10 Software Komputer Jadul Yang Masih Digunakan Banyak Orang

Komputer Jadul

Setiap harinya kemajuan teknologi terus meningkat, pengguna komputer semakin dipermudah dalam melakukan banyak hal berkat kecanggihan software jaman sekarang. Tak bisa dipungkiri, banyak ahli komputer yang menganjurkan untuk melakukan pembaruan software agar dapat menikmati beragam fitur terbaru.

Sebagian besar perubahan ini didalangi oleh Microsoft yang mempromosikan besar-besaran agar pengguna Windows jadul segera melakukan pembaruan ke Windows 10 yang mereka katakan paling baik untuk komputer jaman sekarang.

Pada kenyataannya, saat sedang naik daun (sekitar 2017-2018) justru banyak pengguna Windows 10 yang mengeluhkan jika Windows 10 lebih berat dibandingkan Windows jadul. Hal ini berlarut-larut dan menahun tanpa jawaban, sampai pada akhirnya belum lama ini Microsoft pun membuka peluang pengguna Windows 10 untuk bisa menghapus software default yang ter-bundle dalam sistem Windows 10. Diharapkan dengan cara ini pengguna Windows 10 bisa mendapatkan lebih banyak resource karena bisa menghapus software yang tidak penting di Windows 10.



Biarpun Windows 10 kompatibel dengan bermacam-macam software terbaru dan tercanggih, tapi tidak semua orang ingin menggunakan software-software yang dianggapnya tidak efisien dan justru malah merepotkan.

Saya pribadi lebih memilih menggunakan software jadul untuk beberapa keperluan karena saya rasa software yang terakhir diupdate beberapa tahun lalu itu lebih ringan, sederhana, dan tidak memakan banyak resource (sumber daya) pada komputer maupun laptop.

Nah apa-apa saja software jadul yang masih digunakan oleh banyak orang lain diluar sana yang berpendapat sama dengan saya, berikut ini daftarnya.


1. Driver TP-Link

TP-Link Logo

Terakhir update : (tergantung model)
Versi : (tergantung model)
Developer : TP-Link Technologies Co, Ltd

TP-Link driver berisi kode perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer desktop dengan WiFi melalui USB TP-Link.


2. MP4Tools

MP4Tools

Terakhir update : 2016
Versi : 3.6.1
Developer : Alex Thüring

MP4Tools berisi dua software sekaligus dalam satu bundle, yaitu MP4Joiner dan MP4Splitter dimana keduanya memiliki kemampuan untuk menggabungkan video (MP4Joiner) dan memisahkan / memotong video (MP4Splitter) dengan mudah.


3. AAA Logo Maker

AAA Logo Maker

Terakhir update : 2010
Versi : 3.10
Developer : SWGSoft

AAA Logo Maker dapat diandalkan untuk membuat logo situs web atau logo apapun hanya dalam hitungan menit karena sudah ada ratusan template logo siap pakai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.




4. Lock Hunter

LockHunter

Terakhir update : 2017
Versi : 3.2
Developer : Crystal Rich Ltd

LockHunter adalah software gratis yang berfungsi untuk menghapus file dan folder yang dikunci (lock) oleh sesuatu yang tidak kita ketahui. Dengan kata lain, LockHunter bisa menghapus file dan folder yang tidak bisa dihapus / terkunci.


5. HDD Unlock Wizard

HDD Unlock Wizard

Terakhir update : 2014
Versi : 4.2
Developer : A-FF Data Recovery

HDD Unlock Wizard adalah aplikasi yang mudah digunakan yang memungkinkan kita untuk menghapus kata sandi HDD dengan mudah. Saat membuka kunci, HDD Unlock Wizard akan menghapus dan mensertifikasi ulang HDD. Mendukung HDD IDE dan SATA.


6. MagicDisc

MagicDisc

Terakhir update : 2013
Versi : 2.7.106
Developer : MagicISO

MagicDisc ialah software yang dapat membuat CD dan DVD virtual, Mount ISO image dan CD / DVD image sebagai DVD atau CD virtual. Mengenkripsi gambar ISO dan Mengompresi gambar ISO dan gambar CD / DVD, Membuat gambar CD / DVD dari CD / DVD. MagicDisc mendukung hingga 15 driver virtual.


7. Easy WebCam Recording

Easy WebCam Recording

Terakhir update : 2017
Versi : 3.2
Developer : NAWROCKI HERVE

Software ini bisa merekam video dari webcam komputer atau laptop kita dan menyimpannya. Easy WebCam Recording dapat mulai otomatis mengambil video saat mendeteksi gerakan pada webcam jika diinginkan.




8. Adobe Photoshop CS2

Adobe Photoshop CS2

Terakhir update : 2013
Versi : 9.0
Developer : Adobe

Salah satu inklusi paling signifikan dalam Adobe Photoshop CS2 adalah penerapan Smart Objects, yang memungkinkan pengguna untuk menskala dan mengubah gambar dan ilustrasi vektor tanpa kehilangan kualitas gambar, serta membuat duplikat terkait dari grafik yang disematkan sehingga satu pengeditan memperbarui pembaruan di beberapa iterasi.


9. GPU Meter

GPU Meter

Terakhir update : 2013
Versi : 2.4
Developer : AddGadgets

Singkatnya, GPU Meter adalah cara cepat untuk melihat rincian penting tentang kartu grafis (VGA) dan juga dapat digunakan untuk mendiagnosis masalah.


10. AudioShell

AudioShell

AudioShell adalah ekstensi shell Windows Explorer yang memungkinkan kita untuk melihat dan mengedit tag meta-data ID3 di Windows Explorer. AudioShell mendukung semua file audio dan standar tag.

Terakhir update : 2016
Versi : 2.3.6
Developer : Softpointer



Kesepuluh software komputer jadul diatas memang penting bagi sebagian besar pengguna komputer klasik, namun, pengguna komputer canggih pun masih banyak yang menggunakannya karena lebih sederhana dibandingkan software jaman sekarang.

BTW... Dari 10 software komputer jadul diatas, manakah software yang masih kamu gunakan?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar