Cara Menanam Dan Budidaya Pinus Dari Biji

Hutan Pinus

Pinus adalah salah satu spesies tanaman yang berumur paling panjang di dunia. Terbukti, banyak pohon pinus berusia ratusan bahkan ribuan tahun yang tersebar dibanyak daerah Amerika dan belahan bumi kuno.

Pinus tertua yang masih hidup sampai hari ini adalah Methuselah, usianya diperkirakan 4.850 tahun lebih dan ia masuk dalam daftar 10 Pohon Tertua Yang Masih Hidup Di Bumi. Itu berarti pohon ini berkecambah pada 2.831 SM (sebelum masehi). Nama ilmiah atau botanical name pohon ini adalah Pinus longaeva, ia tumbuh di Pegunungan Putih Inyo County, California Timur. Lokasi tepatnya masih dirahasikan oleh pemerintah setempat untuk menghindari tangan-tangan usil manusia.


Hutan Pinus Methuselah Di Pegunungan Putih California


Dibanyak negara lain seperti seperti Indonesia, pinus biasa ditanam oleh Perhutani ditepi-tepi jalan menuju puncak gunung atau dikaki pegunungan. Jenis pinus asli Indonesia hanya satu jenis, yaitu Pinus Sumatera yang memiliki nama ilmiah Pinus merkusii.



Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menanam dan membudidayakan pinus jenis lain di Indonesia yang memiliki cuaca tropis. Contohnya saja pinus asal Jepang, seperti Pinus Hitam Jepang (Pinus thunbergii), Pinus Merah Jepang (Pinus densiflora), dan Pinus Putih Jepang (Pinus parviflora). Kesemuanya hampir bisa ditumbuhkan di Indonesia menggunakan metode penanaman biasa.

Jika kamu ingin menanam atau membudidayakan pinus dihalaman rumah atau di dalam pot, caranya cukup sederhana, yang diperlukan hanyalah benih biji pinus yang sehat dan media tanam yang cocok untuk pinus agar bisa berkecambah (germination).


Cara Menanam Dan Budidaya Pinus Dari Biji



1. Siapkan benih biji pinus yang sehat, untuk pinus lokal kamu bisa memetiknya dari pohon pinus dewasa. Namun jika ingin pinus jenis lain, kamu harus membelinya dipenjual tanaman hias atau di situs online yang menyediakan benih biji-bijian.


Benih Biji Pinus


2. Lakukan pencampuran media tanam berupa tanah, pasir, arang sekam, dan pupuk kandang kambing halus dengan perbandingan 2:2:1:1 dan gunakan wadah atau pot lebar untuk munabur benih biji pinus.


3. Saat menabur benih biji pinus diatas media tanam yang sudah diaduk rata, kubur setidaknya sedalam 1-2 cm dan lakukan penyiraman sehari dua kali atau saat media tanam terlihat mengering, jangan sampai media tanamnya kering sekali karena benih akan sulit bahkan tidak bisa berkecambah.



4. Letakkan wadah atau pot ditempat yang teduh dan terang. Jangan meletakkannya ditempat yang lembab atau gelap, sebab pinus adalah jenis tanaman yang membutuhkan matahari penuh dan tempat yang kering.


5. Dalam waktu 5-10 hari biji pinus akan mulai berkecambah. Selanjutnya kamu bisa mulai memperkenalkannya dengan sinar matahari pagi dengan 1-2 jam setiap harinya.


Kecambah Pinus 10 Hari


6. Apabila sudah menjadi bibit dengan tinggi minimal 7-8 cm barulah bisa dipindahkan ke pot satu persatu dan ditempatkan pada area yang terkena sorotan sinar matahari sepanjang hari.


Kecambah Pinus 21 Hari


Begitulah cara menanam dan membudidayakan pinus. Tidak ada cara khusus seperti cara menanam maple, yang diperlukan saat menanam benih biji pinus adalah media tanam yang sesuai dan kondisi yang tetap lembab.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar