Ciri Ciri Dan Perbedaan Pohon Hokiantea Dengan Sidoguri

Hokiantea Daun Mikro

Hokiantea (Carmona Retusa) adalah tanaman tropis asli Indonesia dan Australia. Tanaman ini tumbuh meliar di habitat aslinya dan sering dijadikan tanaman pagar. Masyarakat menyebut tanaman ini dengan beragam nama, diantaranya adalah Serut Pagar, Crmona, dan Semak Kalajengking. Tanaman ini dikagumi apabila dikerdilkan menjadi bonsai karena keindahannya. Di Filipina, hokiantea justru diolah menjadi obat tradisional.

Sidoguri (Sida Rhombifolia) adalah tanaman asli Asia Tenggara dan saat ini telah menyebar ke wilayah Eropa tropis. Sidoguri sering tumbuh liar di tepi jalan, pekarangan, pematang, kebun ataupun pinggiran hutan. Sering disebut dengan nama Seleguri atau Sidogurih oleh masyarakat. Di Eropa, tanaman ini diolah untuk dijadikan obat rematik.



Kedua tanaman hokiantea dan sidoguri memiliki bentuk yang mirip namun berbeda, bahkan terlihat jelas jika diperhatikan. Namun, bagi sebagian orang yang belum pernah melihat keduanya secara langsung akan sulit membedakannya karena di alam liar bentuk daun dan kedua tanaman ini hampir sama.

Tanaman ini awalnya hanya tanaman liar dan sebagian untuk pagar. Namun, seiring berjalannya waktu banyak yang menyukai bentuk dari tanaman ini jika dijadikan bonsai, khususnya bonsai jenis mame (kecil).

Untuk mengetahui ciri ciri dan perbedaan kedua tanaman tersebut, carauntukmembuat.com telah merangkumnya agar lebih sederhana untuk membedakan, berikut ini perbedaan antara keduanya.


Daun Hokiantea


CIRI CIRI POHON HOKIANTEA

  • Pohon semak dan berbatang keras
  • Daun bulat telur (oval) berbintik dengan 3 gerigi disetiap helai daun
  • Daun tipis dan berbulu halus
  • Daun berwarna hijau cerah mengkilap
  • Sering disinggahi hama putih pada daunnya



Daun Sidoguri


CIRI CIRI POHON SIDOGURI

  • Pohon semak dan berbatang keras
  • Daun panjang berbintik dengan 3-5 gerigi disetiap helai daun
  • Daun tebal, dan berbulu kasar
  • Daun berwarna hijau tua mengkilap
  • Tidak ada hama putih yang menyerang daunnya


Dari ciri ciri dan perbedaan hokiantea dengan sidoguri diatas, tentu sangat mempermudah kamu untuk membedakannya. Apabila menemukan salahsatu ari kedua tanaman tersebut di alam liar, sekarang kamu bisa mengetahui dengan pasti mana hokiantea dan mana sidoguri.

Kebanyakan penggemar tanaman hias juga menyebut pohon sidoguri dengan nama hokiantea lokal.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Dan Perbedaan Pohon Hokiantea Dengan Sidoguri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel