20 Pohon Bunga Yang Bisa Dibuat Bonsai Terbaik

Bonsai Bunga

Biasanya pohon bunga dijadikan sebagai tanaman hias oleh kebanyakan masyarakat. Namun, ditangan seniman bonsai pohon bunga bisa dibuat bonsai yang cantik dan indah.

Beruntung, di Indonesia tumbuh ratusan spesies pohon bunga yang mana memiliki bentuk bunga yang bagus. Beberapa spesies sudah cukup populer sebagai tanaman hias termasuk bonsai.

Disini saya akan berbagi informasi mengenai 20 pohon bunga yang bisa dibuat bonsai terbaik. Tentunya, pohon-pohon bunga ini mudah untuk ditemui, misalnya dipekarangan rumah warga atau di toko tanaman hias.



Jika kamu tertarik untuk membuat bonsai bunga, berikut ini 20 pohon bunga yang bisa dibuat bonsai terbaik.


1. Bugenvil / Bunga Kertas (Bougainvillea)


Bonsai Bugenvil

Bunga kertas atau bugenvil adalah tanaman hias yang sangat populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari bunganya yang berwarna cerah dan menarik karena tumbuh dengan rimbun.


2. Kemuning (Murraya paniculata)


Bonsai Kemuning

Kemuning adalah tumbuhan dari keluarga Rutaceae. Kemuning memiliki beberapa nama sinonim yaitu Murraya exotica L, Murraya banati Elm, dan Chalas paniculata. Tanamannya sendiri merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun.


3. Kaliandra (Calliandra)


Bonsai Kaliandra

Kaliandra berupa pohon berukuran sedang dengan bunga tersusun majemuk. Di Indonesia, orang mengenal kaliandra sebagai tanaman penghijauan serta sumber pakan ternak.


4. Bungur / Sakura Lokal (Lagerstroemia indica)


Bonsai Bungur

Bungur adalah sejenis tumbuhan berbentuk pohon yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar secara bersamaan akan tampak indah. Masyarakat sering menyebut bunur sebagai sakura lokal.


5. Melati (Jasminum sambac)


Bonsai Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa pohon berbatang tegak yang berumur panjang. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun.


6. Lantana / Tembelekan (Lantana camara)


Bonsai Lantana

Lantana adalah jenis tumbuhan berbunga dari keluarga Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 mdpl dan memiliki banyak percabangan.



7. Legundi (Vitex trifolia)


Legundi adalah sejenis tanaman yang buahnya memiliki khasiat obat.




8. Cempaka (Magnolia champaca)


Cempaka adalah pohon hijau abadi berukuran besar yang berbunga putih atau kuning. Tumbuhan asal India dan Asia Tenggara ini juga sering dimanfaatkan kayunya dan berfungsi juga sebagai penghias taman.


9. Anting Putri (Wrightia religiosa)


Bonsai Anting Putri

Anting Putri adalah pohon bunga yang paling populer untuk dijadikan bonsai, ia masih spesies pohon dalam keluarga Apocynaceae. Penyebarannya meliputi Cina, Indonesia, dan Malaysia, dan Filipina.


10. Seribu Bintang (Serissa japonica)


Bonsai Seribu Bintang

Seribu Bintang adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae. Tanaman ini digunakan untuk membuka hutan sub-tropis dan padang rumput basah di Asia Tenggara, dari India, dan Cina ke Jepang.


11. Sikat Botol (Callistemon viminalis)


Bonsai Sikat Botol

Sikat Botol umumnya dikenal dengan nama bottlebrush, adalah tanaman dalam keluarga Myrtaceae dan endemik New South Wales, Queensland dan Australia Barat.


12. Kamelia (Camellia)


Bonsai Kamelia

Kamelia adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Theaceae. Tanaman ini ditemukan di Asia timur dan selatan, dari Himalaya timur ke Jepang dan Indonesia.


13. Azalea / Saliyah (Rhododendron indicum)


Bonsai Azalea

Azalea adalah spesies tumbuhan yang tergolong dalam keluarga Ericaceae. Spesies ini juga merupakan bagian dari ordo Ericales. Spesies Rhododendron indicum sendiri merupakan satu dari sekian banyak genus Rhododendron.




14. Fuchsia (Fuchsia magellanica)


Bonsai Fuchsia

Fuchsia umumnya dikenal sebagai anting-anting, hummingbird fuchsia, atau hardy fuchsia. Ialah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Evening Primrose, yang berasal dari Amerika Selatan.


15. Gardenia (Gardenia)


Bonsai Gardenia

Gardenia adalah suatu genus tumbuhan berbunga dalam keluarga tumbuhan kopi, Rubiaceae, yang berhabitat alami di daerah tropis dan subtropis Afrika, Asia, Madagaskar dan Pacific Islands.


16. Asoka (Saraca asoca)


Bonsai Asoka

Asoka adalah pohon yang dianggap suci oleh umat Hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon asoka sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian.


17. Tabebuya (Tabebuia)


Bonsai Tabebuya

Tabebuya atau Pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brazil dan termasuk jenis pohon besar. Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura.


18. Kembang Sepatu (Hibiscus)


Bonsai Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunganya berukuran bbesar, berwarna merah dan tidak berbau.


19. Bunga Sharon (Hibiscus Syriacus)


Bonsai Bunga Sharon

Sharon saat ini menjadi bunga nasional Korea Selatan. Bunga dengan nama Hibiscus Syriacus atau biasa disebut Rose of Sharon yang dalam bahasa Korea menjadi "Mugunghwa". Bunga sharon biasanya mekar mulai bulan Juli sampai Oktober.


20. Waru (Hibiscus tiliaceus)


Waru juga dikenal memiliki nama sinonim seperti waru laut dan dadap laut. Tanaman ini telah lama dikenal sebagai pohon peneduh tepi jalan atau tepi sungai, pematang, dan pesisir pantai.



Seniman bonsai sering kali menggunakan ke 20 pohon bunga diatas untuk dibuat bonsai yang cantik dan indah. Dengan kerumunan bunga-bunga yang memenuhi pohon dan bentuk batang eksotis.

Penggunaan pohon bunga untuk bonsai lebih cepat daripada pohon jenis lain, misalnya pohon cemara atau pohon pinus yang umum dipakai master bonsai kelas internasional.

Belum ada Komentar untuk "20 Pohon Bunga Yang Bisa Dibuat Bonsai Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel