Cara Lihat File EPS, PSD, AI Tanpa Software Adobe

Adobe Logo.png

Komputer yang belum menginstall software besutan Adobe tentu tidak bisa melihat file dalam ekstensi tertentu seperti EPS, PSD, PS, AI, dll. Namun, software sederhana buatan ideaMK mampu melihat beragam jenis file dengan ekstensi tersebut.

Jika kamu memiliki salah satu dari jenis file ekstensi Adobe, mungkin software ini sangat perlu kamu install di komputer atau laptop. Selain mempermudah saat melihat dan meng-convert, software-software buatan ideaMK juga 100% gratis.

Apa-apa saja software yang ditawarkan ideaMK?



Berikut ini deretan software gratis untuk melihat dan meng-convert berbagai jenis file Adobe dan CorelDRAW.


1. EPS Viewer


EPS Viewer

EPS adalah singkatan dari Encapsulated PostScript, file dengan ekstensi ini biasanya digunakan oleh aplikasi photo editor. Pada dasarnya file tersebut adalah sebuah format grafis untuk gambar vektor yang dibuat menggunakan Adobe Illustrator.


2. AI Viewer


AI Viewer

AI adalah format file grafik yang dibuat oleh Adobe. Nama AI ini adalah kependekan dari Adobe Illustrator Artwork. File AI berbasis vektor yang terkandung dalam satu halaman. Konten file AI dapat digunakan secara luas karena grafik mempertahankan detailnya pada tingkat zoom maksimum. File AI sangat mirip dengan file EPS kecuali mereka memiliki sintaks yang terbatas dan ringkas.


3. PS Viewer


PS Viewer

PS adalah singkatan dari PostScript, idalah sebuah format file gambar vektor. File PS bertipe dinamis, konkatenatif, dan dibuat oleh beberapa orang yaitu John Warnock, Charles Geschke, Doug Brotz, Ed Taft dan Bill Paxton pada tahun 1982.




4. PSD Viewer


PSD Viewer

PSD adalah format file default dari software Adobe Photoshop. File PSD menyimpan semua informasi dari gambar termasuk edit dan fungsi lain dari editing Photoshop.


5. STP Viewer


STP Viewer

STP adalah ekstensi file perakitan 3D yang didukung oleh sejumlah software desain mekanik dan digunakan sebagai format pertukaran data model produk 3D.


6. STL Viewer


STL Viewer

File STL adalah ekstensi file yang dipakai pada software 3D printer sebelum diubah kedalam format G-Code.


7. IGS Viewer


IGS Viewer

Initial Graphics Exchange Specification (IGES) dan digunakan untuk menjadi standar yang banyak digunakan untuk mentransfer model 3D antara berbagai software CAD. Namun, banyak software juga mengandalkan format file .STP untuk tujuan yang sama.


8. CR2 Viewer


CR2 Viewer

CR2 kependekan dari Canon Raw Versi 2 adalah format file fotografi digital RAW yang dibuat oleh Canon Inc. Merupakan salah satu file gambar mentah yang dapat menyimpan semua informasi gambar asli, sehingga menjadikannya format yang sangat baik untuk semua fotografer profesional atau penggemar fotografi.




9. PLT Viewer


PLT Viewer

PLT adalah jenis format file yang digunakan oleh berbagai software desain dan printer untuk membuat dokumen plotter yang dapat dicetak. Ekstensi file PLT dapat diskalakan ke berbagai ukuran tanpa kehilangan kualitas.


10. CDR Viewer


CDR Viewer

CDR adalah ekstensi file gambar vektor yang dibuat dengan CorelDRAW, sebuah ilustrasi vektor dan program tata letak. File CDR berisi dokumen yang teks, garis, bentuk, gambar, warna, dan efek. File CDR digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen seperti surat, brosur, tabloid, amplop, kartu pos, halaman web, dan spanduk web.


11. DDS Viewer


DDS Viewer

DDS adalah ekstensi file gambar yang disimpan dalam format gambar raster yang digunakan oleh Microsoft DirectX untuk menyimpan tekstur dan lingkungan. File ini dapat menyimpan format piksel terkompresi dan tidak dikompres. Juga, terkadang digunakan untuk menyimpan Wallpaper Desktop Windows.



Seluruh software viewer buatan ideaMK mampu berjalan dengan baik di Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan 10.

Namun perlu diperhatikan, untuk menjalankan software viewer kamu diharuskan untuk menggunakan NET Framework 3.5 atau versi yang lebih baru. Untuk mengetahui versi NET Framework di komputer atau laptop, kamu bisa menggunakan cara ini.

Selain gratis, software viewer diatas juga memiliki ukuran yang terbilang kecil dan bisa di andalkan untuk banyak keperluan. Sangat cocok untuk diinstall pada komputer jadul yang tidak mampu menginstall software Adobe.

Belum ada Komentar untuk "Cara Lihat File EPS, PSD, AI Tanpa Software Adobe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel