Cara Tanam dan Budidaya Cemara Duri (Juniperus rigida)

Juniperus rigida

Juniperus rigida adalah spesies juniper, asli Cina utara, Korea, Jepang, dan Rusia tenggara. Pohon ini tumbuh pada ketinggian 10-2.200 mdpl. Spesies ini juga dibudidayakan dan dinaturalisasi di California dan Alabama.

Di Indonesia, Juniperus rigida disebut sebagai Cemara Duri karena daunnya yang runcing dan menyerupai duri. Sedangkan di Jepang, pohon ini disebut sebagai Muro atau Moronoki.

Juniperus rigida terkait erat bahkan sangat mirip dengan Juniperus communis dan Juniperus conferta. Tak sedikit yang memperlakukan keduanya sebagai varietas atau subspesies dari Juniperus rigida.



Pohon Juniperus rigida sendiri berbentuk semak atau pohon kecil yang bisa tumbuh hingga ketinggian 10 meter, dengan diameter batang terbawah hingga 50 cm. Pohon ini sering dijadikan sebagai pohon hias dan dibudidayakan di lahan-lahan kuil di Jepang, juga sering ditanam untuk kemudian dilatih menjadi pohon bonsai juniper.


Bonsai Juniperus rigida


Juniperus rigida memiliki ciri-ciri yang mempuni untuk dijadikan tanaman bonsai karena memiliki dedaunan kecil yang rindang serta tekstur batang yang lentur, kuat, dan berciri khas.


Batang Juniperus rigida


Di Jepang, pohon ini ditanam dipekarangan rumah untuk mengusir tikus. Dedaunannya yang runcing membuat tikus-tikus enggan berdekatan dengan pohon ini. Berbeda dengan di Tingkok, orang-orang disana telah lama menggunakan buah dari Juniperus rigida sebagai bahan campuran obat tradisional.

Nah jika kamu ingin melakukan budidaya Juniperus rigida, di negara kita sepertinya ada secercah harapan yang memungkinkan pohon ini bisa tumbuh. Seperti pohon khas negara bersalju, benih harus melalui proses stratifikasi sebelum ditanam ke tanah (disemai). Berikut ini langkah-langkahnya :


Cara Tanam dan Budidaya Cemara Duri (Juniperus rigida)




1. Belilah benih Juniperus rigida dari petani atau penjual yang terpercaya.




INFO : Teliti saat membeli benih Juniper karena hampir semuanya mirip meski berbeda spesies. Periode dan metode stratifikasi juga bervariasi antara varietas.


2. Setelah benih kamu miliki, rendamlah di dalam gelas berisi air selama sehari semalam (filter benih). Setelah 24 jam, benih yang bisa tumbuh akan tenggelam di air, sedangkan yang rusak akan tetap mengapung.


3. Siapkan toples plastik atau plastik ziplock dan tisu bersih sebanyak 3-4 lembar.


4. Lembapkan tisu dengan air (jangan basah sekali) lalu masukkan kedalam toples plastik atau plastik ziplock dan masukkan juga benih Juniperus rigida diatas tisu lembap tersebut kemudian tutup hingga rapat.


5. Simpan toples plastik atau plastik ziplock yang sudah beirisi tisu dan benih kedalam kulkas bagian rak ke 2-3. Jangan menaruhnya di freezer.


6. Tunggu setidaknya 10-12 minggu, barulah benih yang sudah melalui proses stratifikasi tersebut bisa ditanam ke tanah langsung.


7. Terakhir adalah menunggunya berkecambah, biasanya dalam beberapa hari / minggu.


Perlu diketahui, Juniperus rigida adalah spesies konifer dingin yang umumnya tumbuh di Hardness Zones 5-7, itu berarti habitat aslinya memiliki cuaca dingin sekitar -26° C sampai -15° C. Ia biasanya hidup ditanah yang kering atau lembab dan tidak menyukai tanah yang basah.



Untuk membuatnya dapat berkecambah di Indonesia adalah hal yang hampir mustahil, ini lebih sulit daripada pohon Maple Jepang atau Ginkgo Biloba. Akan tetapi, jika Juniperus rigida sudah tumbuh menjadi bibit atau pohon kecil, ia bisa menyesuaikan dirinya sendiri dengan lingkungan, termasuk tumbuh di cuaca panas Indonesia yang masuk dalam Hardness Zones 11-12 atau sekitar 28° C sampai 36° C namun membutuhkan tempat yang ternaungi seperti dibawah pohon yang lebih besar atau ditempat yang teduh.

CATATAN : Menumbuhkan spesies Junipers dari benih memerlukan kesabaran ekstra, karena benih biasanya memiliki dormansi ganda dan perlu diskarifikasi kemudian distratifikasi sebelum perkecambahan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tanam dan Budidaya Cemara Duri (Juniperus rigida)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel