7 Spesies Maple Yang Memiliki Daun Terindah

Pohon Maple

Pada dasarnya, hampir seluruh dedaunan pohon maple memiliki warna hijau. Namun warna akan berubah setelah memasuki musim gugur dimana warna-warna seperti merah, orange, kuning, biru, ungu, dan lainnya bisa terjadi (tergantung spesies).

Hampir semua spesies maple (Acer) memiliki sistem menggugurkan daun. Pohon maple akan gugur saat memasuki musim dingin. Setidaknya satu spesies, Acer oblongum, dapat terus berdaun hijau dan tidak gugur jika tumbuh di mana musim dinginnya masih biasa (tidak ekstrim atau membeku).

Banyak pohon maple yang memiliki daun berwarna merah saat memasuki awal musim dingin atau musim gugur. Tetapi, ada beberapa spesies dan kultivar yang memiliki daun kemerahan di sepanjang musim apapun.



Mungkin yang paling umum terlihat mencolok adalah Acer palmatum (Japanese Red Maple), Acer japonicum (Fullmoon Maple), dan Acer platanoides (Norwegia Maple). Ini semua memiliki beberapa kultivar dengan daun berwarna merah cerah, merah marun, ungu. Meskipun ketiga spesies ini banyak yang memiliki daun warna hijau selama musim tanam.

Acer rubrum (Red Maple) paling sering memiliki daun hijau selama musim tanam, dan daun merah hanya akan muncul saat musim gugur. Selain itu, 7 spesies maple yang memiliki daun berwarna indah lainnya adalah :


Acer palmatum

Acer palmatum

Acer palmatum (Emperor's Red Maple), umumnya dikenal sebagai Red Dragon Maple, Bloodgood Maple, dan Fine Japanese Maple, adalah spesies tanaman berkayu asli Jepang, Korea, Cina, Mongolia timur, dan Rusia tenggara. Di Jepang, tanaman ini disebut irohamomiji (イ ロ ハ モ ミ ジ) atau momiji (紅葉). Pohon ini sering ditanam sebagai pohon aksen di taman, pekarangan rumah, dan tepi-tepi jalan, yang dapat memberikan warna-warna indah di musim gugur.


Acer rubrum

Acer rubrum

Acer rubrum (Red Maple), juga dikenal sebagai Swamp Maple, Maple Water, dan Soft Maple, adalah salah satu pohon gugur yang paling umum dan tersebar luas di Amerika Utara bagian timur dan tengah. Layanan Hutan A.S. mengenalinya sebagai pohon yang paling banyak di Amerika Utara bagian timur. Umur maksimum Acer rubrum mencapai 150 tahun, tetapi sebagian besar kurang dari 100 tahun. Kulit pohon yang tipis membuatnya mudah rusak karena iklim alam seperti es, badai, dan gangguan binatang.


Acer ginnala

Acer ginnala

Acer ginnala (Amur Maple), adalah spesies tanaman berbatang kayu asli Asia timur laut, mulai dari Mongolia timur ke Korea dan Jepang, dan Rusia dan Sungai Amur. Acer ginnala berbentuk pohon kecil dengan daun gugur yang kadang-kadang tumbuh indah secara alami dan menjadikannya subjek taman atau pohon bulevar.




Acer buergerianum

Acer buergerianum

Acer buergerianum (Trident Maple), adalah spesies maple yang berasal dari Cina bagian timur, Taiwan dan Jepang. Ini adalah pohon berukuran sedang yang mencapai ketinggian 5-20 meter dengan diameter batang hingga 50 cm. Trident maple adalah pohon yang populer untuk dijadikan bonsai dan mampu bertahan dengan baik terhadap teknik pembentukan dahan dan ranting hingga pengurangan akar. Sangat cocok untuk banyak gaya dan ukuran bonsai.


Acer circinatum

Acer circinatum

Acer circinatum (Vine Maple), adalah spesies maple yang berasal dari Amerika Utara bagian barat, dari barat daya British Columbia hingga California utara. Biasanya pohon ini ditemukan dalam jarak 300 kilometer dari pantai Samudra Pasifik, di sepanjang Ngarai Columbia dan Hutan Pesisir. Acer circinatum termasuk dalam kelompok pohon maple asli Asia Timur dengan kerabat terdekatnya adalah Acer japonicum (Fullmoon Maple) dan Acer pseudosieboldianum (Korean Maple). Ketiganya sulit dibedakan, dan Vine maple adalah satu-satunya anggota kelompok maple Asia Timur yang tumbuh di luar Asia.


Acer japonicum

Acer japonicum

Acer japonicum (Fullmoon Maple), adalah spesies maple asli Jepang, di Kyushu, Honshu, Hokkaidō, dan juga Korea Selatan. Acer japonicum sering dibudidayakan sebagai tanaman hias di daerah beriklim dingin seperti Eropa dan Amerika Utara, juga di tempat lain yang memiliki iklim serupa.


Acer pseudosieboldianum

Acer pseudosieboldianum

Acer pseudosieboldianum (Korean Maple), atau maple purplebloom, adalah spesies maple asli Cina, Korea, dan Rusia. Acer pseudosieboldianum adalah pohon kecil yang sering berbentuk semak belukar. Ini adalah spesis maple yang paling cepat membesar, ia bisa tumbuh sekitar 30 sampai 45 cm per tahun, dengan maksimal tinggi pohon dewasa adalah 7 meter.



Nah itulah 7 spesies maple yang memiliki dedaunan berwarna cerah dan indah. Di Indonesia, tanaman-tanaman ini benar-benar sulit untuk ditumbuhkan dari biji karena perbedaan iklim yang sangat berbeda dengan habitat aslinya. Itu mengharuskan benih biji melalui proses stratifikasi sebelum bisa ditanam dan berkecambah di Indonesia.

Jika kamu berminat untuk membudidayakan maple, caranya sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara Menanam Benih Biji Maple Agar Tumbuh Di Indonesia yang bisa kamu baca dan praktikan.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar