28 Gambar Inspirasi Bonsai Di Atas Batu (Sekijoju)

Bonsai Di Atas Batu

Seni bonsai memang tidak ada batasnya, belasan nama gaya bonsai telah tercipta sejak berabad-abad lalu dan sampai hari ini para pecinta bonsai masing mengikuti gaya tersebut untuk menghormati para leluhur (khususnya di negara Jepang dan China).

Salah satu gaya penanaman dan pembentukan bonsai paling unik adalah Sekijoju atau sering juga disebut Ishi-seki yang artinya akar pohon ada diatas tanah dan mencengkram batu. Batu yang biasa digunakan pun bukan batu sembarang, di China mayoritas bonsai kelas bintangnya menggunakan batu Suiseki, yaitu batu kecil yang terbentuk secara alami.

Karena batu Suiseki hanya tersedia di sungai-sungai besar yang dangkal seperti sungai di kaki gunung, sulit untuk menemukannya di kota atau dataran rendah. Di Indonesia dan beberapa negara diluar asia menggantikan peran batu Suiseki dengan batu buatan dari semen atau batu karang laut yang berbentuk unik. Hasilnya, bonsai di atas batu bisa dibuat dan serupa dengan bonsai Sekijoju khas China dan Jepang.



Tak sedikit penggemar bonsai yang baru saja terjun ke hobi ini ingin tahu seperti apa cara pembuatan bonsai di atas batu. Sepencarian informasi yang saya dapat, untuk membuatnya tidaklah sulit, kita hanya perlu memilih pohon yang cocok untuk dijadikan bonsai di atas batu. Yang pasti, pohon tersebut kuat dengan berbagai hal ekstrim (tekuk, pelintir, sedikit tanah, dll). Saran dari carauntukmembuat.com adalah pohon jenis Ficus, khususnya Beringin karena pohon ini mampu beradaptasi dengan perlakuan ekstrim dan mudah tumbuh.

Untuk bisa menciptakan bonsai di atas batu dari pohon beringin cukup dengan melingkarkan akar pohonnya ke bebatuan yang sudah kamu pilih dan kemudian diikat dengan tali rafia atau karet ban dalam yang sudah dipotong kecil memanjang menyerupai tali, selanjutnya mengubur keseluruhan batu dan akar ke dalam tanah selama beberapa bulan. Setelah kira-kira 5-6 bulan, akar sudah mulai mencengkram batu (mengikuti alur batu), dan barulah pohon tersebut bisa digali kembali dan dimasukkan kedalam pot bonsai dengan tanah subur atau tanah khusus bonsai, terakhir menata tampilan dahan, ranting, dan dedaunannya, maka jadilah bonsai diatas batu.


Cara Bikin  Bonsai Di Atas Batu


Panduan diatas juga sudah pernah saya posting sebelumnya di artikel yang berjudul Cara Membuat Bonsai On The Rock.

Namun jika ingin menggunakan pohon jenis lain yang memiliki akar serabut seperti Kemuning, kamu harus mengikatnya dengan plastik okulasi atau plastik bening. Tetapi, akar serabut membutuhkan waktu yang jauh lebih lama (bertahun-tahun) daripada akar tunggak seperti halnya pohon beringin.


Cara Membuat Bonsai Di Atas Batu


Itupun kecil kemungkinan untuk hidup karena pohon dengan akar serabut lebih sensitif apabila diperlakukan ekstrim.

Agar kamu lebih bersemangat sebelum membuat bonsai di atas batu, berikut ini 28 gambar inspirasi yang bisa menjadi contoh. Perhatikanlah batunya (bentuk dan warnanya) dan jenis pohon yang digunakan (warna batang dan corak batang), sebab keduanya harus sesuai agar dapat menciptakan bonsai kelas bintang yang indah.


#1


Bonsai Di Atas Batu 1

#2


Bonsai Di Atas Batu 2


#3


Bonsai Di Atas Batu 3

#4


Bonsai Di Atas Batu 4

#5


Bonsai Di Atas Batu 5

#6


Bonsai Di Atas Batu 6

#7


Bonsai Di Atas Batu 7

#8


Bonsai Di Atas Batu 8




#9


Bonsai Di Atas Batu 9

#10


Bonsai Di Atas Batu 10

#11


Bonsai Di Atas Batu 11

#12


Bonsai Di Atas Batu 12

#13


Bonsai Di Atas Batu 13

#14


Bonsai Di Atas Batu 14

#15


Bonsai Di Atas Batu 15

#16


Bonsai Di Atas Batu 16




#17


Bonsai Di Atas Batu 17

#18


Bonsai Di Atas Batu 18

#19


Bonsai Di Atas Batu 19

#20


Bonsai Di Atas Batu 20

#21


Bonsai Di Atas Batu 21

#22


Bonsai Di Atas Batu 22

#23


Bonsai Di Atas Batu 23

#24


Bonsai Di Atas Batu 24



#25


Bonsai Di Atas Batu 25

#26


Bonsai Di Atas Batu 26

#27


Bonsai Di Atas Batu 27

#28


Bonsai Di Atas Batu 28


Setelah melihat dan memperhatikan ke 28 gambar inspirasi bonsai di atas batu ini, kamu pasti juga pasti bertanya-tanya bagaimana caranya menumbuhkan lumut diatas tanah bonsai tersebut. Jika ia, kamu bisa mengetahui caranya dengan membaca disini.

Adapun 114 Tanaman Indonesia Yang Bisa Di Bonsai dan bisa kamu pilih sebelum memastikan untuk membuat bonsai.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar