Mengenal Dan Memilih Media Tanam Terbaik Untuk Bonsai

Media Tanam Terbaik Untuk Bonsai

Media tanam (MeTan) yang tepat adalah salah satu faktor terpenting dalam kesehatan pohon bonsai. Metan terbaik untuk bonsai harus memiliki drainase yang cukup untuk mencegah pembusukan akar, tapi juga mampu mempertahankan kelembaban air.

Ada banyak sekali merek dan jenis-jenis media tanam siap pakai yang beredar dipasaran. Hampir kesemuanya layak untuk dipakai, namun kamu harus tetap mengetahui apakan pohon bonsai yang kamu miliki sesuai dengan metan tersebut atau tidak.

Kebanyakan pohon tumbuh di alam liarnya menggunakan tanah dan pupuk organik yang berhamburan di sekitar akar mereka, misalnya dari daun atau ranting yang jatuh kemudian membusuk dan menjadi pupuk dalam kurun waktu tertentu. Akan tetapi, ada juga jenis-jenis pohon yang perlu perlakukan khusus dan media tanam sesuai dengan habitat aslinya.



Disini, saya ingin membahas soal mengenal dan memilih media tanam terbaik untuk bonsai. Dimana tanaman yang saya maksud adalah tanaman umum yang ada di Indonesia seperti Beringin, Kemuning, dan Bugenvil.

Berikut ini media tanam serta campurannya yang cocok untuk digunakan untuk pohon bonsai.

Ciri-Ciri Media Tanam Teraik Untuk Bonsai :

  • Memiliki sifat retensi air yang memasok kelembaban ke pohon.
  • Memungkinkan air mengalir dengan cepat dari pot (mencegah penumpukan garam).
  • Memberikan aerasi baik, yang memungkinkan oksigen untuk mencapai akar pohon.



Di toko tanaman hias ataupun online sangat banyak penjual media tanam siap pakai. Tetapi, memilih metan yang dengan ciri-ciri seperti diatas adalah yang paling direkomendasikan.

Selain itu, dibawah ini adalah campuran untuk media tanam bonsai yang paling umum dan masih digunakan sampai sekarang oleh kebanyakan pemilik pohon bonsai.


Batu Lava


Batu Lava

Batu lava merah dan hitam adalah campuran media tanam yang paling direkomendasikan oleh para profesional. Batu lava adalah batuan cair yang telah membeku yang berasal dari letusan gunung berapi. Batu lava membuat substrat yang sangat baik, karena dapat menahan air lebih lama.

Haydite


Haydite

Haydite adalah tanah liat yang dipanaskan pada suhu lebih dari 1205 °C atau 2200 °F. Dengan mencampurkan haydite ke media tanam bonsai, akan membuat tambahan yang bagus untuk substrat tanah.

Conifer Bark


Conifer Bark

Kulit pohon konifer adalah bahan organik yang berkontribusi nutrisi ke tanah bonsai dan juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan kelembaban.

Akadama


Akadama

Tanah liat Jepang yang dipanggang, khusus diproduksi untuk keperluan bonsai dan tersedia di semua toko bonsai. Akadama perlu diayak sebelum digunakan.




INFO : Setelah dua tahun akadama mulai rusak, mengurangi aerasi sampai batas tertentu. Ini berarti perlu direpoting secara teratur.

Pumice


Pumice

Pumice adalah produk vulkanik lunak, yang dapat menyerap air dan nutrisi dengan cukup baik. Ketika digunakan dalam campuran tanah bonsai, itu membantu menahan air dan membuat perkembangan akar dengan baik.

Kompos


Kompos

Kompos organik mencakup lumut gambut, perlit, dan pasir. Ini memiliki beberapa kelemahan (itu menahan banyak air dan tidak mengalirkan dengan baik.



Kerikil Halus


Kerikil Halus

Kerikil halus membantu menciptakan tanah bonsai lebih berongga dan gembur yang membuat proses pengeringan dan aerasi dengan baik. Kerikil juga sering digunakan sebagai lapisan bawah dalam pot Bonsai untuk meningkatkan drainase. Namun, sebagian besar profesional sudah tidak menggunakan kerikil lagi, dan beralih pada campuran Akadama, Pumice dan batu Lava.


Dari sekian banyak campuran untuk media tanam bonsai terbaik, seluruhnya dijual di toko-toko tanaman hias maupun online.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Dan Memilih Media Tanam Terbaik Untuk Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel