Cara Menanam dan Budidaya Pohon Buah Peach / Persik Di Indonesia

Peach

Prunus persica atau biasa disebut Peach adalah tanaman berbuah dari famili Rosaceae. Tanaman ini memiliki nama sinonim Persik (Indonesia), Táo (Mandarin), dan Momo (Jepang).

Jika kamu menyukai buah peach dan bertanya-tanya bagaimana cara menumbuhkan pohon peach dari biji, kamu sedang berada pada artikel yang tepat. Disini carauntukmembuat.com akan membahas cara menanam pohon peach dari benih / biji.



Sebelum menanam benih peach, kamu wajib memiliki biji buah peach asli (bukan hibrida) karena biji buah peach yang asli memiliki keberhasilan tumbuh lebih besar dan cenderung memiliki ketahanan terhadap penyakit dibandingkan varietas hibrida. Berbagai sumber di internet bahakan mengatakan benih peach hibrida tidak akan bisa tumbuh diluar zona USDA-nya.


Biji di dalam Buah Peach


Buah peach sendiri sangat lezat dan dapat digunakan dalam ratusan resep masakan rumahan. Pohon ini biasanya tumbuh dan dibudidayakan oleh petani di zona USDA 5 hingga 8. Di luar zona ini, pohon mungkin tidak tumbuh subur atau sulit untuk ditumbuhkan.


Cara Menanam dan Budidaya Pohon Buah Peach



1. Cuci bersih biji buah peach dan keringkan selama satu sampai dua minggu. Biji peach cukup kuat terhadap kekeringan, meskipun kamu menjemurnya selama satu bulan itu tidak masalah.




INFO : Sebelum benih peach ditanam ketanah, biji buah peach harus melalui proses stratifikasi. Ini sama dengan cara menanam benih dari pohon asli wilayah dingin seperti Maple, Giant Sequoia, Redwood, Cemara Duri, dan Ginkgo.


2. Biji peach harus ditanam selama musim gugur atau musim dingin (Oktober - Februari). Kubur biji peach sedalam 3-4 cm kedalam tanah. Pastikan tidak kurang dari 2 cm dan biji harus dalam kondisi tanah yang lembab. Akan lebih baik lagi jika tanah bercampur pasir dan humus.


3. Biji peach akan mulai berkecambah pada minggu ke 3-8.


Bibit Pohon Peach

Tanah pada pohon peach harus tetap dalam kondisi lembab untuk pertumbuhan yang sehat. Selain itu, jika kamu menggunakan pot atau polybag untuk menanam benih peach, drainase haruslah lancar dan tidak menggenang air.




Pohon peach juga membutuhkan sinar matahari penuh (full sun), jadi penting untuk meletakkan atau menanamnya ditempat yang lega dan tidak terhalang apapun dari matahari untuk memaksimalkan pertumbuhan pohon.


Pemeliharaan Pohon Peach


Pohon peach sangat rentan terhadap serangga, yang berarti bahwa petani atau yang membudidayakan pohon peach perlu mengusir serangga. Insektisida dan mulsa di sekitar pangkal pohon akan membantu mencegah serangga menginvasi pohon peach, merusak daun, buah, atau batang.

Pupuk khusus yang diproduksi untuk pohon peach adalah pupuk buah, yaitu 10-10-10 kualitas tinggi, akan membuat pohon makan dengan baik dan cepat berbuah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Budidaya Pohon Buah Peach / Persik Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel