Ciri Ciri Pohon Bodhi (Ficus Religiosa) Di Alam Liar

Ficus Religiosa

Seperti yang kita sama-sama tahu, pohon bodhi atau tanaman dengan nama ilmiah Ficus religiosa ini adalah salah satu spesies langka di Indoneia. Pohon bodhi sendiri berasal dari India, Cina, dan Indonesia.

Ficus religiosa disebut dengan beragam nama disetiap daerah, contohnya saja di Indonesia disebut Bodhi atau Ara Suci, sedangkan di India dan Nepal disebut Peepal atau Ashwattha. Pohon bodhi termasuk dalam keluarga Moraceae, sama seperti Beringin (F. Benjamina).

Pohon bodhi di alam liar sangat jarang ditemui karena memang sudah langka. Umumnya, pohon ini tumbuh di lahan kosong, kebun, savana, pematang, dan tepi pantai.



Beruntung, beberapa hari yang lalu saat sedang blusukan saya menemukan pohon bodhi kecil yang tumbuh di sudut tembok. Saat saya perhatikan, itu mirip dengan pohon-pohon liar yang biasa ada di sawah-sawah. Karena penasaran, dan saya sendiri pun belum pernah melihat langsung pohon bodhi juga daunnya, akhirnya saya tanyakan ke grup pecinta bonsai. Banyak anggota grup yakin bahwa daun yang saya foto itu benar-benar bodhi asli atau Ficus religiosa. Berikut ini fotonya :


Daun Pohon Bodhi


Pohon bodhi atau Ficus religiosa memang tekenal di dunia bonsai dan termasuk pohon yang bisa dijadikan bonsai indah di dalam pot.

Bukan tanpa alasan, pohon bodhi sering dibuat bonsai karena ketahanannya dari berbagai iklim dan tanah. Menurut penggemar bonsai yang sudah malang melintang, pohon bodhi bisa tumbuh di tanah kering dan lembab, juga ia bisa bertahan pada cuaca panas dan dingin. Itulah yang membuat pohon bodhi spesial jika dijadikan tanaman bonsai.

Nah jika kamu tertarik untuk blusukan mencari pohon bodhi di alam liar, berikut ini ciri-cirinya :

1. Daun Bodhi



Daun Bodhi


Pohon bodhi memiliki bentuk daun yang sangat berciri khas, perhatikanlah gambar daun bodhi ini. Bentuknya menyerupai waru dengan ujung yang meruncing panjang seperti buntut.




2. Buah Bodhi



Buah Bodhi


Seperti kebanyakan bentuk buah dari pohon keluarga Moraceae, bodhi juga memiliki buah yang berbentuk bulat kecil seperti berry yang berwarna hijau saat muda dan orange atau merah saat sudah tua / matang.

3. Pohon Bodhi



Pohon Bodhi


Pohon bodhi bisa tumbuh hingga ketinggian 20 meter dan biasanya berbetuk seperti payung dengan percabangan yang rumit juga banyak dan dedaunannya yang rindang.


Dengan melihat foto-foto diatas tentu kamu sudah bisa mengetahui ciri-ciri detail pohon bodhi ya, mulai dari daun hingga bentuk pohonnya.

INFO : Pohon bodhi atau Ficus religiosa dianggap suci oleh umat Hindu, Buddha, dan Jain. Dalam Bhagavad Gita, Krishna berkata, "Saya adalah pohon Peepal di antara pepohonan, Narada di antara orang-orang bijak, Chitraaratha di antara para Bidadara, dan Kapila bijak di antara para Siddha."




Perlu untuk diketahui, pohon bodhi adalah pohon dengan akar tunggang yang bertekstur besar dan kokoh. Akar pohon bodhi bisa masuk puluhan meter kedalam tanah bahkan menghancurkan apapun disekitarnya saat ia membesar. Maka banyak orang tidak menyarankan untuk menanam pohon bodhi di halaman rumah tanpa menaruhnya di dalam pot yang kuat. Selain bisa merusak pondasi rumah / bangunan, pohon ini juga sulit untuk dimusnahkan jika sudah tumbuh besar.

Biasanya pohon bodhi yang sudah ditebang hingga pangkalnya akan berusaha menumbuhkan tunas-tunas muda yang terus membesar menggantikan batang yang sudah ditebang. Jadi untuk memusnahkan pohon bodhi yang sudah terlanjur membesar adalah dengan cara menggali dan mencabut seluruh akar tunggangnya.

Tertarik untuk blusukan dan mencari pohon bodhi untuk tanaman hias dalam pot atau bonsai?

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bodhi (Ficus Religiosa) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel