11 Jenis Pohon Pinus Yang Sering Digunakan Untuk Bonsai

Pohon Pinus

Pinus adalah nama dari sekelompok tumbuhan yang semuanya tergabung dalam marga Pinus (dalam bahasa inggris disebut Pine). Di Indonesia, penyebutan nama Tusam ditujukan pada Pinus Merkusii, yaitu pinus asli Sumatra Selatan.

Hampir semua jenis pohon pinus tidak memerlukan tempat tumbuh khusus, sehingga mudah untuk dibudidayakan bahkan pada tempat yang panas dan kering.

Pohon pinus biasanya sering diambil kayunya untuk furnitur dan perabot rumah tangga. Kayu pinus memiliki corak yang bagus dan tahan terhadap cuaca / awet.

Pinus juga masih keluarga tumbuhan rujung yang memiliki lebih dari 500 spesies. Penyebaran pohon pinus hampir diseluruh dunia dan tak mengenal tempat. Pohon pinus dapat tumbuh di dataran tinggi, dataran rendah, hutan, savana, pesisir, hingga ditempat-tempat yang tak terjamah manusia seperti di tepi bukit berbatu dan jurang yang curam.



Umur dari pohon pinus sendiri bisa mencapai puluhan hingga ratusan tahun (tergantung spesies). Oleh karena itu, banyak pohon pinus yang sering dijadikan tanaman perdu atau tanaman penghias halaman perkantoran, perumahan, hingga pinggir jalan raya seperti halnya di tepi-tepi jalan menuju Puncak atau Air Terjun di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Sebagian spesies pinus juga menjadi lirikan oleh penggemar tanaman hias jenis bonsai. Pohon pinus dilirik karena umurnya yang panjang, bentuk pohonnya yang unik, dan perawatannya yang tak memerlukan perlakuan khusus. Saat dikerdilkan menjadi bonsai pun pohon pinus tampak seperti pohon berkelas bintang yang memiliki keindahan istimewa.

Setiap spesies pinus memiliki jenis daun dan bunga yang berbeda. Namun semuanya memiliki ciri daun yang sama seperti khas daun pohon pinus, yaitu berbentuk jarum.


Buah & Daun Pinus


Batang pohon pinus sangat khas, dimana memiliki corak dan warna coklat kehitaman, terkadang ada yang abu-abu dan hitam. Warna batang pinus menyesuaikan kondisi sekitarnya, gersang, lembab, subur, ataupun tandus.

11 jenis pinus yang sering digunakan untuk bonsai pinus kelas bintang bisa kamu lihat dibawah ini :


  • Pinus Sumatra / Tusam (Pinus Merkusii)
  • Pinus Hitam Jepang (Pinus Thunbergii)
  • Pinus Putih Jepang (Pinus Parviflora)
  • Pinus Merah Jepang (Pinus Densiflora)
  • Pinus Merah (Pinus Resinosa)
  • Pinus Lodgepole (Pinus Contorta)
  • Western White Pine (Pinus Monticola)
  • Pinus Batu (Pinus Pinea)
  • Pinus Gunung / Mugo (Pinus Uncinata)
  • Pinus Longaeva
  • Pinus Aristata


1. Pinus Merkusii


Pinus Merkusii

Pinus merkusii atau Tusam Sumatra merupakan tumbuhan runjung dengan daun berbentuk jarum. Tumbuhan ini memiliki kelamin jantan dan betina dalam satu pohon, namun terpisah dalam satu individu. Pinus merkusii mendominasi hutan tropis pegunungan di Indonesia bagian barat pada ketinggian mulai dari 600 hingga 1.500 mdpl, khususnya di Sumatra.


2. Pinus Thunbergii


Pinus Thunbergii

Pinus thunbergii atau Pinus thunbergiana, juga disebut Pinus Hitam Jepang adalah pinus asli daerah pesisir Jepang (Kyushu, Shikoku dan Honshu) dan Korea Selatan. Di Jepang, pohon ini banyak digunakan sebagai pohon taman yang dibentuk sejak muda untuk menjadi elegan dan menarik untuk dipandang.


3. Pinus Parviflora


Pinus Parviflora

Pinus parviflora, juga dikenal sebagai Pinus Lima Jarum dan Pinus Putih Jepang, adalah pinus dalam kelompok pinus putih, Pinus subgenus Strobus, asli dari Korea dan Jepang. Ini adalah pohon yang populer untuk bonsai, dan juga ditanam sebagai pohon hias di taman dan kebun. Kultivar 'Adcocks Dwarf' dan 'Bonnie Bergman' telah mendapatkan Royal Horticultural Society Award dari Garden Merit.


4. Pinus Densiflora


Pinus Densiflora

Pinus densiflora atau yang sering disebut Pinus Merah Jepang, memiliki habitat asli yang meliputi Jepang, Semenanjung Korea, Cina timur laut dan bagian paling tenggara Rusia. Pinus Merah Jepang menyukai sinar matahari penuh sepanjang hari di tanah yang agak kering dan asam. Di Jepang dikenal sebagai Akamatsu (赤松) dan Mematsu (雌 松). Pinus densiflora dibudidayakan secara luas di Jepang untuk produksi kayu dan sebagai pohon hias.


5. Pinus Resinosa


Pinus Resinosa

Pinus resinosa, dikenal sebagai Pinus Merah Norwegia, ia adalah pinus asli dari Amerika Utara. Tanaman ini memiliki habitat di Newfoundland barat hingga ke Manitoba, dan Pennsylvania bagian selatan. Tanaman ini tidak mampu hidup ditempat yang gelap dan sejuk. Pinus resinosa justru menyukai tempat yang terang, berangin dan memiliki tanah yang kering. Ia juga pohon berumur panjang, mencapai usia maksimal sekitar 500 tahun.




6. Pinus Contorta

Pinus Contorta

Pinus contorta atau Pinus lodgepole adalah pohon yang banyak ditemukan di Amerika Utara bagian barat. Ditempat asalnya tanaman ini disebut sebagai Pinus Pantai, itu karena ia sering tumbuh di dekat pantai dan subalpine zone, tetapi jarang tumbuh di hutan hujan dataran rendah.


7. Pinus Monticola


Pinus Monticola

Pinus monticola atau yang akrab disebut Western White Pine atau Pinus Gunung California, adalah spesies pinus yang tumbuh di pegunungan Amerika Serikat bagian barat dan Kanada, khususnya Sierra Nevada, Range Cascade, Range Coast, dan Pegunungan Rocky utara.


8. Pinus Pinea


Pinus Pinea

Pinus pinea, juga dikenal sebagai Pinus Batu Italia, adalah pohon asli daerah Mediterania, tumbuh di Eropa selatan, Israel, Libanon dan Suriah. Spesies ini diperkenalkan menyebar ke Afrika Utara ribuan tahun yang lalu. Pinus batu telah digunakan dan dibudidayakan untuk kacang pinus yang dapat dimakan sejak zaman prasejarah. Mereka tersebar luas dalam budidaya hortikultura sebagai pohon hias, ditanam di kebun dan taman-taman di seluruh dunia.


9. Pinus Uncinata


Pinus Uncinata

Pinus uncinata adalah jenis konifer yang berbentuk belukar kecil yang kadang-kadang diperlakukan sebagai subspesies dari Pinus mugo. Pohon itu secara alami tumbuh dalam populasi yang tersebar di pegunungan Eropa barat. Sebagai hasil dari program reboisasi di Eropa utara dan Mediterania, Pinus uncinata sekarang tumbuh secara alami di luar daerah asalnya.


10. Pinus Longaeva


Pinus Longaeva

Pinus longaeva adalah spesies pohon pinus bristlecone berumur panjang yang ditemukan di pegunungan California, Nevada, dan Utah. Salah satu pohon Pinus longaeva bernama Methuselah telah berumur 4.851 tahun dan organisme non-klonal tertua yang masih hidup di bumi.


11. Pinus Aristata


Pinus Aristata

Pinus aristata atau Pinus Bristlecone Rocky Mountain, adalah spesies pohon pinus bristlecone berumur panjang yang berasal dari Amerika Serikat. Ia tumbuh di pegunungan Rocky di Colorado dan Meksiko utara, dengan populasi terpencil di San Francisco Peaks di Arizona dan Hutan Nasional Kaibab di utara Grand Canyon.



Karena di Indonesia Pinus Merkusii cukup mudah untuk dibeli, tentu jenis inilah yang paling banyak digunakan sebagai tanaman hias atau hanya sekedar ditanam di halaman rumah masyarakat. Berbeda dengan jenis-jenis pinus langka seperti Pinus Longaeva, Pinus Uncinata, dan Pinus Aristata dimana ketiga jenis ini cukup sulit didapat karena habitat aslinya yang jauh dari pemukiman manusia.

Beberapa bonsai pinus terbaik kelas bintang masuk dalam daftar 7 bonsai tertua di dunia yang pernah saya posting beberapa waktu lalu.

Belum ada Komentar untuk "11 Jenis Pohon Pinus Yang Sering Digunakan Untuk Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel