Hutan Bonsai Paling Indah Di Dunia Ada Di Indonesia

Hutan Bonsai

Tak hanya ada di Jepang, Indonesia pun memiliki hutan bonsai paling indah di dunia yang tampak seperti di negeri dongeng. Disana terdapat banyak sekali pepohonan pendek dan berusia tua yang memiliki batang meliuk-liuk serta akar yang diselimuti lumut bak bonsai eksotis.

Disebut hutan bonsai yang paling indah di dunia, ini karena semua pohon terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Itulah yang membuat hutan bonsai ini benar-benar menjadi yang paling indah dan patut untuk dilindungi seperti halanya Canyonlands National Park di Utah, Amerika Serikat.

Gunung Mutis, Desa Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur adalah lokasi dimana hutan bonsai ini berada. Gunung Mutis merupakan gunung tertinggi di Pulau Timor NTT dan masuk ke dalam wilayah cagar alam mutis.



Hutan bonsainya dulu tidak mudah untuk dijangkau wisatawan, namun karena kini sudah menjadi destinasi wisata, maka disediakan transportasi berupa mobil 4WD yang bisa mengantar wisatawan menuju lokasi hutan bonsai. Jadi wisatawan tak perlu mengerahkan banyak tenaga untuk jalan kaki menanjak ke lokasi hutan bonsai.


Jalan Menuju Hutan Bonsai


Hutan bonsai gunung mutis sendiri berada di ketinggian 1.500 - 2.500 mdpl, suhu rata-rata disana sekitar 12 - 19 derajat celsius. Artinya, kawasan ini merupakan daerah paling dingin di Nusa Tenggara Timur.

Disekitar hutan bonsai juga ditumbuhi banyak anggrek liar dan tumbuhan akar angin. Pastinya bakal jadi pemandangan menarik, terutama buat yang hobi mengamati tumbuhan dan alam.


Cagar Alam Mutis


Rute Menuju Hutan Bonsai


Hutan Bonsai Gunung Mutis 1


Hutan Bonsai Gunung Mutis 2




Hutan Bonsai Gunung Mutis 3


Hutan Bonsai Gunung Mutis 4


Hutan Bonsai Gunung Mutis 5


Hutan Bonsai Gunung Mutis 6


Hutan Bonsai Gunung Mutis 7


Kawasan hutan bonsai gunung mutis sangat kental dengan nuansa magis, jadi jangan sampai berbicara sesumbar atau sembarangan disana dan jangan merusak lingkungan termasuk buang sampah sembarangan.



INFO : Tidak ada penginapan atau area kuliner di kawasan hutan bonsai, wisatawan dianjurkan untuk membawa bekal makan dan minuman dari bawah sebelum berangkat ke lokasi hutan bonsai. Untuk menginap disekitaran gunung mutis, wisatawan bisa menggunakan Homestay Lopo Mutis, yaitu penginapan terdekat dari hutan bonsai.

Tertarik untuk traveling ke hutan bonsai di gunung mutis NTT?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar