Canyonlands: Surganya Bonsai Juniper Di Alam Liar

Juniper Tree at Canyonlands

Pernah melihat wallpaper di komputer atau ponsel yang bergambarkan tebing-tebing curam berwarna coklat kemerahan? Jika pernah, itu adalah salah satu sisi tebing yang ada di Canyonlands National Park.

Taman Nasional Canyonlands adalah taman yang terletak di Utah tenggara, dekat kota Moab, Amerika Serikat. Taman ini dilindungi untuk melestarikan lanskap penuh warna yang terkikis menjadi banyak ngarai, mesa, dan buttes oleh sungai Colorado, sungai hijau, dan anak sungai lainnya.

Ada 4 distrik di dalam taman seluas 1.366 kilometer ini, yaitu Pulau di Langit (Sky), Jarum (Needles), Labirin (Maze), dan sungai-sungai gabungan (Combined Rivers) yang mengukir dua ngarai besar ke dataran tinggi Colorado.



Sementara itu, di wilayah Canyonlands masih terasa suasana gurun primitif, dimana masing-masing distrik mempertahankan karakternya sendiri.


Canyonlands National Park Wallpaper
Canyonlands National Park (Source : WallpaperStock.net)


Sampai saat ini, Canyonlands masih sebagai tempat rekreasi yang populer di seluruh dunia sejak 2007. Lebih dari 400 ribu orang telah mengunjungi taman ini setiap tahunnya dengan catatan pengelola taman mengungkapkan ada 776 ribu pengunjung pada tahun 2016 lalu.

Ada beragam kehidupan flora dan fauna yang hidup di tanaman Canyonlands, diantaranya adalah Pohon Juniper dan Zaitun.

Bagi penggemar tanaman hias jenis bonsai, Canyonlands adalah surga yang indah dan cocok untuk melihat-liat serta mengabadikan dengan foto dan video dari bentuk alami pohon-pohon berusia puluhan sampai ratusan tahun tersebut.

Ditaman Canyonlands, hamparan pohon tua yang mirip bonsai sangatlah banyak, sampai-sampai tak terhitung jumlahnya. Jarang yang tinggi, justru pohon-pohon disana menyesuaikan kondisinya dengan lingkungan, yaitu tumbuh secara horizontal tidak teratur dan lebih dekat ke darat daripada meninggi keatas. Penyebabnya adalah tiupan angin dataran tinggi yang terus menerus menerpa sepanjang hari.

Berikut ini beberapa potret pohon juniper dan zaitun yang ada di Taman Nasional Canyonlands.


Juniper Tree on Canyonlands 1


Juniper Tree on Canyonlands 2


Juniper Tree on Canyonlands 3


Juniper Tree on Canyonlands 4


Juniper Tree on Canyonlands 5


Juniper Tree on Canyonlands 6




Juniper Tree on Canyonlands 7


Juniper Tree on Canyonlands 8


Juniper Tree on Canyonlands 9


Juniper Tree on Canyonlands 10


Juniper Tree on Canyonlands 11


Juniper Tree on Canyonlands 12


Juniper Tree on Canyonlands 13


Juniper Tree on Canyonlands 14


Juniper Tree on Canyonlands 15


Juniper Tree on Canyonlands 16




Juniper Tree on Canyonlands 17


Juniper Tree on Canyonlands 18


Juniper Tree on Canyonlands 19


Juniper Tree on Canyonlands 20


Selain pohon yang masih hidup, juga banyak bertumbangan bangkai pohon juniper dan zaitun yang sudah mati karena faktor usia atau iklim alam yang keras. Itu tampak seperti kayu mati pada bonsai kelas bintang, dimana bentuk kayu matinya terkupas, melilit, bahkan berantakan, yang membuatnya sangat eksotis.


Dead Juniper Tree on Canyonlands 1


Dead Juniper Tree on Canyonlands 2


Dead Juniper Tree on Canyonlands 3


Sekali lagi, sebagai tempat wisata terkenal, Canyonlands tetap mempertahankan bentuk alaminya. Pengunjung dilarang keras untuk merusak,melukai, ataupun membawa pulang berbagai flora dan fauna yang ada disana.



Bisa dikatakan taman Canyonlands adalah surganya bonsai juniper dan zaitun yang paling indah di dunia karena terbentuk secara natural.

Ketika salah satu pohon diatas masuk ke dalam pot bonsai, itu bisa langsung memiliki nilai seni yang tinggi dan bentuk yang indah. Meski pada kenyataannya hanyalah pohon dari alam liar yang tumbuh secara tidak normal, yang justru menjadi keindahan tak ternilai.

Tertarik jalan-jalan ke taman Canyonlands?

Jangan khawatir capek jalan kaki berkilo-kilometer jauhnya, disana diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat. Bahkan, jika kamu ingin lebih sehat, bisa memakai sepeda lho.

Belum ada Komentar untuk "Canyonlands: Surganya Bonsai Juniper Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel