Inilah 7 Pohon Bonsai Tertua Di Dunia

Bonsai Tertua Di Dunia

Tanaman kerdil atau yang biasa disebut dengan nama 'Bonsai' adalah tanaman dalam bentuk pohon atau semak yang selalu dirawat dengan cara pemangkasan (pruning) rutin dan pemeliharaan eksta agar tetap pendek.

Pemeliharaan tanaman bonsai tak jauh berbeda dengan tanaman lainnya, yang diperlukan hanyalah kesabaran dan pengenalan sifat dari spesies tanaman yang dipelihara. Ada beberapa jenis tanaman 'tidak biasa' yang harus selalu diperhatikan untuk dapat tetap tumbuh subur seperti Japanese Maple salah satunya.

Berbagai sumber seperti situs web master bonsai dan ebook bonsai yang ada di internet mengatakan tidak ada batasan dalam seni bonsai, yang berarti model atau bentuknya boleh dibuat seperti apapun sesuai keinginan pemiliknya. Yang membuatnya disebut sebagai bonsai adalah tetap di dalam pot dan terlihat indah jika dipandang.



Berbeda dengan bonsai yang menggunakan pohon langka atau pohon tua. Biasanya bonsai seperti ini akan menjadi perhatian dunia, selain umurnya yang panjang, pemeliharan dan penjagaannya pun serba eksta.

Berikut ini beberapa bosai tertua di dunia yang berhasil di identifikasi umur dan keberadaannya. Salah satu dari bonsai ini pernah mengalami masa dimana Jepang menapatkan serangan bom Atom saat perang dunia II.



Inilah 7 Pohon Bonsai Tertua Di Dunia



Chabo-hiba Cypresses


  • Usia : 275 Tahun
  • Lokasi : Harvard University, AS
  • Spesies : Cypresses
  • Pemilik : Arnold Arboretum

Chabo-hiba Cypresses

Chabo-hiba Cypress adalah koleksi Larz Anderson di Arnold Arboretum, Harvard University. Anderson, yang menjabat sebagai duta besar untuk Jepang membawa kembali koleksi pohon bonsai ke AS pada tahun 1913. Setelah kematiannya, istrinya, Isabel Anderson menyumbangkan 30 tanaman ke Arnold Arboretum. Setelah kematian Isabel, sisanya ditambahkan ke koleksi Arnold Arboretum pada 1949.

Yang paling mengagumkan dari kesemua pohon bonsai milik Larz Anderson adalah Chabo-hiba (Hinoki Cypress), yang berusia antara 275 tahun. Pohon ini adalah salah satu pohon bonsai tertua yang masih hidup.


Yamaki Pine


  • Usia : 395 Tahun
  • Lokasi : Harvard University, AS
  • Spesies : Pine
  • Pemilik : Arnold Arboretum

Yamaki Pine

Dalam beberapa tahun terakhir, Yamaki Pine telah menjadi salah satu pohon bonsai paling terkenal di dunia karena sejarahnya yang terungkap pada tahun 2001 silam.

Pohon bonsai Yamaki Pine (Pinus Parviflora) sekarang telah berada di Arboretum Nasional AS, disumbangkan ke Amerika Serikat oleh Masaru Yamaki pada tahun 1976 sebagai hadiah untuk peringatan 31 tahun bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang saat Perang Dunia II.

Sebelumnya, Arboretum Nasional tidak mengetahui sejarah pohon bonsai tersebut sampai akhirnya kedua cucu Yamaki datang untuk memeriksa pohon itu pada tahun 2001.

Cucu-cucu Yamaki memberikan museum cerita yang sesungguhnya tentang pohon bonsai Yamaki Pine tersebut, bahwa mereka memiliki rekaman yang diambil di kebun Yamaki, dimana setelah ledakan bom pohon bonsai itu tidak terluka.




INFO : Pada 2015, Arboretum Nasional menghormati sejarah pohon tersebut karena merupakan peringatan 70 tahun pemboman Hiroshima.

Saat ini pohon bonsai Yamaki Pine telah berusia 395 tahun.


Sandai Shogun no Matsu


  • Usia : 500 Tahun
  • Lokasi : Tokyo Imperial Palace, Jepang
  • Spesies : Pine
  • Pemilik : Tokyo Imperial Palace


Sandai Shogun no Matsu adalah pohon pinus jarum, dan ini termasuk salah satu harta karun Jepang. Bonsai Sandai Shogun no Matsu diperkirakan berumur lebih dari 500 tahun dan dinamai Shogun Tokugawa Iemitsu.

Iemitsu memiliki pohon bonsai ini ketika pohon tersebut sudah berusia sekitar 200 tahun dan sejak itu, bonsai ini telah diturun-temurunkan dari kaisar ke kaisar.

Pohon bonsai Sandai Shogun no Matsu telah dirawat oleh kaisar Jepang selama lebih dari 500 tahun dan saat ini, Sandai Shogun no Matsu dipamerkan dalam koleksi Tokyo Imperial Palace.


Red Pine Akao Herb & Rose Garden


  • Usia : 600 Tahun
  • Lokasi : Akao Herb & Rose Garden, Jepang
  • Spesies : Red Pine
  • Pemilik : Akao Herb & Rose Garden

Red Pine

Bonsai Red Pine (pinus merah) yang terletak di Akao Herb & Rose Garden di Atami, Jepang. Bonsai Red Pine ini bukan hanya salah satu pohon bonsai tertua, tetapi diyakini sebagai bonsai terbesar di dunia. Usianya sendiri diperkirakan lebih dari 600 tahun.

Ukurannya terlihat tidak biasa untuk bonsai, tapi pinus merah ini masih memenuhi syarat sebagai pohon bonsai karena secara teknis masih tumbuh di dalam pot.

Karena Bonsai Red Pine ini sangat besar, jadi harus ditambahkan penunjang dan berbagai alat bantu agar tidak roboh saat tertiup angin.


Kunio Kobayashi Bonsai


  • Usia : 800 Tahun
  • Lokasi : Musuem Bonsai Shunkaen, Jepang
  • Spesies : Juniperus
  • Pemilik : Kunio Kobayashi

Kunio Kobayashi Bonsai

Musuem Bonsai Shunkaen yang dimiliki dan dioperasikan oleh Kunio Kobayashi, adalah rumah bagi dua pohon bonsai tertua di dunia, yang keduanya diperkirakan berusia lebih dari 800 tahun.

Kunio Kobayashi adalah master bonsai yang telah berlatih seni selama lebih dari 30 tahun. Kobayashi membuka Museum Bonsai Shunkaen pada tahun 2002 untuk membantu menyebarkan budaya Jepang, khususnya seni bonsai dan memamerkan karya yang dilakukan oleh dia dan murid-muridnya.


Juniper Bonsai Mansei-en


  • Usia : 1.000 Tahun
  • Lokasi : Mansei-en, Jepang
  • Spesies : Juniperus
  • Pemilik : Kato

Juniper Bonsai Mansei-en

Pohon bonsai Juniper yang berumur lebih dari 1.000 tahun terletak di kebun pembibitan bonsai Mansei-en yang dimiliki oleh keluarga Kato.

Pohon Juniper ini diambil dari belantara di Jepang dan setelah diuji, umurnya lebih dari 1.000 tahun.

Mansei-en adalah salah satu dari enam kebun bonsai terkenal di Jepang yang membentuk Desa Bonsai Omiya. Mansei-en adalah taman tertua yang terletak di desa tersebut karena keluarga Kato telah memiliki taman ini sejak abad ke-19 dan secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 1925.



Taman Mansei-en juga merupakan rumah pohon-pohon bonsai tua di dunia, termasuk pohon Shimpaku Juniper yang berusia 700 tahun.


Ficus Retusa Linn


  • Usia : 1.000 Tahun
  • Lokasi : Museum Bonsai Crespi, Italia
  • Spesies : Ficus Retusa
  • Pemilik : Luigi Crespi

Ficus Retusa Linn

Ficus Retusa Linn (jenis pohon Ara yang masih kerabat dekat Ficus Benjamina / Beringin) yang ada di Museum Bonsai Crespi, Italia, diyakini sebagai pohon bonsai tertua di dunia yang diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun. Luigi Crespi, pendiri Musuem Bonsai Crespi menghabiskan sepuluh tahun mencoba untuk mendapatkan kepemilikan pohon bonsai ini dan ia berhasil mendapatkannya pada tahun 1986.

Pohon itu sebelumnya telah dirawat dan dibentuk oleh penguasa Cina dan selama tahun-tahun pertamanya di Italia, Ficus Retusa Linn dibentuk oleh master bonsai Jepang Shotaro Kawahara.

Crespi dan Alberto Lavazza sejak itu merawat pohon ini. Setelah Museum Bonsai Crespi didirikan pada tahun 1991, pohon itu ditempatkan di pagoda kaca dan menjadi pusat dari museum.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Pohon Bonsai Tertua Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel