Cara Kompres Gambar Offline Tanpa Merubah Resolusi

Cara Kompres Gambar Offline Tanpa Merubah Resolusi

Memperkecil ukuran file gambar adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap blogger dan webmaster untuk memaksimalkan kecepatan load halaman. Semakin kecil ukuran gambar yang ada di halaman, semakin cepat pula halaman tersebut dimuat.

Jika kamu adalah blogger atau webmaster yang mengelola blog ataupun website, tentu kamu harus mempertimbangkan manakah software atau aplikasi terbaik untuk mengompres gambar tanpa merubah resolusinya.

Di artikel sebelumnya tentang Cara Optimasi Blog saya menyarankan untuk menggunakan TinyJPG, namun karena itu semacam situs web, jadi kita harus online untuk mengupload dan mendownload gambar yang ingin di kompres. Cukup menguras kuota apabila gambar yang kita ingin kompres memiliki ukuran yang besar, misalnya gambar hasil potert dari smartphone canggih masa kini. Biasanya gambar original dari potretan smartphone memiliki ukuran diatas 3 Mb bahkan lebih jika kamera dari smartphone smakin tinggi Megapixel-nya.



Solusi terbaik agar menghemat waktu dan kuota ialah memakai software atau aplikasi offline yang serupa dengan TinyJPG. Software gratis dan tidak repot saat mengompres gambar adalah pilihan yang tepat dan diinginkan semua orang.

Nah disini saya menemukan salah satu software gratis untuk mengompres gambar secara offline. Selain itu, software ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami. Berikut ini tampilannya :


Caesium Image Compressor


Caesium namanya, sofware buatan SaeraSoft ini mampu mengompres gambar dengan kualitas yang kita inginkan. Sebagai contoh, saya memiliki gambar dengan ukuran file 300 kB, lalu saya kompres dengan kualitas 80% dan hasil gambar kompres-an tersebut memiliki ukuran 70 kB tanpa merubah resolusi gambar wow!


Perbandingan Gambar Sebelum Dan Sesudah Di Kompres


Intinya, semakin rendah kualitas yang dipilih, maka gambar akan semakin rendah / blur. Jadi, memilih 80% sebagai quality sebelum mengompres gambar adalah pilihan yang paling tepat.



Cara memakai Caesium juga sangat mudah, hanya 4 langkah kamu bisa melakukan pengompresan gambar.


Cara Menggunakan Caesium Image Compressor


Apabila kamu tertarik menggunakan Caesium& untuk mengompres gambar offline tanpa merubah resolusi, kamu bisa download softwarenya di situs resmi SaeraSoft disini.

INFO : Tak hanya membuat software untuk komputer saja, SaeraSoft juga membuatnya untuk Android dan versi Online Web juga lho. Untuk versi aplikasi Android kamu bisa mencari Caesium di Playstore dan mendownloadnya, sedangkan untuk versi Web Online bisa di akses langsung di alamat caesium.app.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kompres Gambar Offline Tanpa Merubah Resolusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel