16 Gambar Inspirasi Bonsai Gaya Tertiup Angin (Fukinagashi)

Pohon Tertiup Angin

Seni bonsai memang terkenal dari banyak gaya, mulai dari tradisional hingga gaya modern yang terus diciptakan seniman-seniman bonsai di seluruh dunia.

Salah satu gaya yang paling unik adalah gaya tanam pohon bonsai yang akarnya mencengkram batu seperti yang saya posting di artikel kemarin dengan judul 28 Gambar Inspirasi Bonsai Di Atas Batu (Sekijoju).

Tapi bukan hanya itu, masih ada gaya bonsai unik lainnya dimana dahan, ranting, dan daun pohon dibuat condong ke satu arah yang dinamakan Fukinagashi Style atau Gaya Tertiup Angin.



Bonsai dengan gaya fukinagashi tidak semata-mata dibuat asal, sebab seni membonsai adalah seni membuat keindahan tanaman yang dicontoh dari alam liar dan dituangkan dalam pohon didalam pot versi kecil untuk menjadikannya miniatur sebagaimana pohon aslinya. Entah itu pohon tua, pohon yang berada di tepi jurang, pohon yang cacat karena iklim alam, atau pohon yang tumbuh ditempat yang tidak biasa.

Dua contoh pohon dengan gaya tertiup angin versi asli di alam bebas yang paling terkenal di dunia dapat kamu luhat dibawah ini.


El Arbol de la Sabina
Pohon El Arbol de la Sabina (Juniperus Thurifera) di Spanyol



Pohon Wind Blown Tree di Hawaii


Selain bentuknya yang tidak umum, kedua pohon rasaksa tersebut tumbuh di dataran tinggi terbuka yang mana angin kencang selalu menerpa mereka setiap saat yang membuatnya menjadi bentuk seperti itu, Fukinagashi.




Sedangkan tanaman kerdilnya dibuat manual oleh seniman bonsai menggunakan cara pengawatan, yaitu dengan perawatan dan pembentukan.


Bikin Bonsai Gaya Tertiup Angin


Waktu yang dibutuhkan untuk membuat bonsai bergaya tertiup angin tidak sebentar, umumnya menghabiskan waktu tahunan bahkan belasan dan puluhan tahun sampai benar-benar maksimal. Lamanya proses ini juga tergantung pada jenis pohon yang digunakan.

Nah seperti judul artikel ini, 16 Gambar Inspirasi Bonsai Gaya Tertiup Angin (Fukinagashi) dibawah sudah saya siapkan gambar-gambar bonsai fukinagashi terbaik.

#1


Bonsai Gaya Tertiup Angin 1


#2


Bonsai Gaya Tertiup Angin 2


#3


Bonsai Gaya Tertiup Angin 3


#4


Bonsai Gaya Tertiup Angin 4


#5


Bonsai Gaya Tertiup Angin 5

#6


Bonsai Gaya Tertiup Angin 6

#7


Bonsai Gaya Tertiup Angin 7




#8


Bonsai Gaya Tertiup Angin 8

#9


Bonsai Gaya Tertiup Angin 9

#10


Bonsai Gaya Tertiup Angin 10

#11


Bonsai Gaya Tertiup Angin 11

#12


Bonsai Gaya Tertiup Angin 12

#13


Bonsai Gaya Tertiup Angin 13

#14


Bonsai Gaya Tertiup Angin 14

#15


Bonsai Gaya Tertiup Angin 15

#16


Bonsai Gaya Tertiup Angin 16



Dahan, ranting, dan daun sengaja difokuskan ke satu arah, sedangkan bagian lain yang tak dibutuhkan dipangkas.

Untuk menggunakan gaya ini, kebanyakan pohon yang dipakai seniman bonsai memiliki batang utama yang sudah miring alami dan kebanyakan ranting mengarah ke satu sisi. Karena dengan demikian pembuatan bonsai fukinagashi akan lebih mudah dan cepat.

Belum ada Komentar untuk "16 Gambar Inspirasi Bonsai Gaya Tertiup Angin (Fukinagashi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel