Nama Nama (Istilah) Yang Sering Dipakai Dalam Dunia Bonsai

Cewek Cantik Dan Bonsai

Dalam dunia tanaman hias jenis bonsai, ada penyebutan nama khusus yang diperuntukkan bagi setiap melakukan hal yang berkaitan dengan tanaman bonsai. Hal ini sudah berlangsung berabad-abad lamanya dan sebagai penerus harus menetahui nama-nama ini.

Bahasa Jepang adalah yang menjadi sudut pandang dari setiap nama yang bersangkutan dengan bonsai, namun karena kesulitan dalam pengetikkan huruf dan pembacaannya oleh masyarakat internasional, maka dibuatlah nama sinonim dalam bahasa inggris (latin) yang memiliki arti sama.



Disini, carauntukmembuat.com akan berbagi nama nama latin yang paling sering digunakan oleh master-master bonsai di seluruh dunia saat membicarakan tentang bonsai. Jika kamu tertarik untuk mengetahuinya, berikut ini nama-namanya :


Sebutan B. InggrisArtinya
ADVENTITIOUS BUDTunas yang tumbuh di tempat yang tidak biasa pada pohon.
APEXTitik tertinggi dari pohon, ini bisa berupa cabang tunggal atau serangkaian cabang kecil.
APICALPertumbuhan dihasilkan dari bagian tanaman yang paling kuat, pada sebagian besar spesies terletak pada titik terjauh dari sistem akar (cabang teratas dan terluar).
BACKBUDDINGProses dimana pertumbuhan apikal dipangkas untuk mendorong pertumbuhan bawah, bisa batang utama atau cabang).
BUDBREAK Titik di mana kuncup telah terbuka untuk menunjukkan tunas baru.
BUDBURST Titik di mana kuncup telah terurai untuk menunjukkan daun baru.
BUD EXTENSION Titik sebelum budbreak di mana tunas-tunas kecil yang telah ada di cabang sejak tahun sebelumnya mulai membesar.
BLEED Mengambil getah.
BRANCHES Cabang-cabang utama adalah cabang-cabang yang tumbuh langsung dari batang, cabang sekunder adalah cabang yang tumbuh langsung dari cabang primer, cabang tersier tumbuh dari cabang sekunder.
BUD Pucuk yang mengandung cabang, daun atau bunga embrionik.
BUTTRESSING Pangkal / bonggol pohon keluar tanah memberikan kesan usia pohon tua.
CAMBIUM Jaringan pertumbuhan dibalik kulit pohon.
CALLUS Jaringan yang terbentuk di atas luka pada cabang atau batang sebagai bagian dari proses penyembuhan.
CANDLE Nama yang diberikan pada tunas pinus yang memanjang sebelum daun jarum baru terbuka.
CERTIFICATION Suatu proses pemberian sertifikasi atas cara perbanyakan, produksi dan penyaluran benih sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.
CHLOROSIS Hilangnya klorofil dan warna daun sebagai akibat dari kekurangan mineral.
CHOP / PRUNING Kata yang umum digunakan yang menggambarkan pemangkasan berat dan pengurangan ketinggian batang pohon.
COMMON NAME Nama tanaman umum yang paling dikenal masyarakat, misalnya nama sinonim dan sangat tidak spesifik. Misalnya nama tanaman 'Maple', masyarakat hanya menyebutnya Maple saja meski ada ratusan nama ilmiah yang digunakan untuk menamakan satu-persatu spesiesnya.
CONIFEROUS Konifer termasuk dalam kelompok tanaman tanpa biji yang dikenal sebagai Gymnospermae, bijinya tidak tertutup dalam ovarium. Konifer memiliki daun yang berbentuk jarum atau seperti sisik. Tanaman ini biasanya selalu hijau, tanaman gugur dan tidak aktif di musim gugur hingga musim semi.
CULTIVAR Berbagai varietas yang dibudidayakan, misalnya Acer Palmatum 'Bloodgood' adalah kultivar atau varietas Acer Palmatum.
DESSICATION Kekurangan air atau daun mengering, biasanya terjadi ketika akar tidak dapat menemukan air.
DECIDUOUS Pohon gugur yang menggugurkan daunnya setiap tahun di musim gugur, ini bisa berupa pohon berdaun lebar atau pohon jenis konifera.
DEFOLIATION Proses menghilangkan sebagian atau seluruh daun pohon selama musim panas yang tidak aktif untuk menginduksi tanaman yang lebih halus, daun yang lebih kecil yang dapat meningkatkan percabangan.
DIEBACK Kematian pertumbuhan dimulai daria ujung karena penyakit atau cedera.
DISSECTED Segmen yang sangat dalam atau lobus.
ERICACEOUS Istilah yang merujuk pada tanaman yang suka asam dan pembenci jeruk nipis.
EVERGREEN Sering dipakai untuk menamai pohon pinus. Evergreen ialah jenis pohon yang tetap berdaun hijau sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Perlu dicatat bahwa pohon cemara perlahan-lahan menggugurkan daun tertua mereka pada waktu-waktu tertentu dalam setahun (tergantung pada spesies) karena mereka digantikan oleh daun baru.
FORM Digunakan untuk mengategorikan bonsai menggunakan aspek yang paling mencolok, ini dapat sesuai dengan arah belalainya (formal atau informal tegak, miring, kaskade dll) atau jumlah mahkota (batang tunggal, batang banyak atau kelompok).
GENUS Nama yang diberikan kepada sekelompok tanaman yang memiliki nama umum, lebih tepatnya pada bagian pertama dari tanaman. Sebagai contoh Acer.
INCH Imperial Measurement digantikan oleh metrik hampir 40 tahun yang lalu, tetapi masih digunakan sampai sekarang di beberapa negara. Satu inci (1") sama dengan 2,5 cm.
INDOOR BONSAI Lebih sulit dipelihara daripada bonsai luar ruangan (outdoor), bonsai dalam ruangan (indoor) biasanya adalah spesies tanaman tropis atau subtropis yang perlu disimpan di dalam ruangan selama periode musim dingin atau musim salju.
JIN Efek kayu mati pada bonsai, bisa berupa cabang tua atau bagian batang yang menonjol. Jin dapat ditemukan secara alami pada pohon-pohon tua, atau bisa juga dibuat secara manual oleh manusia.
LAYERING Lapisan tanah dan air adalah metode untuk menghasilkan akar baru dari batang atau cabang pohon, sering digunakan sebagai metode propagasi tetapi juga berguna untuk mengoreksi permukaan tanah yang buruk (nebari).
LITERATI Suatu bentuk bonsai di mana pohon itu memiliki batang yang tinggi dan ramping tanpa cabang yang lebih rendah dan hanya sedikit dedaunan yang terbatas pada bagian atas pohon.
MAME Bonsai dengan ketinggian kurang dari 15 cm / 6 inci.
NEBARI Istilah Jepang yang umum digunakan untuk menggambarkan akar pohon yang berada di permukaan tanah.
NODE Titik pertumbuhan pada cabang atau batang dimana tunas daun dapat muncul.
OVERWATERING Pohon yang kekurangan drainase dan terlalu sering diberi air (tanah belum mengering, namun sudah diberi air lagi). Ini mengurangi udara untuk akar yang disebabkan oleh tanah dengan drainase yang buruk. Akhirnya mengarah ke akar mati dan busuk akar.
PEAT Komponen tanah bonsai organik yang benar-benar tidak disukai oleh penggemar bonsai.
POTENSAI Potensi bonsai.
RAMIFICATION Pembagian cabang berulang menjadi cabang sekunder.
SEASONAL BONSAI Spesies yang hanya terlihat terbaik untuk periode pendek tahun ini, misalnya pohon bunga atau buah.
SHARI Kayu mati di batang utama bonsai (berbeda dengan Jin yang merupakan 'cabang kayu mati' atau tonjolan cabang yang mengarah keluar).
SOIL Tanah bonsai khusus yang digunakan untuk menanam pohon bonsai. Tanah organik adalah tanah yang mengandung bahan-bahan yang berasal dari tanaman, gambut, kulit kayu atau serasah daun. Tanah anorganik mengandung bahan lembam, mineral, batu, atau lempung yang keras / dipecat seperti pasir, pasir, akadama atau turface.
SUIBAN Pot dangkal tanpa lubang drainase yang biasanya diisi dengan kerikil atau air dan dapat menampung batu.
SPECIES Pembagian Genus, nama kedua dalam nomenklatur latin, contohnya Acer Palmatum.
SPHAGNUM MOSS Nama umum yang diberikan pada lumut berserat panjang, digunakan sebagai komponen tanah untuk bonsai dan pelapisan.
STYLE Gaya pohon yang telah digunakan untuk menggambarkan arah utama batang pohon, ini disebut sebagai FORM. Gaya pohon menggambarkan cara bonsai dibentuk untuk membuat gambar pasangannya yang sudah dewasa, ini bisa dalam gaya kontemporer atau klasik, gaya impresionistik atau ekspresionis.
SYNONYM Nama latin alternatif (alias atau samaran) untuk tanaman.
TOKONOMA Tempat untuk menampilkan bonsai secara tradisional Jepang di dalam ruangan rumah dalam jangka waktu singkat dan ditampilkan berpasangan dengan aksen penanaman dan kaligrafi.
TREE Pohon.
URO Bentuk lubang pada batang berukir (atau alami).
UNDERWATERING Pohon dibiarkan mengering, atau tidak disiram secara menyeluruh.
VARIETY Sub-divisi spesies, nama ketiga dalam nomenklatur latin, contohnya Acer Palmatum 'Deshojo'.
XYLEM Area di bawah kambium.
YAMADORI Pohon dikumpulkan dari alam liar untuk digunakan sebagai bonsai. Awalnya digunakan untuk menggambarkan pohon liar yang dikumpulkan dari daerah pegunungan.


Cukup banyak memang, beberapa diantaranya masih dalam bahasa inggris yang umum disebut (bahasa sehari-hari) seperti Tree, Inch, dan Form.

Namun khusus untuk nama gaya bonsai atau Bonsai Style masih tetap menggunakan bahasa asli Jepang yang diterjemahkan ke teks latin seperti :



Sebutan B. JepangArtinya
CHOKKAN Bentuk tegak formal.
MOYOGI Bentuk tegak.
SHAKAN Bentuk miring.
FUKINAGASHI Bentuk seperti tertiup angin.
SABAMIKI Batang ganda.
SHARIMIKI Kayu mati.
TANUKI Pohon melekat pada kayu mati.
HOKIDACHI Bentuk sapu tradisional.
HAN KENGAI Semi-cascade, pohon merunduk kebawah dan tidak melebihi bawah pot.
KENGAI Kaskade, pohon merunduk kebawah melebihi bawah pot.
SHIDARE-ZUKURI Ranting dan daun menjuntai.
BUNJIN Bentuk sastrawan, pohon satu batang utama yang melekuk, meninggi, dan dengan sedikit daun.
NEGARI Bentuk akar diatas tanah.
SEKJOJU Akar diatas batu.
ISHI SEKI Pohon diatas batu.
SOKAN Batang kembar.
SANKAN Batang tiga.
KABUDACHI Batang banyak.
NETSUNAGARI Akar terhubung.
YOSE UE Penanaman berkelompok.
SAI-KEI Penanaman lansekap.
PEN-JING Gaya bebas.
SHARI Kayu mati di batang.
JIN Kayu mati di cabang.
NEBARI Pohon berkelompok dan akar diatas permukaan tanah.


Sekarang kamu sudah tahu kan arti dari kata-kata yang sering disebut oleh master-master bonsai di YouTube atau kalimat pada postingan di sosial media dan website. Dengan mengetahui nama dan artinya, seharusnya kamu bisa memahami apa yang dimaksud apabila ada yang menyebut nama-nama diatas.

Jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun pengartian, mohon koreksinya di kolom komentar ya :)

Salam sehobi ^.^

Belum ada Komentar untuk "Nama Nama (Istilah) Yang Sering Dipakai Dalam Dunia Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel