Cara Membedakan Biji Yang Bisa Berkecambah Dan Tidak

Merendam Biji

Masih banyak masyarakat yang kebingungan untuk mengetahui mana benih biji yang bisa berkecambah dan mana yang tidak. Ini sebenarnya sudah seringkali dibahas di grup dan forum diskusi tanaman, namun sering dihiraukan.

Disini carauntukmembuat.com akan berbagi sedikit pengalaman mengenai cara membedakan biji yang bisa berkecambah dan tidak, tentunya semua adalah kuasa sang pencipta yang bisa dan tidak memberi kehidupan. Sebagai manusia biasa, kita hanya bisa melakukan yang terbaik dan berdoa.



Nah untuk kamu yang ingin mengetahui caranya, berikut ini langkah demi langkah membedakan biji yang bisa dan tidak berkecambah.


Merendam Biji Dengan Air 6-24 Jam!


Cara tradisional ini digunakan hampir diseluruh penjuru dunia untuk membedakan biji yang bisa tumbuh dan tidak.


Merendam Biji (Baru)


Untuk mengetahui benih biji yang bisa dan tidak berkecambah, cara yang paling mudah adalah dengan merendam biji tersebut di dalam gelas berisi air. Proses perendalam ini biasanya berlangsung semalaman 6-24 jam dan biji yang tenggelam, adalah biji yang bisa berkecambah. Sedangkan yang tetap mengapung diatas air adalah biji yang tidak bisa berkecambah (rusak karena iklim alam).


Merendam Biji (1 Hari)


Hapir seluruh jenis tanaman buah dan bunga yang memiliki biji bisa mengguanakan cara perendaman ini untuk memastikan mana biji yang masih sehat dan bisa tumbuh dan mana biji yang rusak / tidak bisa tumbuh.



PENTING : Beberapa jenis biji buah atau bunga akan mengeluarkan getah saat direndam, bila warna air berubah setelah 6-12 jam, gantilah air dengan yang baru. Jangan mencampur macam-macam jenis biji yang berbeda spesies, karena itu bisa menyebabkan getah dari biji lain meresap dan mengakibatkan kerusakan pada biji lainnya.

Selain untuk bisa membedakan biji yang bisa dan tidak tumbuh, merendam biji di dalam air semalaman adalah cara mempercepat perkecambahan pada biji saat disemai. Itu dikarenakan kulit biji yang melunak karena direndam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Biji Yang Bisa Berkecambah Dan Tidak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel