16 Pohon Terunik dan Paling Mengesankan Di Dunia

Pohon Terunik Di Dunia

Di Indonesia mungkin pepohonan tertua dan terunik ada di berbagai daerah seperti hutan kalimantan dan Kebun Raya Bogor. Tetapi, diluar sana ada lebih banyak pohon dengan bentuk yang tempat tumbuh yang tidak biasa.

Beberapa pohon unik dan mengesankan tumbuh secara alami dengan bentuk sangat besar daripada biasanya, ada pula yang tumbuh di tempat yang gersang dan tandus yang hampir tidak mungkin untuk ditumbuhi flora.



Disini carauntukmembuat.com akan memberikan pengetahuan berupa informasi mengenai 16 pohon terunik dan paling mengesankan di dunia.


16 Pohon Terunik dan Paling Mengesankan Di Dunia



1. Baobab (Adansonia)


Baobab

Baobab adalah nama umum dari sebuah genus yang terdiri dari delapan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika, dan Australia. Baobab bisa tumbuh di berbagai daerah beriklim tropis atau panas. Pohon yang umumnya memiliki ketinggian 5-35 meter ini terkenal karena usianya yang panjang. Di Indonesia pohon baobab disebut dengan nama Ki Tambleg.


2. Pohon Pelangi / Leda (Eucalyptus deglupta)


Leda

Eucalyptus deglupta adalah spesies pohon tinggi yang memiliki keunikan bada bagian batangnya, itu menyerupai pelangi dan cukup kontras. Umumnya pohon ini dikenal sebagai Pohon Pelangi, Getah Mindanao, dan Getah Pelangi. Pohon ini asli Filipina, Indonesia, dan Papua Nugini. Khusus di Indonesia, kamu bisa menjumpainya di sekitaran wilayah Bogor, Jawa Barat.


3. Darah Naga (Dracaena cinnabari)


Darah Naga

Dracaena cinnabari atau lebih akrab disebut Darah Naga adalah tanaman suji yang berasal dari kepulauan Socotra. Pohon ini juga dikenal sebagai Suji Socotra dan Dragon Blood Tree. Dijuluki demikian karena getah dari pohon ini.


4. Angel Oak (Quercus virginiana)


Angel Oak

Angel Oak adalah pohon Oak yang terletak di Angel Oak Park, di Pulau Johns, Carolina Selatan. Pohon itu diperkirakan berumur 400-500 tahun. Tinggi pohon ini sekitar 20 meter, dengan panjang 8,5 meter, dan mencakup 5.242 meter persegi. Jarak cabang terpanjangnya adalah 56 meter. WOW!


5. Giant Sequoia (Sequoiadendron giganteum)


Giant Sequoia

Sequoiadendron giganteum atau Giant Sequoia adalah satu-satunya spesies yang masih hidup dalam genus Sequoiadendron, dan satu dari tiga spesies pohon konifer yang dikenal sebagai kayu merah (redwood). Diklasifikasikan dalam keluarga Cupressaceae dalam subfamili Sequoioideae, bersama dengan Sequoia sempervirens dan Metasequoia glyptostroboides. Pohon ini memiliki ketinggian 95 meter dan diameter batang terbawah 17 meter. Giant Sequoia ini diperkirakan berumur antara 2.000 sampai 3.500 tahun.




6. DeadVlei


DeadVlei

Deadvlei adalah cekungan tanah liat putih yang terletak di dekat cekungan garam Sossusvlei yang lebih terkenal, di dalam Taman Namib-Naukluft di Namibia. Ditempat ini banyak pohon akasia yang mati karena kehabisan air, namun pohon mati itu masih tegak berdiri dan justru menjadi pemandangan yang menarik minat wisatawan.


7. Redwood (Sequoia sempervirens)


Redwood California

Sequoia sempervirens atau lebih dikenal dengan nama Redwood California adalah satu-satunya spesies yang masih hidup dari genus Sequoia dalam keluarga cemara Cupressaceae. Nama-nama umum yang sering digunakan masyarakat untuk menyebut pohon ini adalah Redwood Pantai. Ini adalah pohon monoecious yang selalu hijau dan berumur panjang, usianya diperkirakan antara 1.500-2.00 tahun.


8. Ta Prohm (Ficus gibbosa, Diospyros decandra, Ceiba pentandra)


Ta Prohm

Ta Prohm adalah nama dari candi di Angkor, Provinsi Siem Reap, Kamboja. Candi ini dibangun dengan gaya Bayon kurun akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13. Awalnya, candi ini bernama Rajawihara. Ada banyak pohon Ficus berusia tua yang akarnya sudah mencengkram sebagian candi dan sampai saat ini pohon-pohon tua tersebut masih dipertahankan.


9. Pinus Bristlecone (Pinus longaeva, Pinus aristata, Pinus balfouriana)


Pinus Bristlecone

Istilah pinus bristlecone mencakup tiga spesies pohon pinus yaitu longaeva, aristata, dan balfouriana. Ketiga spesies pinus ini berumur panjang dan sangat tahan terhadap cuaca yang keras dan tanah yang buruk. Salah satu dari tiga spesies, tepatnya Pinus longaeva, adalah salah satu pohon tertua di Bumi dengan usia yang tercatat masih hidup saat ini adalah 4.800 tahun dan diberi nama Methusaleh, yang berada di White Mountain, California.


10. The Great Banyan (Ficus macrophylla)


The Great Banyan Tree

The Great Banyan adalah pohon beringin yang berlokasi di Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanic Garden, Howrah, dekat Kolkata, India. Pohon beringin terbesar di dunia ini memiliki lebar seluas 2 hektar (20.000 meter persegi) , dan dirawat oleh 13 petugas. Saking lebarnya pohon ini, ia tampak seperti gabungan dari beberapa pohon, tapi pada kenyataannya ia hanyalah satu pohon tunggal yang diperkirakan berusia 250 tahun.




11. Pinus Ponderosa


Pinus Ponderosa

Pinus ponderosa tumbuh dalam berbagai bentuk, dari British Columbia selatan dan timur melalui 16 negara bagian AS barat dan telah berhasil diperkenalkan di Eropa. Pinus ponderosa adalah pohon pinus jenis konifera besar dengan kulit kayu yang memiliki corak seperti bantu, dan hal itu yang membedakannya dari spesies pinus lain. Ini adalah salah satu pohon berumur panjang yang dapat tumbuh ditebing berbatu dan menjadi pohon yang paling sering difoto oleh wisatawan di AS.


12. Windswept


Windswept

Slope Point adalah daerah paling selatan di Selandia Baru. Di daerah tersebut angin kencang selalu menghempas dataran dan menyebabkan setiap pepohonan yang tumbuh disana menghadap ke satu arah, yaitu utara.


13. El Árbol del Tule (Taxodium mucronatum)


El Árbol del Tule

El Árbol del Tule adalah pohon yang terletak di halaman gereja di pusat kota Santa María del Tule di Oaxaca, Meksiko. Itu adalah pohon cemara montezuma atau ahuehuete. Ia memiliki batang pohon terbesar kedua di dunia, setelah posisi pertama yang duduki oleh pohon Giant Sequoia. Pada tahun 2005, tingginya 42 meter, setara diameter lingkar batang terbawah 14 meter. Usia pastinya belum diketahui, tapi peneliti mengukur dengan perkiraan antara 1.300-3.300 tahun, bahkan ada juga yang mengklaim usianya lebih dari 6.000 tahun.


14. Cajueiro de Pirangi (Anacardium occidentale)


Cajueiro de Pirangi

Mete Pirangi adalah pohon mete terbesar di dunia yang terletak di Pirangi do Norte, Rio Grande do Norte, Brasil. Pada tahun 1994, pohon ini masuk Guinness Book of Records karena bentang dahan-dahannya yang mencakup area 8.400 meter persegi.


15. The Lone Cypress (Cupressus)


Lone Cypress

Lone Cypress adalah pohon cemara monterey di Pebble Beach, California. Berdiri di atas bukit granit di 17-Mile Drive, pohon itu adalah ikon barat, dan telah disebut sebagai salah satu pohon yang paling unik karena mampu tumbuh diatas granit.


16. Shajarat-al-Hayat (Prosopis cineraria)


Shajarat-al-Hayat

Shajarat-al-Hayat atau sering disebut Pohon Kehidupan ini memiliki ketinggian 9,75 meter dan berusia lebih dari 400 tahun. Terletak di sebuah bukit di daerah tandus di Gurun Arab, 2 kilometer dari Jebel Dukhan, titik tertinggi di Bahrain. Pohon itu ditutupi dedaunan hijau. Shajarat-al-Hayat adalah satu-satunya pohon besar yang tumbuh di daerah tersebut.



Pada Oktober 2010, para arkeolog menggali tembikar berusia 500 tahun dan artefak lainnya di sekitar pohon Shajarat-al-Hayat. Analisis tanah dan dendrochronology yang dilakukan pada 1990-an menyimpulkan bahwa itu adalah pohon akasia yang ditanam pada 1582.


Bagaimana kesan kamu terhadap 16 pohon terunik dan paling mengesankan diatas?



Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar