17 Pohon Buah Yang Bisa Dibuat Bonsai Terbaik

Bonsai Buah

Siapa sangka bahwa pohon bonsai yang indah bisa dibuat menggunakan pohon buah yang ada disekitar kita. Pohon buah untuk bonsai memiliki beberapa ciri khusus agar menghasilkan bonsai berkelas bintang.

Beberapa ciri-ciri dari pohon buah yang bisa dibonsai adalah, pohon yang memiliki batang kayu keras, corak dan warna kulit kayu berciri khas, serta dedaunannya yang rimbun dan kecil atau dapat mengecil.

Pohon bonsai buah sudah cukup populer di berbagai negara termasuk di Indonesia, pasalnya ada 17 pohon buah yang bisa dibuat bonsai terbaik. Apa-apa saja pohon buah itu bisa kamu lihat dibawah ini.



INFO : Pohon buah yang saya maksud dalam artikel ini adalah pohon buah yang memiliki buah bisa dimakan oleh manusia, bukan sekedar buah hiasan.


17 Pohon Buah Yang Bisa Dibuat Bonsai Terbaik



1. Delima (Punica granatum)


Bonsai Delima

Delima adalah tanaman buah yang dapat tumbuh hingga 5-8 meter. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania.


2. Kesemek (Diospyros kaki)


Bonsai Kesemek

Kesemek adalah nama pohon buah dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris disebut Oriental persimmon.


3. Jambu Biji (Psidium guajava)


Bonsai Jambu Biji

Jambu biji atau sering juga disebut jambu kelutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, menyebar ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah hijau dengan daging putih atau merah dan rasanya asam manis.


4. Karendang (Carissa macrocarpa)


Bonsai Karendang

Kerendang atau buah renda adalah spesies semak berbunga dan berbuah dari keluarga dogbane Apocynaceae. Tanaman ini menghasilkan buah seukuran kelereng yang biasanya digunakan sebagai bumbu dalam rempah-rempah India.


5. Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia)


Bonsai Jeruk Kingkit

Jeruk kingkit atau jeruk ranti adalah saudara dari berbagai jenis tanaman jeruk, namun jeruk kingkit adalah jeruk berukuran kecil. Jeruk ini diperkirakan berasal dari Malaysia dan saat ini telah tersebar hingga ke pulau-pulau di Samudra Pasifik.


6. Maja (Aegle marmelos)


Maja adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tahan lingkungan keras dan berasal dari daerah Asia tropis dan subtropis. Tanaman ini biasanya dibudidayakan di pekarangan tanpa perawatan dan dipanen buahnya. Maja masih berkerabat dekat dengan kawista.




7. Apel Malus (Malus domestica)


Bonsai Apel

Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika sudah matang dan, ada juga yang kulitnya berwarna hijau atau kuning.


8. Buni (Antidesma bunius)


Buni adalah pohon penghasil buah yang dapat dimakan. Buah buni berbentuk kecil-kecil berwarna merah, dan tersusun dalam satu tangkai panjang.


9. Sianto / Dewandaru (Mesua ferrea)


Bonsai Sianto

Tumbuhan sianto ini memiliki kayu yang berat dan keras. Selain di Sri Langka, sianto ini dibudidayakan juga di Assam, Nepal, dan Asia Tenggara. Oleh masyarakat Jawa yang mempercayai takhyul, sianto atau dewadaru dianggap sebagai pohon keramat.


10. Duwet / Jamblang (Syzygium cumini)


Bonsai Duwet

Jamblang atau disebut juga jambu keling dan duwet adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Tumbuhan berbuah sepat masam dan dikenal dengan berbagai nama di setiap daerah.


11. Kawista (Limonia acidissima)


Bonsai Kawista

Kawista adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan. Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai membudidayakannya.


12. Murbei / Bebesaran (Ficus Sycomorus)


Murbei atau Bebesaran adalah sebuah genus yang terdiri dari 10-16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika. Mayoritas spesies asli murbei berasal dari Asia.




13. Mustam (Diospyros montana)


Bonsai Mustam

Mustam adalah pohon gugur yang dapat mencapai ketinggian hingga 15 meter. Didistribusikan di sepanjang Ghats Barat India, Sri Lanka, Indonesia, China, hingga ke Australia.


14. Namnam (Cynometra cauliflora)


Namnam adalah nama sejenis pohon buah dari suku polong-polongan. Pohon berbuah masam ini dikenal pula dengan beberapa nama di setiap daerah di Indonesia.


15. Sawo (Manilkara zapota)


Bonsai Sawo

Sawo manila adalah pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sao, sauh atau sauh manila, atau ciku.


16. Tin (Ficus carica)


Bonsai Tin

Tin atau Ara adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat.


17. Kupa Landak / Anggur Brazil (Eugenia cauliflora)


Bonsai Anggur Brazil

Kupa Landak merupakan tanaman pohon yg berasal dаrі Brazil. Rasanya уаng berpadu аntаrа buah anggur, buah alpukat dan buah leci membuat buah уаng satu іnі menjadi primadona dі Indonesia.



Dari ke 17 pohon buah yang bisa dibuat bonsai terbaik, diantaranya ada disekitar kita. Bilamana tidak ada, toko-toko tanaman hias biasanya menjual pohon-pohon ini.

Kamu bisa memilih salah satu dari sekian banyak pohon buah diatas. Pastikan juga untuk mencari informasi mengenai cara penanaman dan pemeliharaan dari pohon buah yang kamu pilih, karena tidak semua pohon buah bisa tumbuh dengan cara penanaman biasa.

Berniat untuk membuat bonsai dari pohon buah?

Belum ada Komentar untuk "17 Pohon Buah Yang Bisa Dibuat Bonsai Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel