Ciri Ciri Pohon Waru Di Alam Liar

Pohon Waru

Pohon waru yang memiliki nama ilmiah Hibiscus Tiliaceus sudah lama dikenal masyarakat sebagai pohon peneduh pinggiran jalan. Pohon ini biasanya tumbuh di tepi sungai, pematang sawah, dan pesisir pantai.

Meskipun daun di pohon waru tidak terlalu rimbun, pohon waru disukai masyarakat karena akarnya yang tidak dalam masuk ke tanah, sehingga tidak merusak area di sekitarnya. Pohon waru sendiri dapat dikembangbiakkan melalui cara stek. Namun, aslinya tanaman ini dibididayakan dengan cara semai biji.

INFO : Memakai cara stek untuk perkembanganbiakan pohon waru agak sulit, sebab tunas yang baru tumbuh mudah sekali mati.



Pohon waru berasal dari daerah tropis di Pasifik barat, namun sekarang tersebar luas di seluruh wilayah Pasifik dan dikenal dengan berbagai nama seperti Beach Hibiscus, Tewalpin, Sea Hibiscus, atau Coastal Cottonwood (dalam bahasa Inggris), Hau (dalam bahasa Hawaii), dan Purau (dalam bahasa Tahiti). Di Indonesia pohon waru juga memiliki banyak nama seperti Baru, Baru Dowongi, Haru, Halu, Faru, Fanu, dan banyak lagi lainnya.

Jika kamu ingin mengetahui ciri ciri pohon waru di alam liar, dibawah ini sudah saya siapkan cirinya.


Batang Pohon Waru



Batang Pohon Waru


Batang pohon waru berwarna abu-abu kehitaman dan memiliki corak di kulit batang yang sangat ciri khas.


Daun Pohon Waru



Daun Pohon Waru


Daun waru jika dilihat dari dekat tampak seperti daun lompong, namun daun waru berbentuk kecil.




Bunga Pohon Waru



Bunga Pohon Waru


Bunga waru tampak indah dan berwarna putih perpaduan kuning cerah. Serta, didalam bunganya terdapat kelopak-kelopak kecil berwarna merah hati.


Bunga Kering Pohon Waru


Setelah kelopak bunga berguguran maka akan menyisakan bagian kering dari bunga yang berisi biji-biji kecil. Biji itulah yang dapat ditanam / semai untuk mengembangbiakkan waru.



Setelah melihat gambar diatas kamu pasti pernah kan melihat pohon waru ini, hanya saja saat itu pasti tidak tahu jika nama pohon ini adalah waru.

Sekarang pohon waru semakin susah untuk ditemui di kota-kota besar juga pinggiran kota. Pohon ini sekarang hanya ada dipedesaan dan di daerah yang jauh dari hirup-pikuk kota. Apabila kamu ingin melihat secara langsung bisa mengunjungi pematang sawah, tepi sungai, pesisir pantai, dan pinggir jalan di pedesaan.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Waru Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel