10 Gambar Inspirasi Bonsai Fukien Tea (Carmona Retusa)

Bonsai Fukien Tea

Seperti yang kita ketahui, di Asia yang mayoritas beriklim tropis memiliki banyak sekali spesies tanaman yang tak ada di negara barat. Salah satu yang paling mendunia adalah Fukien Tea, yang memiliki nama ilmiah Carmona Retusa.

Tanaman ini berbentuk semak belukar yang tak pernah lebih dari 2 meter. Di Indonesia Fukien Tea tumbuh liar di lahan-lahan kosong, kebun, parit, sawah, hutan, dan berbagai tempat lainnya. Masyarakat lokal menyebut tanaman ini dengan nama Serut Pagar atau Gambiran, sedangkan penggemar bonsai menyebutnya Hokianti atau Hokiantea.

Tak sedikit masyarakat lokal memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan tanaman pagar, itu karena dedaunannya yang kecil dan mengkilap. Tampak bagus jika tanaman ini dibentuk seperti tanaman pagar pada umumnya.



Ditangan seniman bonsai, tanaman ini justru menjadi primadona karena dapat dibentuk bonsai yang istimewa dan indah. Tanaman asli Asia ini juga diburu oleh penggemar bonsai di negara lain seperti Amerika dan Eropa. Meski di Indonesia tanaman ini sangat melimpah, namun jarang ada yang berukuran besar di alam liar, itu karena yang besar sering diburu oleh penggemar tanaman hias dan bonsai.


Tanaman Fukien Tea


Daun Fukien Tea


Hokiantea menjadi salah satu spesies dari tanaman yang memiliki ciri-ciri sesuai dengan kriteria bonsai, mulai dari batang, daun, hingga percabangannya. Selain itu, pemeliharaannya pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus.


Nah jika kamu adalah penggemar tanaman hias atau bonsai, disini carauntukmembuat.com akan berbagi gambar bonsai Fukien Tea yang mungkin bisa menginspirasi. Berikut ini foto-foto bonsai Fukien Tea berbagai ukuran.


10 Gambar Inspirasi Bonsai Fukien Tea (Carmona Retusa)


#1


Bonsai Fukien Tea 1


#2


Bonsai Fukien Tea 2




#3


Bonsai Fukien Tea 3


#4


Bonsai Fukien Tea 4


#5


Bonsai Fukien Tea 5


#6


Bonsai Fukien Tea 6


#7


Bonsai Fukien Tea 7



#8


Bonsai Fukien Tea 8


#9


Bonsai Fukien Tea 9


#10


Bonsai Fukien Tea 10


Bagaimana pendapatmu tentang gambar-gambar bonsai Hokiantea diatas? Menarik? Menginsipasi?

Diluar negeri tanaman ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, beruntungnya di negara kita tanaman ini bisa kita temui dengan mudah dibanyak tempat. Selain tanaman ini, di Indonesia masih ada ratusan tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Jika kamu ingin tahu apa-apa saja nama tanaman tersebut, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul 114 Tanaman Indonesia Yang Bisa Di Bonsai.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar