Ciri Ciri Pohon Ulmus / Elm Di Alam Liar

Pohon UImus

Banyak pecinta bonsai diberbagai negara, khususnya di Asia menjadikan tanaman yang akrab disebut Ulmus ini sebagai pilihan terbaik untuk dijadikan tanaman bonsai. Ulmus sendiri adalan nama ilmiah yang berikan kepada pohon Elm.

Elm ialah pohon berbatang keras asli Asia yang sekarang ini sudah merambah ke berbagai negara termasuk Eropa dan Amerika Utara. Pohon Elm sendiri mudah tumbuh dilingkungan tropis, namun ia membutuhkan drainase yang baik.

Pohon Elm bisa tumbuh dengan sangat subur jika bertempat yang dekat dengan air, namun tidak terkena air atau bisa dibilang tempat yang sejuk.



Di Indonesia ada beragam varian jenis Ulmus yang bisa ditemukan di toko penjual tanaman hias karena tanaman ini sudah lama menjadi salah satu tanaman hias meskipun bisa tumbuh dengan ketinggian 15 - 20 meter.

Di negara asal bonsai, Jepang, pecinta bonsai disana justru melestarikan tanaman ini karena dianggap indah meskipun hanya ditanam biasa (tidak dibuat bonsai).

Buat kamu yang ingin tahu ciri ciri pohon ulmus atau elm di alam liar, dibawah ini sudah saya sediakan cirinya yang bisa kamu perhatikan.


Batang Pohon Ulmus


Batang Pohon Ulmus

Ulmus termasuk pohon berbatang keras yang memiliki ciri khas pada corak di kulit batangnya. Dengan warna coklat kehitaman (ada juga yang abu-abu kehitaman dari jenis yang berbeda) dan mengelupas seperti batang pohon asem jawa.




Daun Pohon Ulmus


Daun Pohon Ulmus

Daun ulmus bergerigi seperti daun pohon serut, berwarna hijau cerah pada daun yang masih muda dan hijau pekat pada daun yang sudah tua.


Bunga Pohon Ulmus


Bunga Pohon Ulmus

Pohon ulmus juga memiliki bunga yang berbentuk kecil dan berwarna putih. Bunga ulmus sangat sederhana dan mudah untuk dibedakan dengan bunga dari jenis pohon lain di alam liar.



Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, di Indonesia dan Asia ada beragam jenis tanaman Ulmus. Meskipun semuanya dikategorikan dalam satu nama, namun tetap ada yang membedakan antara kesemuanya.

INFO : Di internet masih sangat sedikit situs web yang membahas secara mendetail tentang pohon ini. Jadi, saya sendiri pun masih belum tahu persis ada berapa jenis pohon ulmus yang tumbuh di Asia dan Indonesia.

Pohon yang masuk dalam kategori langka ini memang sulit untuk ditemukan di alam liar. Meski belum masuk dalam daftar pohon yang dilindungi, tapi beberapa daerah tertentu di Indonesia ditumbuhi pohon ini dengan sangat subur dan rindang.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Ulmus / Elm Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel