dibawah induknya.



INFO : Akar pohon serut berjenis tunggak, yang artinya memiliki akar-akar besar dan menusuk lurus ke dalam tanah. Meskipun hanya bibit pohon serut yang tingginya sekitar 1 meter, akarnya bisa sangat dalam masuk ke tanah melebihi ketinggian pohonnya.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan ciri ciri pohon serut di alam liar. Pastikanlah kamu sudah meyakinkan bahwa pohon yang kamu temukan sama persis dengan gambar pohon serut diatas yang saya temukan di alam liar.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Serut Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel