Cara Merawat Bonsai Agar Tetap Indah dan Subur

Cara Merawat Bonsai

Perawatan tanaman di dalam pot memang harus dilakukan, bukan hanya pada jenis bonsai tapi juga pada jenis tanaman apapun jika ingin tetap subur.

Khusus pada bonsai di dalam pot, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar tetap memiliki bentuk yang indah dan pohon yang sehat. Bonsai akan tetap subur bilamana diperlakukan sesuai dengan kriteria pohonnya.

Disini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai cara merawat bonsai agar tetap indah dan subur. Tentunya, kamu pun harus mengetahui apa yang dibutuhkan dan seperti apa kriteria pohon yang dipelihara.



INFO : Tidak semua jenis pohon mampu bertahan hidup di tanah yang minim / sedikit. Kebanyakan bonsai memakai pot dangkal dimana tanah sangat minim, hal inilah yang mengharuskan pemeliharaan ekstra agar pohon tetap hidup subur.


Cara Merawat Bonsai Agar Tetap Indah dan Subur



1. Penyiraman

Sama seperti tanaman lainnya, pohon bonsai juga makhluk hidup yang memerlukan air untuk bisa bertahan hidup. Penyiraman pohon bonsai yang mayioritas adalah pohon berusia lebih dari 5 tahun bisa dilakukan sekali setiap hari. Namun berbeda saat musim kemarau, penyiraman di musim kemarau bisa dilakukan 2 sampai 3 kali setiap harinya.


2. Pemupukan

Tanaman di dalam pot memerlukan makanan berupa pupuk organik maupun anorganik yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Melakukan pemupukan pada tanaman di dalam pot harus sesuai dengan aturan, sebagai contoh pupuk organik bisa dilakukan setaip 2-3 bulan sekali. Sedangkan pupuk anorganik digunakan sesuai aturan pakai pada kemasan.




3. Mengganti Tanah

Hal yang sangat jarang dilakukan oleh pemilik tanaman di dalam pot adalah mengganti tanah. Ini adalah pekerjaan yang paling merepotkan pada pemeliharaan tanaman, namun dengan mengganti tanah setiap 1-2 tahun sekali membuat pohon di dalam pot tetap sehat dan subur.


4. Pemangkasan

Ada dua pemangkasan yang dilakukan pada tanaman bonsai yaitu, pemangkasan atas dan pemangkasan bawah. Pemangkasan atas adalah pemotongan pada bagian-bagian seperti dahan, ranting, dan dedaunan yang dilakukan setiap 3-4 minggu sekali. Sedangkan pemangkasan bawah adalah pemotongan akar yang biasanya dibarengi dengan pergantian tanah setiap tahunnya.


5. Penempatan

Penempatan pohon bonsai bisa membuat keindahannya berubah seketika saat ditempatkan pada posisi dan latar belakang yang tepat. Umumnya, bonsai diletakkan pada stand khusus agar lebih menarik dan indah dipandang. Penempatan tepat dibawah matahai langsung adalah posisi yang cocok untuk menyehatkan segala jenis tanaman, termasuk bonsai.



Itulah cara merawat bonsai agar tetap indah dan subur yang dapat carauntukmembuat.com sampaikan. Kelima hal diatas adalah panduan mendasar untuk merawat bonsai, diluar dari cara pengawatan dan pengobatan lukas bekas potongan dahan.

Perlu diketahui, bonsai adalah tanaman hidup yang juga membutuhkan tanah, air, angin segar dan sinar matahari langsung untuk proses photosynthesis. Tidak ada tanaman yang mampu bertahan sehat bila diletakkan di dalam ruangan tertutup.

Gambar-gambar bonsai terbaik yang biasanya bertebaran di internet menunjukkan bahwa bonsai diletakkan di dalam ruangan, tapi itu hanyalah untuk foto atau keperluan khusus yang biasanya hanya beberapa jam saja dan kemudian bonsai akan kembali ditaruh diluar ruangan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Bonsai Agar Tetap Indah dan Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel