Cara Membuat Rak Semai Sederhana Dari Kayu Bekas Palet

Rak Semai

Jati Belanda atau sering disebut Jati Landa oleh masyarakat adalah kayu yang dibuat dari batang pohon Guazuma Ulmifolia dan biasa digunakan untuk pembuatan palet. Tak hanya batangnya yang bisa dimanfaatkan, daun dari pohon Jati Belanda juga dipakai sebagai campuran untuk pembuat obat pelangsing yang biasanya dalam bentuk teh seduh.

Potongan batang pohon jati belanda yang sudah berbentuk palet bisa kita lihat dipabrik-pabrik atau di pelataran dermaga, yang nantinya akan dibuang atau dijual ke pengepul jika sudah selesai digunakan atau mengalami cacat pada salah satu bagian.

Namun ditangan orang yang terampil, kayu jati belanda bekas palet ini bisa diubah menjadi barang yang bernilai jual tinggi seperti halnya kursi, meja, rak, lemari, stand figure, hiasan dinding, dan banyak lagi.



Mengintip di dalam situs Pinterest, saat saya mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan "Make anything with wooden pallets" akan muncul beragam gambar yang menginspirasi. Ada ribuan gambar furnitur benilai jual tinggi yang dibuat menggunakan bahan dasar jati belanda.


Make anything with wooden pallets
Source : Pinterest


Karena penasara akhirnya saya coba untuk membuat sesuatu yang mudah terlebih dulu, yaitu bottle stand atau rak botol untuk hiasan dinding yang pada akhirnya berhasil saya buat. Langkah-langkah dan hasil buatan saya juga sudah saya jabarkan dalam artikel sebelumnya mengenai Cara Membuat Dekorasi Rak Botol Wine.

Sekarang, karena lagi suka dengan tanaman, saya niatkan untuk membuat rak semai bermodalkan kayu jati belanda bekas palet yang saya minta dari teman dirumah. Kebetulan teman dirumah saya ada yang bekerja di salah satu gudang ekspor impor dan saya meminta beberapa potongan palet yang sudah ingin dibuang tapi masih dalam kondisi baik dan bersih.


Kayu Jati Belanda Bekas Palet


Ketika bahan sudah saya miliki, esok harinya segera saya buat rak semai yang sudah saya pikirkan sebelumnya dengan bermodalkan segelas kopi hitam, sebungkus rokok, penggaris, pensil, gergaji, tang, palu, dan paku.

Awalnya saya ingin membuat raknya mendatar, namun karena kondisi dirumah ada beberapa motor, jadi saya pikir akan repot kalau rak ini ada di depan rumah dalam posisi horizontal (mendatar dibawah), maka saya ubah pemikiran untuk membuatnya vertikal (meninggi keatas) seperti rak botol yang ada di dalam kulkas.




Alhasil, setelah ketak ketok sana sini, rak semai dari kayu jati belanda bekas palet pun selesai saya buat dan langsung saya cat dengan cat minyak anti rayap dihari itu juga.


Pengeringan Cat Rak Semai


Pegecatan saya lakukan bermaksut agar kayu tidak cepat kerops karena diserang rayap juga supaya tidak mudah lapuk apabila sering terkena cipratan air. Kalau sudah dilapisi cat, air yang terciprat pasti akan jatuh karena ini adalah cat minyak. Jikalaupun ada yang menempel, itu mudah di lap dan dibersihkan.

Dua hari kemudian setelah cat benar-benar kering langsung saya pasang di tembok yang memang ukuran rak ini sudah saya sesuaikan / diukur dengan lebar temboknya supaya kelihatan ngepas.


Rak Semai Dari Kayu Jadi Landa


Tak lupa juga saya membeli pot-pot semai kecil dengan warna mix agar rak dan pot terlihat serasih.

INFO : Tembok pagar rumah bagian dalam juga bisa dipakai untuk penempatan rak semai yang tersusun keatas. Selain tidak memakan tempat, dengan mengaplikasikannya menggunakan pot warna warni akan membuat rak terlihat rapih dan bersih.



Setelah rak semai vertial selesai saya buat, akhirnya saya putuskan lagi untuk membuat rak model lainnya untuk diletakkan di tembok luar rumah dengan posisi menggantung. Rak ini saya khususkan untuk pembibitan tanaman yang tak ingin kondisi lembab. Selain itu posisi dekat dengan lubang angin yang dimana kalau pagi hari terkena sedikit sorotan sinar matahari, merupakan tempat yang menurut saya paling baik untuk perkembangan benih tanaman tertentu.


Rak Semai Dari Kayu Jadi Belanda


Menyemai pun jadi lebih semangat karena sudah memiliki tempat pribadi yang strategis, sejuk, dan teduh untuk pembibitan tanaman.

Apakah kamu tertarik untuk membuat rak semai seperti ini?

Hanya bermodalkan kayu jati belanda bekas palet dan peralatan seadanya kamu juga bisa membuat rak semai dirumah tanpa harus menghabiskan banyak tempat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar