Ciri Ciri Pohon Arabika / Klampis Ireng Di Alam Liar

Acacia nilotica

Arabika adalah salah satu tanaman yang paling sering digunakan untuk bonsai di Indonesia. Spesies asli Afrika Timur ini menjadi tanaman gulma di Australia, dan mendapat perhatian khusus.

Nama pohon Arabika awalnya adalah jenis spesies dari genus Acacia, dan memiliki nama ilmiah Acacia nilotica atau Acacia arabica. Namun kini genusnya telah dipindahkan ke Vachellia, yang artinya nama ilmiahnya pun ikut berubah menjadi Vachellia nilotica. Akan tetapi, perubahan genus dan nama ini masih kontroversial di dunia botani.

Pohon Arabika sendiri bisa membesar setinggi 5-20 meter dengan dedaunan rindang membentuk mahkota bola bundar. Batang dan cabang-cabangnya berwarna gelap hitam, sedangkan kulit kayu bercorak pecah-pecah dan memiliki getah kemerahan. Ia juga memiliki duri tipis dan lurus berwarna abu-abu.



Vachellia nilotica telah dinaturalisasi secara luas di luar wilayah asalnya termasuk di Zanzibar dan Australia. Biasanya Vachellia nilotica disebarkan oleh ternak.

Buah atau polong dari pohon arabika digunakan sebagai suplemen untuk ransum unggas di India. Polong yang kering dicari oleh hewan di padang rumput. Cabang pohonnya juga biasanya diambil untuk makanan ternak. Rantingnya digunakan sebagai sikat gigi di Afrika tenggara.

Getah dari pohon arabika dikenal sebagai getah arab (Arabic Gum) dan telah dikumpulkan dari zaman firaun untuk pembuatan obat-obatan, pewarna dan cat. Di pasar komersial saat ini, permen karet arab didefinisikan sebagai getah kering dari batang dan cabang Acacia dalam keluarga Leguminosae (Fabaceae). Permen karet Vachellia nilotica atau Acacia nilotica di India disebut sebagai permen karet Amaravati.

Nah, untuk ciri-ciri pohon arabika sendiri bisa kamu lihat dengan jelas pada gambar dibawah ini.


1. Daun dan Bunga Arabika



Daun Arabika


Daun dan Bunga Arabika


2. Buah Arabika



Buah Arabika


3. Pohon Arabika



Pohon Arabika


Selain Vachellia nilotica dan Acacia nilotica, pohon arabika juga dikenal dengan banyak nama sinonim di seluruh dunia yang masih diakui, nama-nama tersebut adalah :

• Acacia arabica
• Acacia scorpioides
• Mimosa arabica
• Mimosa nilotica
• Mimosa scorpioides
• Babool tree



Kesemuanya merujuk pada satu pohon yang sama, yaitu Arabika. Di beberapa daerah di Indonesia pohon arabika biasa kita dengar dengan sebutan lokalnya, Klampis Ireng dan Akasia Duri.

Pohon bergetah dan berduri ini sangat diburu oleh penggemar bonsai di tanah air kita, sayangnya ia hanya tumbuh meliar di sabana atau lahan yang luas dan gersang. Pohon arabika memang jenis pohon yang menyukai kekeringan atau tempat-tempat terbuka yang terkena matahari penuh sepanjang hari.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Arabika / Klampis Ireng Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel