20 Inspirasi Bonsai Bugenvil / Bougainvillea Terbaik

Bunga Bugenvil

Bugenvil atau dalam nama ilmiah tertulis Bougainville adalah tanaman bunga hias yang sangat populer. Bentuknya berupa pohon kecil berbatang keras dan memiliki bunga dengan warna mencolok. Di Indonesia, Bugenvil disebut dengan nama Bunga Kertas karena bentuk bunganya yang tipis dan mempunyai ciri-ciri seperti kertas.

Keindahan pohon bugenvil berasal dari bunganya yang memiliki varian warna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh secara bersamaan membuatnya penuh dengan bunga.

Asal-muasal tanaman ini dari Amerika selatan, disana sering ditanam di taman atau halaman rumah. Pada saat berbunga, tanaman ini akan merontokkan beberapa daunnya.

Meskipun bentuk pohon bugenvil berukuran kecil, namun ia memiliki banyak manfaat. Contohnya untuk hiasan rambut, campuran bunga untuk upacara siraman, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi bangsa China dan India.



Saat ini, pohon bugenvil sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias bonsai.

Bonsai bugenvil terbaik tak kalah dengan bonsai lain. Pohon ini pun memiliki batang yang keras dan berciri khas, terlagi bunganya yang rimbun membuat penampilannya semakin indah.

Pohon bugenvil bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dijadikan salah satu pohon pilihan terbaik untuk penggemar bonsai yang baru terjun ke dunia tanaman kerdil. Pasalnya, pohon ini mudah tumbuh dan perawatannya yang cukup mudah.

Berikut ini 20 inspirasi bonsai bugenvil terbaik yang bisa menjadi percontohan untuk bonsai kamu.


Bonsai Bugenvil (001)


Bonsai Bugenvil (002)


Bonsai Bugenvil (003)


Bonsai Bugenvil (004)


Bonsai Bugenvil (005)


Bonsai Bugenvil (006)


Bonsai Bugenvil (007)


Bonsai Bugenvil (008)


Bonsai Bugenvil (009)


Bonsai Bugenvil (010)




Bonsai Bugenvil (011)


Bonsai Bugenvil (012)


Bonsai Bugenvil (013)


Bonsai Bugenvil (014)


Bonsai Bugenvil (015)


Bonsai Bugenvil (016)


Bonsai Bugenvil (017)


Bonsai Bugenvil (018)


Bonsai Bugenvil (019)


Bonsai Bugenvil (020)


Deretan 20 bonsai bugenvil terbaik diatas memiliki keindahan yang luar biasa. Dengan batang yang besar, tua, bercorak khas, serta bunga yang rimbun membuat penampilannya menarik perhatian.

Perawatan bugenvil sederhana, hanya perlu menyiramnya setiap hari dan memberikan pupuk kanda setriap tiga bulan sekali maka ia akan tumbuh subur dan lebat.

Tanaman ini juga termasuk tanaman yang membutuhkan matahari penuh, jadi pohon ini bisa diletakkan dibawah sinar matahari langsung sepanjang hari.

Mudah dan sederhana kan merawatnya?



Sayang beribu sayang, karena akhir-ahir ini pohon bugenvil sering diburu oleh penggemar bonsai, kini tanaman ini sudah mulai sulit untuk ditemukan. Meskipun ada, mungkin hanya pohon kecilnya saja.

Beberapa tahun kebelakang, pohon bugenvil ini sering menjadi tanaman pagar dikebun tani dekat rumah saya. Saking banyaknya, bahkan pemilik kebun sering membuang atau membakar batang pohon bugenvil yang sudah besar. Tapi sekarang, satupun sudah tidak ada lagi.

Kalau mengecek harga pasarannya di internet, untuk pohon bugenvil yang masih kecil berkisar antara 20-30 ribu, tapi untuk ukuran batang yang sebesar lengan orang dewasa mungkin sudah menyentuh harga 200 ribu. Sedangkan yang berukuran betis orang dewasa bisa diatas 500 ribu. Itu pun belum menjadi bonsai dan masih berbentuk pohon biasa.

Tertarik untuk memiliki bonsai bugenvil terbaik?


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar