15 Gambar Inspirasi Bonsai Asem Jawa Terbaik

Bonsai Asem Jawa Terbaik

Pohon asem jawa adalah satu dari beberapa spesies asem lainnya. Banyak masyarakat mengira pohon asem jawa sama sekali tak berguna dan tidak termasuk dalam tanaman yang dapat dipelihara di halaman rumah.

Pemikiran tersebut justru berbalik 180 derajat dikepala penggemar tanaman hias jenis bonsai. Pohon yang sering ditanam pemkot ditepi-tepi jalan raya ini justru dipandang sebagai pohon yang indah bila dikerdilkan dan dibentuk meliuk-liuk.

Asem jawa memiliki nama ilmiah Tamarindus indica dengan kulit batang berwarna hitam abu-abu dan bercorak khas. Begitupun saudaranya, Asem Londo yang juga memiliki kulit batang serupa namun berwarna lebih cerah.



Tidak hanya dikenal dengan pertumbuhannya yang lambat, asem jawa juga tidak bisa di budidayakan dengan cara stek biasa. Pohon ini sangat sensitif (gampang mati) bila dipindahkan dari alam liar ke dalam pot. Jadi, pemeliharaan dari benih adalah satu-satunya cara paling mudah untuk menanam asem jawa.

Seniman bonsai di Indonesia dan mancanegara pun demikian, harus menggunakan trik rahasianya masing-masing untuk bisa memindahkan dari habitat liarnya ke dalam pot jika ingin bonsai asem jawa secara instan.

Nah berikut ini carauntukmembuat.com telah mengumpulkan berbagai gambar asem jawa terbaik yang bisa menjadi bahan percontohan untuk pembentukan bonsai.


#1


Bonsai Asem Jawa 1


#2


Bonsai Asem Jawa 2


#3


Bonsai Asem Jawa 3


#4


Bonsai Asem Jawa 4




#5


Bonsai Asem Jawa 5


#6


Bonsai Asem Jawa 6


#7


Bonsai Asem Jawa 7


#8


Bonsai Asem Jawa 8


#9


Bonsai Asem Jawa 9




#10


Bonsai Asem Jawa 10


#11


Bonsai Asem Jawa 11


#12


Bonsai Asem Jawa 12


#13


Bonsai Asem Jawa 13


#14


Bonsai Asem Jawa 14


#15


Bonsai Asem Jawa 15


Dari sekian banyak gambar bonsai asem jawa diatas, mungkin semuanya sudah berusia diatas 10-20 tahun. Itu terlihat dari batang utamanya yang sudah memiliki corak khasnya (retak-retak).



Batang Asem Jawa


Harga jual bonsai asem jawa yang sudah berusia puluhan tahun, unik dan indah dipandang akan melejit sangat tinggi dan jauh melampaui bonsai-bonsai atau tanaman hias lain. Itulah mengapa bonsai asem jawa sangat jarang yang memperjual belikannya. Alasan utama adalah mahal, dan alasan kedua adalah tak ada pemilik bonsai asem jawa yang ingin menjual bonsainya yang sudah berusia puluhan tahun.

Sekedar informasi, saya sendiri menanam asem jawa untuk praktik bonsai dirumah, terbukti dengan usia sekitar 2-3 tahun batang utamanya masih sebesar kelingking.

Tertarik untuk menanam pohon asem dan membuat bonsai asem jawa?


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar