Cara Menanam Delima Dari Biji (Semai Biji Delima)

Buah Delima

Delima adalah pohon buah yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Buah delima bisa untuk dimakan langsung atau diolah menjadi rujak dan berbagai minuman penyegar dengan rasa asam, manis, dan sepat.

Di Indonesia buah delima sering dijadikan rujak untuk 7 bulan, dimana rujak tumbuh yang dilengkapi dengan biji buah delima ini terasa sangat khas.

Pohon delima sendiri dapat tumbuh hingga ketinggian 2 sampai 5 meter dengan bentuk perdu. Batangnya berjenis kayu keras, ranting bersegi, percabangan banyak (tapi mudah patah) dan berwarna hijau ketika masih muda, dan coklat setelah tua.



Daun delima bertangkai pendek dan berkelompok. Sedangkan buah delima sendiri berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi warna ungu, merah atau tetap hijau namun lebih tua (tergantung jenisnya). Biji buah delima banyak terkandung senyawa polifenol.

Di negara kita ad tiga jenis pohon delima yang dikenal masyarakat, yakni delima putih, delima merah, dan delima ungu.

Pengembangbiakan delima ada berbagai macam cara, mulai dari setek batang, cangkok, dan semai biji.


Cangkok Pohon Delima


Jika kamu ingin mengembangbiakkan atau memperbanyak pohon delima, bisa dengan salah satu cara diatas. Umumnya, perbanyakan pohon delima dengan cara semai dari biji buahnya, karena cara ini dianggap paling mudah untuk menumbuhkannya.


Bagaimana cara menanam delima dari biji?


Apabila kamu ingin menanam delima dari bijinya, bisa mengikuti panduan dibawah ini.




PERSIAPAN :

  • Buah Delima Matang
  • Pisau
  • Pot / Pot Tray
  • Media Tanam


Setelah semua sudah kamu miliki, sekarang bisa langsung memulai untuk menanamnya.


Cara Menanam Delima Dari Biji (Semai Biji Delima)


1. Kupas buah delima dengan pisau dan pilih biji yang tidak terkena goresan pisau, kemudian singkirkan daging buah yang menutupi biji dengan cara mencucinya dengan air bersih.


Biji Delima


2. Isi pot atau pot tray dengan media tanam. Hampir semua media tanam bisa untuk perkecambahan biji delima, tapi yang paling baik adalah tanah gembur bercampur pasir halus dan sedikit kerikil kecil, atau bisa juga dengan media tanam siap pakai yang banyak dijual di toko tanaman hias.


Semai Biji Delima


3. Timbun biji delima yang sudah dicuci bersih sedalam 1 cm dan simpan ditempat yang teduh namun terkena cahaya matahari (bukan sinar matahari langsung, hanya cahanyanya saja).




4. Siram sehari satu kali atau saat media tanamnya terlihat kering. Jangan terlalu banyak air apalagi sampai menggenang.

INFO : Delima adalah pohon yang harus terkena sinar matahari sepanjang hari (full sun), jadi sangat tidak dianjurkan untuk menempatkannya ditempat basah / lembab.


5. Tunggu beberapa waktu, biasanya perkecambahan delima akan dimulai pada hari ke 7 sampai 21.


Bibit Pohon Delima


6. Kesabaran dibutuhkan untuk menunggu biji delima tersebut berkecambah dan menjadi bibit pohon delima yang sudah berdaun.


Bibit Pohon Delima Di Pot


7. Setelah bibit agak besar, pindahkan ke pot yang lebih besar dan letakkan ditempat teduh, setelah ketinggian diatas 30 cm atau batang pohonnya sudah mulai berwarna kecoklatan, barulah bisa diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.


Nah, begitulah cara menanam delima dari biji yang paling mudah untuk dilakukan.



Selain banyak manfaat dari buahnya, pohon delima juga sering digunakan sebagai tanaman hias jenis bonsai dimana tanaman ini memang indah dan cantik bila dikerdilkan.


Bonsai Delima 01


Bonsai Delima 02


Bonsai Delima 03


Bonsai Delima 04


Bonsai Delima 05


Bonsai Delima 06


Menurutmu bagaimana dengan delima bonsai diatas? Apakah sudah membuatmu tertarik untuk menanam pohon delima dirumah?

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Delima Dari Biji (Semai Biji Delima)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel