Cara Tanam Pohon Buah Renda (Carissa Carandas) Dari Biji

Buah Renda

Pembudidayaan tanaman buah renda di Indonesia masih sangat sedikit, bahkan dibeberapa daerah tanaman ini sulit untuk ditemukan.

Pohon buah renda sering disebut dengan beragam nama oleh masyarakat, diantaranya adalah Kerendang, Rendang, Renda, Kerenda, Samarinda, Senggaritan, Natal, dan banyak lagi. Nama ilmiah buah renda sendiri ialah Carissa Carandas, yaitu tanaman asli India.

Tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi manusia seperti obat tradisional dan bahan pangan. Zat-zat yang terkandung dalam buah renda meliputi Zat Besi, Vitamin C, Vitamin A, Kalsium dan Fosfor.

Tak sedikit juga masyarakat yang mencari tanaman renda untuk dijadikan bonsai, karena bentuk fisik dan ciri-ciri pohon renda cocok untuk menjadi tanaman bonsai yang indah.



Sebenarnya, mudah untuk membudidayakan pohon buah renda, bisa dengan cara stek batang, cangkok, maupun menanamnya dari biji. Admin carauntukmembuat.com sendiri mencoba untuk melakukan penanam pada tanaman langka ini dengan cara semai dari bijinya.

Jika kamu juga ingin menanam pohon buah renda ini dari biji, bisa menggunakan cara yang saya gunakan. Simak dan perhatikan langkah-langkahnya dibawah ini.


Cara Tanam Pohon Buah Renda Dari Biji


1. Cari atau beli buah renda yang sudah tua. Ciri-cirinya adalah buah berwarna hitam keunguan.


Buah Renda Matang


2. Kupas buah tersebut menggunakan jari, karena cukup mudah untuk mengupas seluruh isinya.


Buah Renda Dikupas


3. Pisahkan daging buah dengan bijinya, agar lebih mudah pemisahan dilakukan di dalam air. Pastikan juga kamu mencucinya sampai bersih dan tidak ada daging buah yang tertinggal di biji.


Biji Buah Renda


4. Jemur biji yang sudah bersih dibawah terik matahari satu hari full.





5. Setelah biji sudah kering terjemur, maka kamu bisa langsung melakukan penanaman dengan media tanah subur yang banyak dijual di toko tanaman hias. Timbun sedalam 1cm dan letakkan ditempat yang teduh, lalu sirami setiap hari sekali, bagusnya sore hari menggunakan spray gun / semprotan burung. Maka dalam waktu 3-5 hari biji akan mulai berkecambah.


Kecambah Renda 3 Hari


Kecambah pohon renda ini akan tumbuh menjadi bibit dalam satu bulan atau kedepan, tergantung pada cuaca dan media tanamnya.


Kecambah Renda 5 Hari


6. Pada usia yang masih hitungan hari (dibawah 8 minggu) kecambah renda harus terus berada ditempat yang teduh dan tidak tersorot sinar matahari langsung. Setelah sudah menjadi bibit, berbatang, dan berdaun, maka sudah bisa diperkenalkan dengan sinar matahari 1-2 jam sehari (baiknya matahari pagi) dan terus bertambah lama ketika bibit semakin membesar.


Bibit Renda 8 Minggu


Jika sudah menjadi bibit dengan ketinggian diatas 20 cm, barulah bisa diletakkan dibawah sinar matahari langsung sepanjang hari. Hal ini harus dilakukan, sebab pohon buah renda adalah tanaman yang menyukai sinar matahari dan tempat yang kering. Ia justru akan subur dibawah terik matahari, namun akan layu dan mati jika ditempatkan pada area yang sejuk dan lembab.



INFO : Karena biji buah renda kecil, maka kecambah pun berbentuk kecil. Oleh karena itu, jangan meletakkan pot atau tempat penanaman semai kamu ditempat yang sering dihuni atau dilalui hewan malam seperti katak atau tikus, sebab kecambah akan mati apabila terinjak oleh hewan tersebut.

Begitulah cara tanam pohon buah renda dari biji yang bisa saya jabarkan. Untuk penanaman dengan cara stek atau cangkok pohon renda akan saya posting di artikel mendatang.

Selamat berkebun... :)

Belum ada Komentar untuk "Cara Tanam Pohon Buah Renda (Carissa Carandas) Dari Biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel