Ciri Ciri Pohon Namnam Di Alam Liar

Pohon Namnam

Pohon Namnam adalah jenis tanaman buah yang sering dijadikan pagar (tanaman pagar). Tanaman berbuah dengan rasa asam manis ini dikenal juga dengan nama lain di daerah-daerah tertentu seperti Namu-Namu, Namo-Namo, Namet, Namute, Lamute, Lamuta, Klamute, dan beberapa nama daerah lainnya di Indonesia.

Namnam dalam bahasa ilmiah disebut Cynometra Cauliflora sering ditanam masyarakat Indonesia sebagai tanaman peneduh halaman depan rumah atau untuk diambil buahnya. Buah namnam yang matang berasa asam manis segar, bisa dimakan langsung atau dijadikan bahan campuran rujak, asinan, dan manisan. Selain itu bisa juga dijadikan campuran sambal.

Pohon Namnam dulunya sangat banyak tumbuh dihampir setiap wilayah Indonesia, entah itu dikebun, halaman rumah, atau parit. Namun saat ini namnam menjadi salah satu pohon yang sulit untuk ditemukan di alam liar. Selain menjadi buruan penghobi bonsai untuk dijadikan tanaman bonsai, namnam juga tidak dibudidayakan secara khusus, dan bukan termasuk tanaman yang dilindungi. Sayang sekali ya, jika terus seperti ini dalam beberapa dekade mendatang mungkin pohon namnam akan punah di alam liar.



Oke buat kamu yang ingin mengetahui ciri ciri pohon namnam di alam liar, silahkan memperhatikan cirinya dibawah ini.


Ciri Ciri Batang Namnam

Batang Pohon Namnam

Batang pohon naman padat dan keras, dengan kulit batang yang halus berbintik kecoklatan atau abu-abu. Pohonnya memiliki ketinggian antara 3 sampai 15 meter di alam liar, dengan bentuk bonggol yang cukup besar. Berdaun agak rapat, dengan dahan dan ranting yang berkelak-kelok.


Ciri Ciri Daun Namnam

Daun Pohon Namnam

Daun namnam termasuk jenis majemuk dengan sepasang anak daun bertangkai 2 sampai 8 mili. Daun yang masih muda berwarna putih atau merah jambu terang dan menggantung lemas.


Ciri Ciri Buah Namnam

Buah Pohon Namnam

Bunga Namnam berupa tandan kecil dengan deretan daun pelindung 4 sampai 5 tandan berdesakan pada tonjolan yang muncul di batang hingga mendekati tanah. Saat masih berbunga, bunganya berbentuk kecil-kecil dan kelopaknya berwarna merah jambu atau putih.


Habitat Namnam




Tanaman ini tumbuh di hampir seluruh wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, dan India. Dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dan tanah yang subur. Tanaman namnam menyukai tempat-tempat terbuka dan datar.


Itulah ciri ciri pohon namnam di alam liar yang bisa carauntukmembuat.com sampaikan. Jika kamu menemukan pohon ini di habitatnya, jangan mengusik atau mendongkelnya ya. Sebaiknya dikembangbiakkan saja dari biji buahnya dengan cara di semai agar tidak punah dari alam liar.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Namnam Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel