Ciri Ciri Pohon Boxus / Boxwood Di Alam Liar

Pohon Boxus

Boxus atau Boxwood adalah tanaman asli negara Inggris dan Prancis, tanaman ini juga tumbuh meliar di kedua negara tersebut. Saking liarnya, boxus bisa tumbuh di pinggiran sungai, parit, hingga tepi jalan raya dan halaman rumah warga.

Di Indonesia dan beberapa negara di Asia justru menjadikan tanaman liar yang sering dijadikan pagar oleh warga Inggris dan Prancis ini sebagai tanaman hias bonsai. Batang dari pohon boxus memang cantik, dengan warna coklat kehitaman dan bentuk yang meliuk-liuk serta dedaunan yang kecil dan lebat sehingga tanaman ini sangat cocok untuk dikerdiklan / dibonsai.

Meski di Inggris dan Prancis habitat asli tanaman boxus, namun keduanya memiliki jenis dan ciri yang berbeda. Boxus di Inggis disebut Buxus Microphylla, sedangkan yang di Prancis disebut Buxus Sempervirens.



Dari kedua jenis tersebut, tentu masih ada keturunan lainnya yang masih dari keluarga Boxus itu sendiri. Misalnya, Buxus Microphylla memiliki jenis yang berbeda seperti Buxus Microphylla Faulkner, Buxus Microphylla Japonica, dan Buxus Microphylla Koreana. Untuk Buxus Sempervirens memiliki keturunan lainnya yaitu Buxus Sempervirens Blauer Heinz, Buxus Sempervirens Emerald Pillar, Buxus Sempervirens Longifolia, Buxus Sempervirens Suffructicosa, Buxus Sempervirens Variegata, dan Buxus Topiary.

Karena banyaknya jenis tanaman boxus inilah yang membuat orang menyebutnya dengan satu nama "Boxus" meski apapun jenis / keturunannya.

Untuk informasi, dibawah ini sudah saya siapkan ciri ciri pohon boxus di alam liar yang bisa menjadi pengetahuan buat kita semua. Saya ambil contoh Buxus yang paling banyak di Indonesia.


Batang Pohon Buxus


Batang Pohon Boxus

Dari batangnya terlihat tampak seperti batang pohon tua yang sudah berumur puluhan tahun. Pada kenyataannya, batang boxus yang baru berusia beberapa tahun pun akan memiliki bentuk dan corak seperti ini. Maka dari itulah banyak pecinta bonsai yang menyukai batang dari pohon boxus.


Daun Pohon Buxus


Daun Pohon Boxus

Daun boxus berbentuk kecil seperti daun pohon santigi / stigi.



Bunga Pohon Buxus


Bunga Boxus

Bunga dari pohon boxus berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Gambar diatas adalah bunga dari pohon boxus microphylla atau yang akrab disebut "Sinica" di Indonesia.

Ada banyak tanaman lain yang mirip dengan daun dan bunga Boxus, namun perlu dicatat, tanaman ini bukan tanaman asli Indonesia. Jadi, tidak mungkin tumbuh di belantara liar tanah air kita, kecuali memang ada orang yang dengan sengaja membuangnya lalu tumbuh.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar