30 Inspirasi Bonsai Kemuning Terbaik

Bonsai Kemuning

Kemuning adalah tumbuhan dari keluarga Rutaceae, merupakan tumbuhan tropis yang dapat tumbuh hingga ketinggian 5-6 meter dan berbunga sepanjang tahun.

Pohon kemuning memiliki nama ilmiah Murraya Paniculata dengan berbagai sinonim seperti Murraya Exotica L, Murraya Banati Elm, dan Chalas Paniculata. Daun kemuning berbentuk seperti daun jeruk, hanya saja berukuran lebih kecil.

Biasanya, masyarakat di Indonesia sering menggunakan pohon kemuning sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Bunga kemuning memiliki aroma yang harum dan berwarna putih, kadang lebat dan bergerombol.


Bunga Kemuning


Buahnya berwarna hijau saat masih muda, orange ketika tua, dan merah setelah matang.


Buah Kemuning


Batang kayu kemuning dewasa memiliki corak yang bagus dan kokoh, sehingga tidak mudah patah. Dengan warna cream agak keputihan (mirip kayu mati), membuatnya tampak seperti corak kayu yang biasa ditemukan pada batang pohon berusia tua.


Batang Pohon Kemuning


Karena hal tersebut, pohon kemuning pun sering digunakan sebagai tanaman bonsai. Selain corak dibatangnya yang berciri khas, daun kemuning juga berukuran kecil dimana bentuk seperti ini sangat cocok untuk dijadikan bonsai.



Yang disayangkan dari pohon kemuning apabila ingin dibuat bonsai adalah lambatnya pertumbuhan. Pohon kemuning memang terkenal dari pertumbuhannya yang amat sangat lambat. Jadi, untuk mendapatkan bonggol atau batang utama yang besar biasanya penghobi bonsai akan membeli di toko tanaman hias atau blusukan ke pelosok desa untuk membeli tanaman kemuning milik warga yang biasanya dijadikan tanaman pagar dan sudah memiliki batang yang besar.

Apabila kamu sudah memiliki pohon kemuning dan ingin membuat bonsai, dibawah ini sudah saya siapkan 30 inspirasi bonsai kemuning terbaik yang bisa dicontoh.


Bonsai Kemuning (001)


Bonsai Kemuning (002)


Bonsai Kemuning (003)


Bonsai Kemuning (004)


Bonsai Kemuning (005)




Bonsai Kemuning (007)


Bonsai Kemuning (008)


Bonsai Kemuning (009)


Bonsai Kemuning (010)




Bonsai Kemuning (011)


Bonsai Kemuning (012)


Bonsai Kemuning (013)


Bonsai Kemuning (014)


Bonsai Kemuning (015)


Bonsai Kemuning (016)


Bonsai Kemuning (017)


Bonsai Kemuning (018)


Bonsai Kemuning (019)


Bonsai Kemuning (020)




Bonsai Kemuning (021)


Bonsai Kemuning (022)


Bonsai Kemuning (023)


Bonsai Kemuning (024)


Bonsai Kemuning (025)


Bonsai Kemuning (026)


Bonsai Kemuning (027)


Bonsai Kemuning (028)


Bonsai Kemuning (029)


Bonsai Kemuning (030)



Selain untuk tanaman hias, kemuning juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah obat tradisional.

Masyarakat di Filipina dan Indonesia menggunakan daun kemuning sebagai obat diare dan disentri. Sedangkan di Minangkabau, secara tradisional masyarakat menggunakan akar kemuning untuk gagang pisau atau golok.

Belum ada Komentar untuk "30 Inspirasi Bonsai Kemuning Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel