Cara Daftar Google Adsense Dari HP Android Agar Diterima

Cara Daftar Adsense

Selamat ulang tahun Indonesia yang ke 74! Hari ini bertepatan tanggal 17 Agustus 2019 saya ingin berbagi informasi mengenai cara daftar adsense, khususnya melalui browser google chrome di hp android.

Melakukan pendaftaran Google Adsense kini semakin mudah, bahkan bisa dilakukan dari browser chrome di hp android kita. Hanya dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti intruksi yang ada di layar, maka kita bisa memiliki akun Adsense.

Apakah semudah itu?

Tentu tidak. Sebelum mendaftar ke Google Adsense, pastikan terlebih dulu apakan blog atau website yang kamu miliki sudah sesuai dengan standar yang dianjurkan untuk pengajuan Adsense atau belum, untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca postingan saya sebelumnya di artikel yang berjudul 8 Tips Sebelum Daftar Google Adsense. Pasalanya, Adsense adalah periklanan milik Google yang benar-benar ketat dalam penyeleksian, blog atau web yang ingin ikut berpartisipasi harus sesuai dengan standar yang mereka tentukan.

Lalu bagaimana agar diterima Adsense?

Sebenarnya, standar blog atau web untuk bisa berpartisipasi dalam Adsense tidaklah begitu rumit, kita hanya dianjurkan untuk membuat konten yang original dan informatif, dengan tata bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EyD.

Juga gambar, setiap blogger dan webmaster biasnya akan menyisipkan gambar pada sebuah konten artikel dengan tujuan sebagai gambar ilustrasi maupun tutorial (panduan) seperti artikel ini contohnya. Gambar bisa menggunakan foto asli dari jepretan hp kita, buatan online photo editor, atau gambar referensi dari sumber lain dan sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan.



Lainnya, mungkin hanya dasar-dasar dari SEO (Search Engine Optimization) dan topik yang dibahas. Google Adsense hanya akan menerima web dan blog yang membicarakan topik umum, diluar dari topik yang dilarang seperti yang diungkapkan pada halaman kebijakan Adsense.

Jika kamu memiliki blog atau website yang dirasa tidak melanggar standar mereka, bisa dipastikan kamu dapat langsung mendaftar dan ikut berpartisipasi untuk menjadi penayang iklan Adsense (publisher).

Oke kita langsung ke pokok pembicaraan mengenai cara daftar Google Adsesnse, berikut langkah-langkahnya.


PERSIAPAN :
  • Blog / Website (sudah sesuai dengan standar Adsense)
  • Akun Gmail untuk mendaftar Adsense
  • Browser HP / Komputer (Usahakan memakai Google Chrome)
  • Koneksi Internet


Cara Daftar Google Adsense Dari HP Android Agar Diterima


1. Buka alamat Adsense di https://www.google.com/adsense/ jika di browser sudah login dengan Gmail atau akun Google, maka kamu akan langsung melihat halaman untuk mengisi formulir pendaftaran.


Formulir Pendaftaran Adsense


Tapi jika belum login, silahkan login terlebih dahulu untuk bisa mengisi formulir dan mendaftar.


2. Isi kolom formulir alamat blog atau web (jangan sampai ada kesalahan dalam pengetikkan), negara, dan email kamu.


Alamat Website dan Negara


3. Pilih jenis akun perorangan dan lanjutkan dengan mengisi data diri secara lengkap sesuai KTP.


Jenis Akun Adsense


4. Setelah selesai, kamu akan menemukan kode yang harus ditempelkan pada template / tema blog atau website kamu.


Letakkan Kode Adsense


5. Salin kode tersebut dan tempelkan tepat diatas kode <*/head> pada template blog.


Pasang Kode Adsense di Wordpress

INFO : Karena saya menggunakan Wordpress, jadi kode tersebut diletakkan pada bagian header.php tema dengan cara buka Dasbor WP > Tampilan > Theme Editor > header.php disinilah letak <*/head> yang bisa kamu pasangi kode dari Adsense.

Sedangkan diblogger, cukup dengan membuka Dasbor Blogger > Tema > Edit HTML lalu cari kode <*/head> dengan pencarian atau hotkey CTRL + F.




CATAT : Ada dua jenis akun Adsense yang bisa didapatkan oleh pengguna (blogger/webmaster), yaitu Adsense Hosted dan Non-hosted. Cara mengetahui dan membedakannya sudah pernah saya bahas disini.


6. Klik selesai atau simpan jika kode sudah dipasang, kemudian kembali ke Adsense dan klik selesai.


Adsense Selesai


Maka Adsense akan mendeteksi otomatis apakah kode sudah terpasang atau belum di blog atau web kamu.


7. Sesudah itu kamu hanya perlu menunggu email pemberitahuan di inbox email yang kamu gunakan untuk mendafatar Adsense yang biasanya akan diberitahukan dalam kurun waktu 3-7 hari (kadang bisa lebih).


Sampai disini kamu sudah bisa mendaftar Adsense, namun diterima atau tidak adalah hal terpentingnya. Jika ditolak, bacalah dengan cermat apa kata-kata yang mendasari blog atau web kamu tidak diterima.

PENTING : Alasan mengenai penolakan tidak akan diberitahukan oleh pihak Adsense, namun kita sendirilah yang harus intropeksi dimana kesalahananya.

Tapi, jika email dari Adsense berisi pesan Selamat, itu berarti pendaftaran kamu telah disetujui dan bisa langsung menayangkan iklan.


Diterima Adsense


Memulai Adsense


Ada beberapa faktor yang menyebabkan blog atau web tidak diterima Adsense. Faktor paling umum ialah tidak adanya halaman Syarat dan Ketentuan (Terms of Services), Kebijakan (Privacy Policy), Tentang (About Us), dan Kontak (Contact). Alasan lainnya adalah menu navigasi blog atau web yang mungkin berantakan atau bisa juga dikarenakan kamu membuat konten duplikat (menyalin/copas artikel) dari blog orang lain, dan itu tidak diperkenankan oleh Adsense.



Perlu diketahui, Google Adsense tidak akan menerima blog atau web yang berisi konten dengan pelanggaran hak cipta yang begitu banyak seperti menyalin konten teks dari situs web atau blog orang lain, membuat artikel tanpa informasi yang memadai (nanggung), membagikan software / game cracked, dan berbagai kategori serupa lainnya.

Tak ada cara lain untuk mengatasi masalah penolakan Adsense selain memperbaiki semua masalah sampai selesai. Oleh karena itu, jika blog atau website kamu belum rampung dibuat atau masih berantakan, jangan terburu-buru untuk mendaftar Google Adsense. Rapihkanlah tampilan dan artikel agar tim review Adsense tertarik dan akhirnya menerima blog atau website kamu untuk bergabung.

Jika kamu rasa masih ada yang membingungkan, jangan ragu untuk mendiskusikannya dikolom komentar dibawah ini. Mari sama-sama kita belajar dengan tidak saling sikut-sikutan, tapi lebih indah jika kita semua saling rangkul.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar