Berapa Sih Sebenarnya Harga Bonsai Itu?

Juniper Bonsai

Dalam bidang seni, sebuah seni tidak bisa dinilai atau dipatok oleh uang. Ini juga mencakup pada bonsai yang termasuk dalam seni tradisional Jepang.

Bonsai adalah cara penanaman pohon di dalam pot yang menggunakan banyak teknik sulit dan waktu yang cukup panjang (menahun). Tak ada bonsai yang dikatakan selesai, bonsai adalah makhluk hidup yang terus tumbuh dan berubah-ubah bentuk.



Jika kamu penasaran dan ingin memastikan berapa harga bonsai, sebenarnya itu dilihat dari masing-masing sudut pandang. Ada yang menilainya dengan kata murah (penghobi) dan ada juga yang mengatakannya mahal (masyarakat awam).

Karena dalam sistem jual beli dibidang seni, penjual-lah yang menentukan harga dan pembeli boleh menerima atau menolak. Saya ambil contoh dari situs Bonsai Hunter yang menjual bonsai berukuran standar (size M-L) dengan kondisi sudah indah (bisa dikatakan siap ikut pameran) berkisar antara ฿25.000 hingga ฿55.000 atau setara dengan Rp 11jt sampai Rp 25jt-an.


Bonsai for Sale


Namun itu bukan harga yang pasti, penjual bisa saja berubah pikiran dan menaikkan harga sesuai keinginan mereka (tidak ada kata "harga pasar" dalam seni).



Di Indonesia pun demikian, bonsai yang memiliki keindahan tak akan dijual oleh pemiliknya. Meski ditawar, sang pemilik biasanya akan membandrol dengan harga segila mungkin. Terkecuali kamu membelinya di toko-toko tanaman hias, tanaman yang sedang dalam proses awal bonsai (bakalan bonsai) biasa dijajakan oleh pedagang tanaman hias memiliki harga komersil yang mengikuti harga pasar.

Jadi, jika kamu bertanya "berapa sih harga bonsai sebenarnya?" itu sama sekali tidak tentu dan harga pasti akan menyesuaikan dengan keindahan bonsai yang ingin kamu beli / miliki.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Sih Sebenarnya Harga Bonsai Itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel