Ciri Ciri Pohon Lantana Di Alam Liar

Lantana

Lantana adalah spesies tanaman berbunga di dalam keluarga Verbenaceae, dan ini asli dari daerah tropis Amerika. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Lantana camara.

Ada banyak nama sinonim yang digunakan masyarakat diberbagai daerah untuk menyebut lantana, beberapa diantaranya adalah Tahi Ayam, Tembelekan (Indonesia), Sage Besar (Malaysia), Wild-sage, Red-sage, White-sage (Karibia), Tickberry (Afrika Selatan).

Lantana berbentuk semak kecil abadi yang dapat tumbuh setinggi 2 meter. Meskipun lantana berupa semak, namun jika ia tumbuh di area pertanian dan dibiarkan, lantana dapat mengurangi produktivitas lahan dan hasil pertanian.



Sebagai besar lantana dibudidayakan di dalam ruangan, atau di konservatori, tetapi juga dapat tumbuh subur di taman dengan perlindungan yang memadai.

Lantana telah menyebar dari Amerika Tengah dan Selatan ke sekitar 50 negara, di mana ia telah menjadi spesies invasif. Penyebaran pertama kali ialah dari Amerika, ketika itu lantana dibawa ke Eropa oleh penjelajah Belanda dan dibudidayakan secara luas. Setelah itu menyebar semakin jauh ke Asia dan Oseania di mana lantana telah menempatkan dirinya sebagai gulma yang terkenal.

Selain sebagai gulma atau tanaman pengganggu, ternyata lantana juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tanaman yang bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 mdpl ini dapat digunakan sebagai obat memar, keracunan makanan, serta untuk penghentian pendarahan pada penderita penyakit kanker rahim.

Nah bagi kamu yang ingin mencari lantana di alam liar, dibawah ini sudah saya siapkan gambarnya dengan jelas dan detail yang akan membantu kamu saat blusukan nanti.


1. Daun Lantana


Daun Lantana

Lantana memiliki daun kasar dengan tepi yang bergerigi.


2. Buah dan Bunga Lantana


Bunga Lantana

Lantana memiliki buah berwarna hitam dan bunga oranye atau merah mudah. Sebagian spesies lantana lainnya memiliki bunga beraneka ragam warna seperti ungu dan kuning.


3. Pohon Lantana


Pohon Lantana


Pohon lantana berbentuk semak padat, ia juga biasanya bercampur dengan tanaman-tanaman gulma lainnya dikebun atau lahan yang kering.




Di Indonesia lantana sering diburu untuk dijadikan tanaman hias maupun tanaman pagar hidup. Setelah pohon lantana semakin tua, ia akan membesar dengan diameter batang terbawah sekitar 20 cm atau lebih. Ia cukup mudah dipelihara dan tidak mudah mati. Oleh karena itu, banyak penggemar tanaman hias termasuk pecinta bonsai yang menyukai lantana.

Pastikan sebelum kamu mendongkel dan membawa pulang lantana dari alam liar, sandingkan dengan gambar diatas, mulai dari bentuk daun, percabangan dan bunganya.

Beberapa gambar bonsai lantana terbaik bisa kamu lihat dibawah ini.


Bonsai Lantana 1


Bonsai Lantana 2


Bonsai Lantana 3


Gimana menurut pendapat kamu tentang bonsai lantana?



Kalau menurut carauntukmembuat.com bonsai lantana ini cukup keren. Biarpun dianggap sebagai tanaman gulma, tapi kalau sudah memakai pot dan percabangannya ditata sedemikian rupa akan menjadi tanaman hias yang memiliki nilai jual tinggi.

Beruntung, di Indonesia tanaman atau pohon lantana yang sudah besar cukup banyak dikebun, savana, maupun di pematang sawah. Jadi untuk mencari tanaman ini tidak perlu blusukan ketempat-tempat yang aneh seperti halnya mencari pohon beringin ya hehe.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Lantana Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel