Cara Menanam Benih Redwood California (Sequoia Sempervirens)

Redwood California

Jika kamu memiliki banyak keingin tahuan tentang menanam tanaman-tanaman abadi, mungkin Sequoia sempervirens bisa menjadi pilihan yang baik.

Benih Sequoia sempervirens dijual bebas dipasar online internasional seperti AliExpress, eBay, dan Amazon. Kamu bisa membelinya kapapun jika ingin.

Sequoia sempervirens atau yang akrab dikenal dengan nama Redwood California adalah tanaman berumur panjang, umumnya usia tanaman ini adalah 1.200 sampai 1.800 tahun. Sedangkan saudaranya Giant Sequoia yang berusia 3.200 tahun telah masuk dalam daftar 10 Pohon Tertua Yang Masih Hidup Di Bumi.



Untuk membuat benih Redwood California bisa berkecambah di habitat asalnya tidak begitu sulit, di negara kita Indonesia yang memiliki iklim tropis pun demikian, meski ia adalah tanaman asli California, A.S tetapi masih bisa ditanam dari biji disini.

Jika kamu bisa berhasil membuatnya tumbuh, mungkin tanaman ini bisa menjadi salah satu pohon unik dan langka yang tumbuh dipekarangan rumah.


Cara Menanam Benih Redwood California


1. Pastikan kamu telah memiliki benih Redwood California.


2. Rendam benihnya ke dalam gelas berisi air selama kira-kira 24 jam. Cara ini umum digunakan untuk membuat kulit benih lunak dan mempermudah perkecambahan serta mengetahui mana benih yang bisa berkecambah dan tidak. Hampir seluruh petani dinegara manapun menggunakan cara ini sebelum menanam benih tanaman.




3. Tabur benih diatas media tanam tanah subur dan pendam sedalam 1 cm. Sirami sehari 1-2 kali dan jangan sampai tanahnya mengering atau mengeras. Dalam beberapa hari (biasanya 8-10 hari) benih akan mulai berkecambah.


Kecambah Redwood California


INFO : Jika gagal dan tidak berkecambah dalam 21 hari, kamu bisa juga bisa menyimpannya di dalam kulkas memakai toples kecil dan tisu sebagai alasnya, proses penyimpanan benih di dalam kulkas ini dikenal sebagai sertifikasi benih dimana cara yang sering dilakukan untuk membuat benih bisa berkecambah di daerah yang berbeda iklim.

Situs-situs di internet mengatakan benih Redwood California akan berkecambah pada hari ke 14-21 atau lebih, namun nyatanya ini bisa lebih cepat.



4. Setelah kecambah mulai tumbuh agak besar dan menjadi bibit, itu bisa dipisahkan masing-masing kedalam pot individu agar satu sama lainnya tidak menggangu pertumbuhan.


Bibit Redwood California


5. Letakkan pot bibit ini ditempat yang terkena sinar matahari langsung agar tanaman lebih cepat membesar dan subur.


Begitulah cara menanam benih Sequoia Sempervirens. Jika cuaca mendukung seperti bulan Agustus sampai Oktober (cuaca pancaroba), kemungkinan kamu berhasil dalam menanam benih semakin besar, khusus untuk jenis-jenis tanaman berdaun jarum seperti Cemara dan Pinus, termasuk juga Redwood California ini.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar